Koran Jakarta | August 22 2018
No Comments

10 Peluang Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga

10 Peluang Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan :

Bu Rossa, saya baru di PHK dan sangat ingin punya penghasilan lagi meski harus di rumah. Mohon advisnya Bu.

Aina, Jakarta

Jawaban :

Menjadi seorang ibu rumah tangga dan tinggal di rumah sepanjang hari bukan berarti membuat Anda harus berhenti bekerja. Ada banyak jenis pekerjaan yang dapat Anda lakukan di rumah di sela-sela waktu Anda mengurus keluarga. Berikut ini adalah 10 peluang bisnis yang patut Anda coba :

  1. Menjadi Penulis Lepas

Menulis akan memberi Anda banyak peluang untuk menghasilkan uang. Anda dapat memulainya dengan bekerja freelance sebagai penulis di berbagai media. Ada banyak situs marketplace yang menawarkan pekerjaan di bidang menulis dan Anda hanya perlu waktu yang singkat untuk mendapatkan pekerjaan di sana.

  1. Memulai Bisnis Tanaman

Senang berkebun dan memiliki keterampilan khusus dalam merawat tanaman juga dapat Anda jadikan sebagai peluang untuk mendapatkan penghasilan. Anda dapat melakukan pembibitan tanaman bunga dan obat-obatan di sekitar pekarangan rumah dan memasarkannya kepada para tetangga, kenalan dan teman-teman anda. Anda juga dapat memanfaatkan internet dan pameran tanaman hias yang banyak digelar.

  1. Membuka Jasa Katering

Membuka jasa katering juga dapat Anda jadikan sebagai bisnis rumahan, terutama bagi Anda yang memiliki hobi memasak. Anda dapat memulainya dengan cara menerima pesanan dari orang-orang terdekat. Anda juga dapat menerima katering dari kantor-kantor yang pada umumnya akan bersifat kerja sama jangka panjang dan rutin selama sepekan.

  1. Membuat Berbagai Kerajinan Tangan

Senang merajut, merangkai bunga dan membuat kerajinan tangan lainnya? Maka Anda dapat memanfaatkannya sebagai lahan bisnis rumahan yang menghasilkan. Selain keahlian yang telah Anda miliki sebelumnya, Anda juga dapat dengan mudah mempelajari dan mengembangkan bakat melalui informasi internet yang mudah didapatkan.

  1. Menjalankan Bisnis Online

Ini adalah bisnis yang bisa Anda jalankan dengan cara instan tanpa membutuhkan produk yang Anda hasilkan. Anda cukup jadi seorang reseller bagi banyak produk-produk yang dipasarkan melalui sosial media dan Anda akan mendapatkan komisi dari setiap produk yang berhasil Anda jual, mudah bukan?

  1. Menerima Order Jahitan

Menjahit merupakan keterampilan khusus yang tidak semua orang memilikinya dan Anda cukup beruntung bila ternyata memiliki kemampuan di bidang tersebut. Anda bisa mendapatkan penghasilan dengan cara menerima jahitan dari orang-orang di sekitar rumah Anda, teman-teman dan kerabat.

  1. Membuka Tempat Les

Senang mengajar dan memiliki kemampuan akademik yang baik di bidang mata pelajaran tertentu, maka Anda bisa membuka sebuah tempat les bagi anak-anak sekolah di sekitar rumah. Ini adalah sebuah pekerjaan yang memang butuh kemampuan yang sangat baik, karena itu pastikan Anda memiliki kemampuan akademik dan keyakinan yang kuat untuk menjalankan bisnis ini.

  1. Membuat Kue atau Makanan Kering

Ini merupakan pilihan bisnis lain bagi Anda yang memiliki hobi memasak. Ada banyak jenis kue dan panganan yang bisa Anda buat dan pasarkan dengan mudah. Anda dapat membuat berbagai macam kue dan panganan yang disukai anak kecil dan memasarkannya dengan cara titip bagi hasil di kantin sekolah, supermarket atau warung sekitar rumah anda.

  1. Membuka Usaha Spa Rumahan

Memiliki perhatian khusus terhadap perawatan tubuh dan juga memiliki kemampuan di dalam melakukan pelayanan spa, maka tidak ada salahnya Anda membuka peluang bisnis dari hal tersebut. Tidak perlu besar dan mewah, Anda dapat membuat sebuah perawatan atau spa rumahan yang unik dan dengan harga lebih terjangkau dari salon-salon kecantikan di sekitar rumah. Hal ini tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelanggan.

  1. Menjadi Penerjemah Online

Bagi Anda yang memiliki kemampuan baik dalam berbahasa asing, maka Anda akan memiliki peluang bisnis di bidang penerjemah, terutama bagi Anda yang memiliki kemampuan di bahasa yang jarang dikuasai oleh banyak orang, contohnya: bahasa Rusia, Turki, Swedia dan lainnya.

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment