Koran Jakarta | Informasi Berita Terkini Hari Ini
Koran Jakarta | October 23 2020
iklan koran jakarta
koran jakarta berita terkini hari ini 1 koran jakarta berita terkini hari ini 2

Presiden Minta Kepala Daerah Jaga Ketersediaan Pangan

Jumat 23/10/2020 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
» Pemerintah tidak hanya fokus mengendalikan harga, tapi juga memacu daya beli masyarakat. » Sebagian besar masyarakat memilih untuk menahan berbelanja di masa...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

Dua Spesies Kepiting Baru Ditemukan di Kabupaten Mimika, Papua

Jumat 23/10/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA -- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menemukan dua spesies kepiting baru di Kabupaten Mimika, Papua, seperti diungkapkan seorang peneliti pada Rabu (21/10).

Profesor Dwi Listyo Rahayu, pakar oseanografi LIPI, mengatakan kedua spesies itu diberi nama Typhlocarcinops robustusand Typhlocarcinops raouli.

"Sungai-sungai di Mimika memiliki ekosistem yang kaya, yang menyediakan habitat bagi banyak spesies seperti kepiting," kata Profesor Dwi kepada Xinhua pada Rabu.

Dipaparkan sang profesor, spesies Typhlocarcinops robustusmemiliki capit dan bentuk tubuh yang kokoh dan kuat, sedangkan Typhlocarcinops raoulimemiliki bentuk tubuh persegi panjang dengan capit yang ramping dan berbulu halus.

Proses pengamatan untuk kedua spesies ini telah dilakukan sejak 2016.

Hingga saat ini, LIPI telah menemukan sejumlah spesies baru di Mimika, mencakup 29 flora dan 101 fauna, 50 spesies serangga, dua spesies mamalia, 26 spesies reptil, dua jenis ikan, serta 21 jenis kepiting.Ant/P-4

 

Tampilkan Semua

Indonesia Bisa Belajar ke Thailand untuk Menaikkan Citra Kuliner

Jumat 23/10/2020 | 05:25
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Indonesia perlu banyak mempelajari langkah-langkah yang dilakukan Thailand dalam menaikkan citra kuliner khas negaranya di luar negeri, demikian menurut pejabat Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi bidang ekonomi...
Selengkapnya

Menlu Retno: Diplomasi Dijalankan untuk Penuhi Kebutuhan Vaksin

Jumat 23/10/2020 | 00:08
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan diplomasi dijalankan untuk memenuhi kebutuhan vaksin Covid-19 bagi masyarakat Indonesia, sebagai bagian dari upaya pemerintah mengatasi pandemi. “Tugas utama diplomasi adalah...
Selengkapnya

Presiden Minta Kepala Daerah Jaga Ketersediaan Pangan

Jumat 23/10/2020 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
» Pemerintah tidak hanya fokus mengendalikan harga, tapi juga memacu daya beli masyarakat. » Sebagian besar masyarakat memilih untuk menahan berbelanja di masa pandemi Covid-19.   JAKARTA – Presiden Joko Widodo...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Mondial

AS Perketat Aturan pada Lebih Banyak Media Tiongkok

Jumat 23/10/2020 | 07:13
A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON DC - Amerika Serikat (AS) pada Rabu (21/10) memperketat aturan pada enam institusi media Tiongkok lagi. Adapun alasan pengetatan aturan yaitu karena mereka merupakan corong propaganda yang bertanggung jawab kepada negara.

"Saat media bebas di seluruh dunia terikat pada kebenaran, media di RRT justru terikat pada PKT," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri, Morgan Ortagus, merujuk pada Republik Rakyat Tiongkok dan Partai Komunis Tiongkok.

Langkah pengetatan baru itu disambut dengan kemarahan di Beijing, yang mengatakan akan mengambil tindakan balasan yang diperlukan namun tanpa menentukan institusi media AS mana yang mungkin akan jadi sasaran.

Adapun enam institusi media Tiongkok yang kali ini terkena pengetatan aturan dari AS adalah Yicai Global, Jiefang Daily, Xinmin Evening News, Social Sciences in China Press, Beijing Review dan Economic Daily. Kementerian Luar Negeri AS sebelumnya memberlakukan pengetatan aturan terhadap 9 institusi media Tiongkok termasuk kantor berita Xinhua dan China Global Television Network. SB/AFP/I-1

Tampilkan Semua

Tiongkok Tetap Larang Wisata ke LN karena Covid19

Jumat 23/10/2020 | 07:00
A   A   A   Pengaturan Font
Shanghai - Tiongkok tetap menangguhkan perjalanan kelompok wisata ke luar negeri dan melarang agen perjalanan membawa masuk turis dari luar negeri karena risiko kebangkitan kembali kasus virus corona pada musim dingin ini, kata pihak...
Selengkapnya

Inggris Laporkan Kasus Harian Tertinggi Covid-19 sejak Awal Pandemi

Jumat 23/10/2020 | 07:00
A   A   A   Pengaturan Font
LONDON, -- Sebanyak 26.688 orang di Inggris dinyatakan positif COVID-19, lonjakan harian tertinggi sejak pandemi itu mulai merebak di negara tersebut, demikian menurut angka resmi yang dirilis pada Rabu (21/10). Total kasus...
Selengkapnya

Penonton Balap Mobil Ikonik Australia Diminta Waspada Usai Jejak Covid-19 Terdeteksi

Jumat 23/10/2020 | 07:00
A   A   A   Pengaturan Font
SYDNEy-- Sebuah peringatan dikeluarkan untuk para penonton balap mobil ikonik di Australia, Bathurst 1000, setelah jejak COVID-19 terdeteksi pada air limbah usai acara yang berlangsung selama akhir pekan itu. Otoritas kesehatan Negara...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Polkam

Sisa Massa Demonstran di Patung Kuda Minta Air dan Rokok ke Petugas Keamanan

Selasa 20/10/2020 | 19:39
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA- Sejumlah orang yang tidak teridentifikasi kelompoknya dan masih berkumpul di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat, meminta air dan rokok kepada petugas keamanan dari TNI dan polisi.

Permintaan itu disampaikan saat diminta untuk membubarkan diri.

"Haus pak haus," kata mereka yang terlihat berperawakan remaja dan rata-rata menggunakan pakaian serba hitam di dekat Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Selasa (20/10).

Petugas dari TNI pun akhirnya meminta petugas keamanan lainnya memberikan air yang diminta oleh para massa itu.

"Mau minum? Aparat tolong beri mereka air dari pinggir. Tapi jangan anarkis," ujar petugas dari TNI yang memimpin anggotanya dari mobil komando seperti dikutip Antara.

Tak lama dari itu massa yang berpakaian hitam-hitam itu meminta awak media yang menggunakan rompi oranye agar mundur dari lokasi berkumpulnya massa.

Petugas dari TNI pun meminta kepada petugas media untuk mundur sehingga dengan cepat awak media pun mundur dari lokasi itu.

Namun permintaan yang terakhir dari massa tak dipenuhi oleh petugas keamanan. Mereka itu meminta rokok kepada para petugas.

"Kami tidak ada yang merokok. Jadi tidak ada rokok. Sudah harap pulang kawan-kawan," ujar petugas TNI.

Massa dari buruh dan mahasiswa telah bubar sejak pukul 16.10 WIB dan 16.30 WIB.bud/E-9





Tampilkan Semua

Ketua MPR Bambang Soesatyo Dorong E-Voting di Pilpres dan Pilkada

Senin 19/10/2020 | 16:59
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong penyelenggaraan pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah bisa segera bertransformasi dari cara konvensional melalui pencoblosan surat suara menjadi menggunakan electronik voting...
Selengkapnya

PWI Menyambangi Kadiv Humas, Polri Bakal Siapkan Rompi Wartawan untuk Liput Demo

Senin 12/10/2020 | 22:50
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Jajaran Pengurus Pusat  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menyambangi Mabes Polri, Senin (12/10. Tujuannya membahas keselamatan wartawan saat meliput aksi demonstrasi di lapangan, serta mencegah terjadinya kekerasan...
Selengkapnya

PWI Sambangi Kadiv Humas, Polri Bakal Siapkan Rompi Wartawan untuk Liput Demo

Senin 12/10/2020 | 22:30
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Jajaran Pengurus Pusat  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menyambangi Mabes Polri, Senin (12/10. Tujuannya membahas keselamatan wartawan saat meliput aksi demonstrasi di lapangan, serta mencegah terjadinya kekerasan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
Ekonomi

Regulasi Keberlanjutan, Kunci Tarik Investasi Daerah

Kamis 22/10/2020 | 19:35
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Pemulihan perekonomian akibat pandemi Covid-19 perlu terus digalakkan. Tak terkecuali, mendorong investasi yang melibatkan berbagai potensi daerah di Indonesia secara lebih merata. 

Narasi jemput bola investasi daerah yang digaungkan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), lantas menjadi hal yang relevan untuk menyelaraskan praktik investasi berkelanjutan melalui strategi peningkatan daya saing daerah.

Berdasarkan data BKPM, target investasi secara nasional pada tahun 2020 hingga 2024 sebesar 4.983 triliun. Jumlah itu meningkat sebesar 47 persen dibandingkan dengan capaian realisasi investasi pada periode 2015-2019 yaitu 3.382 triliun rupiah.  

Peneliti Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD), Ditta Mangiri mengatakan, terpenting dalam menjemput bola investasi di daerah tak lepas dari penerapan regulasi berbasis keberlanjutan.

“Utamanya, soal tata kelola yang baik. Daerah dengan pelayanan publik dan regulasi yang baik akan memiliki iklim investasi yang baik. Daerah yang memiliki skor tata kelola di atas rata-rata memiliki peringkat daya saing berkelanjutan yang tinggi,” ujar Ditta dalam webinar Investasi untuk Daya Saing: Saatnya Daerah Jemput Bola, Kamis (22/10).

Ia menilai keberhasilan menarik investasi terletak pada kemampuan tata kelola yang baik, terwujud dalam perencanaan dan penganggaran yang terfokus (money follow program), sistem pelayanan yang smart dengan kebutuhan publik dan didukung kebijakan daerah yang berkualitas.

Kapasitas dan integritas kepemimpinan daerah yang kuat ini bisa menentukan terwujudnya tata kelola yang baik.  "Penguatan tata kelola mesti didukung penataan sistem, baik yang terkait dengan penguatan kewenangan daerah maupun proses mendapatkan pemimpin yang berkualitas,” tambahnya.

Indeks Kemudahan Berusaha atau Ease of Doing Business (EoDB) Indonesia saat ini stagnan di peringkat ke-73 menurut catatan Bank Dunia. Sektor-sektor yang harus ditingkatkan adalah proses perizinan, perpajakan, perdagangan lintas batas, dan ketenagakerjaan.

Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal Yuliot Tanjung mengatakan daerah-daerah harus menyesuaikan regulasi yang baik sehingga akan melahirkan tata kelola yang baik di daerah tersebut. Dengan tata kelola yang baik, maka investasi di daerah akan meningkat dan berdampak pada penerimaan negara secara keseluruhan.  “Kegiatan investasi di daerah akan berdampak langsung pada peningkatan dana bagi hasil untuk daerah,” ujar Yuliot.

Guna menambah daya tarik investasi daerah di Indonesia termasuk bagi investor luar negeri, Direktur Indonesia Investment Promotion Centre (IIPC) Sydney Henry Rombe mengatakan, daerah penting untuk menerapkan strategi kunci dukungan mulai dari insentif hingga cara jemput bola. 

"Dukungan fasilitas atau insentif fiskal dan nonfiskal, penjaminan keberlangsungan proyek, status proyek pembangkit listrik hingga strategi jemput bola oleh pemerintah daerah," pungkasnya.

Data IIPC menunjukkan realisasi investasi Australia di Indonesia tahun 2020 pada triwulan II ini sebesar 62,1 juta dollar Amerika Serikat, mayoritas di sektor pertambangan. Terkait investasi berkelanjutan Australia di Indonesia, perlu adanya pengolahan lebih lanjut sehingga pertambangan Indonesia mampu meningkatkan nilai tambah, tidak hanya ekstrasi. Hay/G-1

Tampilkan Semua

Biaya Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara Dihapus

Kamis 22/10/2020 | 18:08
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Pemerintah menghapus biaya Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) atau seringkali dikenal sebagai Passenger Service Charge (PSC) kepada para penumpang yang berangkat dari 13 Bandara yang ditentukan dalam upaya mendorong...
Selengkapnya

AP II Perluas Portofolio ke Sektor Energi Baru Terbarukan dan Fasilitas Kesehatan

Kamis 22/10/2020 | 18:04
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – PT Angkasa Pura II (Persero), memperluas portofolio ke sektor energi baru terbarukan (EBT) dan fasilitas kesehatan (health care facilities) guna mendukung bisnis inti. Ini sebagai salah satu upaya perseroan menerapkan...
Selengkapnya

Tim Riset Elon Farm Kembangkan Pertanian Modern Berbasis Air Laut

Kamis 22/10/2020 | 17:57
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Peneliti lulusan Institut Pertanian Bogor (IPB) yang mendirikan tim riset Elon Farm, Dr Joel mengembangkan marine aquagriculture yang disebutnya sebagai pertanian modern berbasis air laut."Metode ini sudah berjalan dan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

BNN Telusuri Keberadaan Kebun Tanaman Ganja di Tasikmalaya

Jumat 23/10/2020 | 05:20
A   A   A   Pengaturan Font

TASIKMALAYA-Badan Narkotika Nasional (BNN) Tasikmalaya, Jawa Barat, menerjunkan tim untuk menelusuri kebenaran dugaan adanya kebun ganja yang sengaja ditanam oleh seseorang.

"Makanya kami dari tim sedang turun ke lapangan dalam rangka lidik kebun yang ditanam (ganja), mungkin yang namanya kebun lebiih besar daripada poly bag," kata Kepala BNN Tasikmalaya Tuteng Budiman kepada wartawan di Tasikmalaya, Kamis (22/10).

Ia menuturkan, sebelumnya BNN Tasikmalaya menggerebek rumah warga yang diketahui menanam ganja menggunakan poly bag di Desa Cibahayu, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (20/10), kemudian mengamankan empat orang, salah satunya pemilik rumah.

Hasil pemeriksaan dari tersangka itu, kata Tuteng, mengaku pernah menanam ganja di suatu tempat, namun lokasi tepatnya tidak diketahui dengan alasan lupa sehingga petugas berupaya menelusurinya.

"Dari keempat tersangka ini kita terus dalami, tadi ada pengakuan dari salah seorang, dia mengetahui bahwa dia pernah menyuruh untuk menanam, tapi yang bersangkutan tidak tahu di mana ditanamnya," kata Tuteng seperti dikutip dari Antara.

Adanya pengakuan dari tersangka itu, tim dari BNN Tasikmalaya menyelidiki lebih lanjut untuk memastikan keberadaan kebun ganja itu.

BNN Tasikmalaya juga melibatkan masyarakat setempat untuk menelusuri dugaan adanya tanaman ganja di wilayah itu.

"Saya harapkan warga kooperatif bisa menunjukkan, jangan sampai menutupi, karena akan berbahaya bagi masyarakat jika generasi mudanya mengkonsumsi ganja," katanya.

Tuteng menambahkan BNN Tasikmalaya saat ini masih memeriksa lebih lanjut para tersangka untuk mengungkap fakta lain dalam kasus penanaman dan penjualan ganja di wilayah Tasikmalaya.

Ia berharap upaya pengungkapan kasus tersebut mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah, terutama bisa membantu mengedukasi masyarakat agar tidak menanam ganja.

"Ini bukan untuk pribadi saya, itu untuk warga sendiri, nanti akan terasa apabila ada anak dan saudara yang terkena," katanya.

Sebelumnya, petugas menemukan 45 pohon ganja berbagai ukuran, tanaman ganja paling tinggi sekitar 1 meter yang diakui pemilik rumah inisial M (50) sengaja ditanam dengan bibit awal didapat dari orang lain.

Ganja yang ditanam warga itu diketahui sudah dilakukan bertahun-tahun untuk kebutuhan sendiri dan juga dijadikan lahan bisnis dengan cara menjualnya ke sejumlah daerah di Tasikmalaya dan luar kota.bud/E-9



Tampilkan Semua

BNN Musnahkan 3,5 Hektare Ladang Ganja di Aceh Besar

Jumat 23/10/2020 | 05:15
A   A   A   Pengaturan Font
BANDA ACEH- Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Aceh memusnahkan 3,5 hektare ladang ganja di kaki Gunung Seulawah, kawasan Lamteuba, Kabupaten Aceh Besar, Kamis.Pemusnahan melibatkan puluhan personel BNN Provinsi Aceh dibantu TNI dan...
Selengkapnya

Muatan 37 Kapal Antar Pulau di Sultra Diawasi

Jumat 23/10/2020 | 05:05
A   A   A   Pengaturan Font
BAUBAU- Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas I Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, mencatat sebanyak 37 kapal antarpulau berlayar melayani ke sejumlah daerah di provinsi itu dengan memuat penumpang dan sembako.Ke-37 kapal layar...
Selengkapnya

Gubernur Sulsel Saat Kunjungi Luwu Timur Merasa Seperti di Bali

Jumat 23/10/2020 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
MALILI- Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah, mengaku saat memasuki Desa Kertoraharjo, Kecamatan Tomoni Timur, Luwu Timur, merasa seperti berada di Provinsi Bali.Sebab semua rumah dan lorong di desa itu dipenuhi dengan ornamen...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Otomotif

Hummer Listrik Edisi Pertama Ludes Dipesan dalam 11 Menit

Kamis 22/10/2020 | 22:36
A   A   A   Pengaturan Font

 

JAKARTA - General Motors Co (GM) mengumumkan bahwa pickup listrik GMC Hummer EV yang diluncurkan pada Selasa (20/10) telah habis dipesan konsumen hanya dalam 11 menit seusai peluncuran.

kantor berita Antara pada Kamis mewartakan bahwa General Motors memberikan pengumuman reservations full (pemesanan penuh) di laman resmi GMC, padahal mobil itu baru akan diproduksi massal pada musim gugur 2021.

GM tidak menyebutkan jumlah Hummer yang telah dipesan oleh konsumen.

Namun NBC News mewartakan bahwa mobil berukuran bongsor itu telah habis dipesan dalam 11 menit, dengan menyisakan sekira 3.000 calon pembeli potensial.

Hummer EV versi kedua (tipe 3-X) yang dijual 99.995 dollar AS (1,4 miliar rupiah) kemungkinan tidak akan diproduksi pada 2022, sebagai dampak dari membludaknya pesanan untuk Hummer EV versi pertama.

Sejumlah media memprediksi bahwa Hummer EV tipe tertinggi seharga 79.995 dollar AS (1,17 miliar rupiah) hingga 113.000 dollar AS (1,66 miliar rupiah) akan meneruskan produksi Hummer EV edisi pertama.

Pejabat GM mengatakan bahwa Hummer EV dirancang selama 18 bulan. Pickup offroad itu diklaim dapat berjalan menyamping berkat fitur kemudi empat roda. Mode "Watts to Freedom" juga mempercepat akselerasi mobil hingga 97 kilometer/jam dalam 3 detik.

Hummer EV hadir untuk bersaing dengan Tesla Cybertruck yang dijual 588 juta rupiah hingga 1,02 miliar rupiah, dan akan diproduksi di Texas mulai akhir 2021.

Persaingan pickup listrik akan semakin sengit setelah Ford menyatakan akan merilis F-Series EV. Sejumlah startup mobil juga menyatakan akan bermain di segmen tersebut antara lain Rivian, Nikola, dan Lordstown Motors. I-1

Tampilkan Semua

Pameran Mobil Gaikindo Mundur

Kamis 15/10/2020 | 14:10
A   A   A   Pengaturan Font
Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunda pameran otomotif Jakarta Auto Week (JAW), yang semula direncanakan pada akhir 2020 menjadi 9–17 Januari 2021. Pandemi Covid-19 yang belum kondusif menjadi landasan...
Selengkapnya

Mercedes-Benz Buat Skuter Listrik

Kamis 8/10/2020 | 15:49
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Pabrikan mobil mewah Mercedes-Benz memproduksi eScooter, sebuah skuter listrik yang mampu menjangkau jarak perjalanan 25 kilometer dan diharapkan menjadi solusi mobilitas individu yang fleksibel bagi kaum urban di...
Selengkapnya

Pasar Kendaraan Hybrid Makin Menjanjikan

Selasa 29/9/2020 | 17:57
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA-Direktur Marketing PT. Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmy Suwandi optimistis pasar kendaraan hybrid ke depannya semakin menjanjikan. Pasalnya, dalam beberapa tahun terakhir permintaannya meningkat signifikan. Bahkan selama...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Telko

Infinix Hot 10 Resmi Di Luncurkan Di Indonesia

Selasa 20/10/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Penjualan yang sukses pada seri-seri produk smartphone sebelumnya, kini membawa Infinix menjadi salah satu smartphone yang banyak dicari. Terbukti dari pencapaiannya sebagai TOP 1 Brand Smartphone Terlaris pada 9 September 2020 lalu di platform e-commerce Lazada Indonesia.
 
Melalui peluncuran online secara livestreaming pada hari Senin (19/10) kemarin di social media INFINIX dan Aplikasi Lazada, INFINIX HOT 10 akhirnya resmi di perkenalkan di Indonesia sebagai salah satu produk terbaru dari INFINIX Indonesia. 
 
“Dengan spirit baru dari INFINIX Indonesia yaitu Take The Lead, maka yang kami harapkan para anak muda di Indonesia bisa menjadi pemimpin dalam setiap pertandingan yang mereka jalani, baik itu di kantor, di sekolah, di rumah atau dimanapun mereka berada. Ini adalah saatnya untuk para anak muda di Indonesia agar bergerak maju dan menjadi leader, dimana dengan support dan inovasi dari INFINIX, pengguna bisa tetap produktif dengan spesifikasi ter up to date namun dengan harga yang terjangkau. Hal itu juga yang akhirnya membawa Infinix dengan bangga memperkenalkan INFINIX HOT 10 secara resmi di Indonesia. Seri HOT yang diyakini menjadi seri yang paling laris dan ditunggu banyak penggunanya ini memiliki spesifikasi yang #ANTIKALAH karena memiliki performa berbeda dari seri HOT sebelumnya. Jelas Sergio Ticoalu, Country Marketing Manager Infinix Smartphone Indonesia.
 
Infinix HOT 10 memiliki chipset khusus untuk gaming yakni Helio G70. Chipset ini menjadi yang pertama disematkan pada seri HOT dari Infinix. Tidak hanya itu, spesifikasi lainnya untuk mendukung pengalaman gaming yang makin seru juga sudah lah sangat lengkap pada Infinix HOT 10 seperti  layar dengan luas 6.78 Inch Punch Hole Display, dimana layar ini sendiri memiliki peningkatan dibandingkan dengan seri HOT sebelumnya. Dan juga baterai dengan kapasitas 5200 mAh dan dibekali dengan Power Marathon Technology, dimana daya akan terasa lebih lambat untuk habis saat penggunaan.
 
Tak kalah penting, Infinix HOT 10 juga ingin memberikan pengalaman lebih nyata lewat DTS Sound untuk petarungan game yang semakin seru. Dimana suara yang dihasilkan akan lebih jelas dan lebih menggelegar di setiap detil efek maupun musiknya.
 
“Dibekali dengan chipset khusus gaming, Infinix HOT 10 mengajak pengguna untuk lebih semangat menjadi #AntiKalah dalam kehidupan gadget mereka sehari-hari. Apalagi di masa pandemi ini, banyak yang harus melakukan kegiatannya melalui online. Seperti sekolah ataupun pekerjaan, dimana pengguna dituntut untuk terus produktif dan aktif. Performa pada Infinix HOT 10 ini bisa mendukung mereka, ditambah dengan spesifikasi lainnya seperti pada layar dan baterai sehingga kesibukan terasa lebih menyenangkan. Kegiatan dan hiburan bisa dilakukan hanya dalam satu genggaman.” jelas Bruno Li, CEO Infinix Indonesia.
 
Selain 3 keunggulan untuk kegiatan gaming tersebut, Infinix HOT 10 juga sudah dibekali dengan resolusi kamera hingga 16MP Quad AI Camera, dimana pengguna mampu menghasilkan foto lebih detil dan tangkapan yang lebih cepat meski dalam keadaan minim cahaya. Dan juga kamera depan yang sudah didukung dengan 8MP wide angle, dimana pengguna dapat memotret pemandangan lebih luas.
 
Infinix HOT 10 akan dijual dengan dua varian storage yang berbeda. Untuk varian 4/64GB akan di jual perdana dari harga normal Rp.1.749.000 menjadi Rp.1.599.000. Sedangkan untuk varian 4/128GB akan dijual dari harga normal Rp.1.949.000 menjad Rp.1.799.000. Yang tentunya akan dijual pertama kali pada tanggal 23 Oktober 2020 mendatang secara eksklusif di platform e-commerce Lazada Indonesia. mza
Tampilkan Semua

Infinix HOT 10 Pecahkan Guiness World Record

Sabtu 17/10/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Setelah sukses menjadi TOP 1 smartphone brand pada tanggal 9 September 2020 lalu di platform e-commerce Lazada Indonesia dan Top 15 Global Chinese Brand to Watch, kini Infinix kembali menunjukkan eksistensinya dengan memecahkan...
Selengkapnya

WIKO Luncurkan 3 Smartphone Andalannya

Kamis 15/10/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Merek smartphone asal Prancis, WIKO, kembali meramaikan pasar smartphone di Indonesia dengan meluncurkan 3 smartphone andalannya, yaitu WIKO View 4, WIKO View 4 Lite, dan WIKO Y61.   Agus Supangat, Head of Commercial PT....
Selengkapnya

Apple Resmi Luncurkan Jajaran iPhone 5G

Rabu 14/10/2020 | 13:52
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Apple resmi meluncurkan jajaran iPhone yang dibekali teknologi internet generasi kelima atau 5G dalam acara virtual yang mengambil tempat di Apple Campus, di Cupertino, California, Amerika Serikat. "Hari ini adalah awal...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Properti

Topping Off Hotel Episode Serpong

Jumat 28/8/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Hotel Episode merupakan hotel berbintang empat yang terletak di Gading Serpong yang dikenal sebagai kota satelit yang ramai, terletak di lokasi yang strategis karena dekat dengan pusat pameran terbesar di Indonesia yakni ICE BSD dan berjarak 40 menit dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta. 
 
Hotel ini mulai dibangun dari 9 Desember 2017 dan akan beroperasi pada semester pertama di tahun 2021. Nantinya, Hotel Episode Gading Serpong akan dikelola oleh hospitality management yaitu JHL Collections yang merupakan salah satu unit bisnis dari JHLGroup.
 
Hotel dengan interior yang unik ini menghadirkan konsep kebudayaan Banten ditengah bangunan seluas 55.000 m2. Provinsi Banten yang kental dengan kebudayaan lokalnya yakni Baduy dan Peranakan serta topologi yang bervariasi menjadi inspirasi utama yang dituangkan dalam konsep perhotelan dan desain Hotel Episode Gading Serpong.
 
Dengan hal itu maka para tamu akan disuguhkan pengalaman yang unik. Episode akan membawa para wisatawan mengenal lebih jauh tentang Banten dengan beragam aktivitas terkait kebudayaan Banten di dalam area hotel hingga paket wisata kebudayaan di daerah Banten. 
 
Terdapat 320 kamar yang memiliki 2 konsep utama yakni Baduy dan Peranakan dengan beberapa tipe, diantaranya adalah Deluxe Room, Family Room,dan Junior Suite untuk masing-masingkonsep.
 
Bangunan 28 lantai ini memiliki fasilitas yang lengkap, terdapat Ballroom dan Exhibition Hall dengan kapasitas 1000 pax yang dapat digunakan untuk acara pernikahan, ulang tahun, gathering, dan pameran. Selain itu, terdapat Mini Ballroom, 8 meeting rooms, swimming pool, gym, spa, gift shop, dan organic shop.
 
Episode juga mempunyai restoran dengan pengalaman bersanta pall day dining dan hotel ini akan mengenalkan makanan khas lokal banten di menu breakfast maupun a la carte.
 
Sesuai dengan makna kata Episode yaitu sepenggal peristiwa dalam kehidupan manusia yang berarti, managemen berharap pengalaman tamu saat menginap, menikmati layanan dan sajian di Hotel Episode Gading Serpong ini menjadi pengalaman yang berarti dalam hidup mereka. mza
 
” Unfolding history and retelling the story” – Hotel Episode Gading Serpong
Tampilkan Semua

Di Tengah Pandemi, Struktur Pencakar Langit St Regis Selesai Dibangun

Senin 17/8/2020 | 18:58
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Meski sempat terhambat oleh kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) akibat pandemi Covid-19, PT Permadani Khatulistiwa Nusantara (PKN) anak usaha Rajawali Property Group (RPG) akhirnya berhasil menyelesaikan...
Selengkapnya

Ruang Kerja Nyaman saat “Work From Home”

Senin 20/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Skema work from home (WFH) menjadi pola kerja yang banyak dilakukan di tengah wabah Covid-19. Rumah pun mendadak bertambah fungsi sebagai ruang kerja. Untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut, penghuni dapat memanfaatkan berbagai sudut...
Selengkapnya

Pandemi Covid-19 Bakal Pengaruhi Desain Interior

Senin 20/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pandemi Covid-19 dinilai bakal mampu menelurkan ide baru dan memengaruhi adanya perubahan dalam desain interior, baik untuk hunian maupun perkantoran. Selain itu, adanya pola hidup untuk selalu menjaga kebersihan juga akan menjadi...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Olahraga

Solksjaer Ingatkan Mason Greenwood Agar Disiplin

Jumat 23/10/2020 | 05:35
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA- Manajer Manchester United Ole Gunnar Solksjaer menyatakan alasan Mason Greenwood tidak diturunkan dalam pertandingan melawan Newcastle United dan Paris St Germain beberapa waktu lalu karena pemain itu mengalami cedera ringan. namun yang sebenarnya terjadi adalah pemain muda itu mendapat peringatan dari tim pelatih Setan Merah karena prilaku buruknya belakangan ini.

Menurut laporan Sky Sports, Greenwood juga diperingkatkan karena masalah disiplin dalam soal waktu.

Pemain muda jebolan akademi United itu diingatkan akan tanggung jawabnya sebagai pemain Manchester United.

Ketiadaan dia saat melawan Newcastle sudah menjadi pemandangan yang mencolok mata sekalipun dia terlihat berfoto bersama rekan-rekannya selagi berlatih Senin.

Tapi dia juga tidak dibawa serta ke Paris di mana dalam jumpa pers menjelang laga Liga Champions melawan Paris St Germain, Solskjaer tak memberikan keterangan apa-apa tentang dia dan sebaliknya cuma tertawa saat ditanya soal rumor bahwa Greenwood dan Brandon Williams tidak diturunkan saat melawan Newcastle karena masalah disiplin.

Saat itu Solksjaer malah bertanya balik kepada wartawan, "dari mana sumber Anda?", lalu membantah singkat rumor itu tidak benar.

Langkah yang diambil United terhadap Greenwood itu hanya beberapa hari setelah dia dipulangkan oleh timnas Inggris karena melanggar protokol Covid-19 di Islandia.

Greenwood mencetak 17 gol untuk United selama musim lalu dan melakukan debutnya bersama timnas Inggris saat menang melawan Islandia September silam.Ant/E-9

Tampilkan Semua

Petenis Putri Jerman Julia Georges Resmi Pensiun

Jumat 23/10/2020 | 05:30
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Petenis putri asal Jerman sekaligus semifinalis Wimbledon 2018 Julia Goerges resmi mengumumkan pensiun dari dunia tenis, demikian dikutip dari AFP, Kamis (22/10).“Saya tahu bahwa suatu hari nanti akan tiba saatnya bagi...
Selengkapnya

Boris Becker Tolak Serahkan Trofi Grand Slam untuk Lunasi Utang

Jumat 23/10/2020 | 05:10
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Legenda tenis Jerman Boris Becker hari ini mengaku tidak bersalah atas dakwaan tidak mau menyerahkan trofi Grand Slam untuk melunasi utang-utangnya, demikian Press Association seperti dikutip Reuters, Kamis.Mantan petenis yang...
Selengkapnya

Luka Modric Optimistis Madrid Bangkit di “El Clasico”

Kamis 22/10/2020 | 19:36
A   A   A   Pengaturan Font
MADRID - Luka Modric yakin bahwa tim Real Madrid belum lupa cara bermain sepak bola dan akan bangkit dari pekan yang buruk setelah mereka menderita kekalahan kandang kedua beruntun jelang laga El Clasico pada Sabtu di kandang...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Perspektif

Pilpres Amerika

Kamis 22/10/2020 | 13:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pemilihan Presiden AS pernah menyajikan fakta hasil pemilihan menjungkirbalikkan hasil survey.

Pemilihan Presiden (pilpres) Amerika Serikat (AS) akan dilaksanakan Selasa (3/11) atau 12 hari lagi . Debat ter­akhir antara calon presiden petahana, Donald Trump, dan Joe Biden, digelar Kamis (22/10). Berbagai spekulasi dan survei muncul untuk mencoba memprediksi siapa yang akan jadi pemenang dan memimpin negara adidaya ini empat tahun mendatang.

Mayoritas survei mengunggulkan Biden. Perilaku dan pernyataan Trump yang kontroversial sering memunculkan banyak musuh. Bahkan, saudaranya dan kerabatnya pun memusuhinya serta mengungkap semua borok Presiden lewat buku atau pernyataannya di media.

Hantaman paling keras yang merontokkan popularitas Trump adalah wabah Covid-19. Berdasarkan data Selasa pagi, jumlah kasus Covid-19 di Amerika Serikat telah melebihi 8,4 juta kasus. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS memperkirakan 299.028 orang meninggal antara periode 26 Januari hingga 3 Oktober.

Kendati demikian, bukan berarti peluang Trump menang untuk kedua kalinya tertutup. Pemilihan Presiden AS pernah menyajikan fakta hasil pemilihan yang menjungkirbalikkan hasil survei. Itu yang dialami Trump pada pilpres empat tahun silam. Pada Pilpres 2016, semua lembaga survei kredibel mengunggulkan Hillary Clinton ketimbang Donald Trump. Tetapi hasil akhirnya, Trump dilantik menjadi presiden ke-45 pada 20 Januari 2017.

Walaunpun wabah Covid-19 dianggap oleh sebagian warga AS sebagai kartu mati Trump. Namun, itu bisa berubah menjadi kartu As.Apalagi bila pemerintahan Trump berhasil merealisasikan vaksinasi nasional warga Amerika Serikat sebelum 3 November. Trump tentu akan menikmati rebound yang luar biasa.

Bayangkan, kelegaan ratusan juta orang yang akhirnya bisa kembali beraktivitas dan bebas bepergian ke mana pun setelah berbulan-bulan disekap oleh kebijakan pembatasan sosial. Banyak dari mereka akan melupakan atau memaafkan apa pun kesalahan yang telah dilakukan Trump terkait pandemi ini.

Trump tentu akan merealisasikan janjinya untuk vaksinasi nasional sebelum pilpres itu. Pekan ini, uji coba vaksin Covid-19 AstraZeneca Plc di Amerika Serikat akan dilanjutkan. Uji coba tahap akhir AstraZeneca tahap akhir sempat ditunda sejak 6 September, setelah seorang peserta dalam uji coba perusahaan di Inggris itu jatuh sakit karena ada gangguan inflamasi tulang belakang langka yang disebut mielitis-transversa.
Selain vaksinasi, Trump akan fokus pada sejumlah negara bagian di mana warganya masih belum memutuskan pilihan, atau yang disebut sebagai battleground states. Di AS hanya ada dua partai besar yang berpengaruh. Jadi di setiap negara bagian, kalau tidak Demokrat pastilah Republik. Namun, tetap saja ada sejumlah negara bagian yang secara historis berubah-ubah kecenderungannya.

Mereka inilah yang disebut sebagai battleground states. Hanya sebagian kecil dari 50 negara bagian di AS, tetapi mereka mewakili suara yang sangat besar, contohnya adalah Florida, Arizona, Michigan, dan Ohio. Kalau Trump menang di negara bagian yang masih mengambang itu, dia akan kembali memimpin Amerika Serikat.

Suara pemilih di Amerika dikumpulkan di tiap negara bagian, dan dikalkulasi sesuai proporsi jumlah penduduknya dalam sistem yang disebut electoral college. Negara bagian terbesar California memiliki 55 suara electoral college, yang kecil seperti Wyoming, hanya tiga suara. Kuncinya adalah memenangi battleground states untuk meraup suara electoral college sebanyak-banyaknya, tidak apa-apa kalah di total jumlah suara nasional. Itulah yang terjadi pada Pilpres AS 2016. Meskipun tertinggal jauh dari jumlah suara nasional –terpaut lebih tiga juta suara dari Hillary—tetapi Trump terpilih menjadi presiden.

Sebagian pengamat politik Amerika kaget dengan fakta bahwa warga AS keturunan Amerika Latin (Hispanik) ternyata lebih cenderung ke Trump, setidaknya demikian yang terjadi di Florida. Florida adalah battleground penting karena punya 29 suara electoral college.

Peluang Demokrat dan Republik di sana dalam sejarahnya nyaris selalu berimbang untuk memang. Tapi tahun 2016, Trump menang di Florida dengan 49 persen suara, Hillary 48 persen, sisanya direbut kandidat independen. Di Amerika berlaku sapu bersih (kecuali di dua negara bagian), sehingga walau cuma selisih 1 persen, Trump merebut semua, 29 suara electoral college Florida, sedangkan Hillary nol. ν

Tampilkan Semua

Kunjungan PM Suga

Rabu 21/10/2020 | 13:00
A   A   A   Pengaturan Font
Jokowi harus yakinkan ke PM Suga bahwa Omnibus Law UU Cipta Kerja yang baru saja disahkan di DPR awal bulan ini, sangat kondusif bagi investor. Hubungan Indonesia-Jepang sudah terjalin sejak lama. Meski dua tahun lalu kedua negara...
Selengkapnya

Hati-hati Melakukan Vaksinasi

Selasa 20/10/2020 | 13:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sebenarnya perjalanan vaksin korona dari hulu sampai hilir tak sesimpel yang orang awam bayangkan.   Pernyataan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Achmad Yurianto, bahwa...
Selengkapnya

Kebiadaban di Prancis

Senin 19/10/2020 | 13:00
A   A   A   Pengaturan Font
Saat ini, media sosial dipenuhi #JeSuisSamuel (Saya Samuel). Tren ini mirip saat terjadi serangan Charlie Hebdo, dengan seruan solidaritas ­#JeSuisCharlie. Dunia pendidikan global tengah dirundung duka dengan dipenggalnya seorang...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita perspektif lainnya
Rona

Ponsel untuk Buat Konten Medsos

Kamis 22/10/2020 | 19:29
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Merek Oppo meluncurkan ponsel terbaru melalui seri Oppo A92 untuk bersaing dalam kisaran harga 3,5 juta rupiah seperti Realme 7 Pro, Samsung Galaxy M31s, dan Poco X3. Mereka sama-sama mampu menghasilkan konten bagus.

 “Menanggapi kebutuhan konsumen terhadap perangkat smartphone di saat pandemi ini, kami meluncurkan perangkat Oppo A92 yang kini hadir dengan RAM 6GB dan momori internal 128 GB,” ujar PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto A dalam siaran pers Kamis (22/10).

Ponsel ini dibekali beberapa teknologi yang mendukung anak muda dalam membuat konten-konten di media sosial, dan dibekali sistem operasi ColorOS 7.1 dengan ikon yang lebih halus dan memudahkan. Ponsel ini juga memiliki fitur hyper boost yang meningkatkan kinerja handset secara efisien dalam menghadirkan pengalaman gaming yang lancar dengan frame rate tinggi.

Untuk memberikan daya tahan pemakaian Oppo A92 6GB dilengkapi baterai berkapasitas daya 5000 mAh, yang dipadukan dengan pengisian cepat 18W. Selain daya tahan baterai yang kuat, merek Tiongkok ini juga menghadirkan layar Neo-Display 1080P dengan ukuran 6,5 inci dan resolusi 2400 x1080 pixel.

Layar ini memiliki rasio perbandingan ke bodi sebesar 90,5 persen, dengan kepadatan layar sebesar 405 PPI. Ponsel ini telah mendapatkan sertifikasi perlindungan mata dari TüV Rheinland yang menyaring cahaya biru agar mata pengguna tetap sehat.

Kameranya utamanya memakai lensa 48 MP dengan teknologi AI memiliki sensor ultra HD. Tedapat juga lensa sudut lebar 8 Megapixel yang dapat memaksimalkan pengambilan gambar dari berbagai sudut tanpa memotong objek foto.

Di sisi depan, kamera selfie A92 6GB memiliki resolusi 16 megapixel dengan aperture besar f2.0 dan didukung dengan fitur AI beautification yang telah ditingkatkan. Untuk keamanan terdapat Side Fingerprint Unlock, tombol daya dan pengenalan sidik jari terintegrasi di satu sisi.

Oppo A92 6GB dapat mulai dipesan mulai 24 hingga 31 Oktober 2020 secara daring. Perangkat ini akan dijual perdana pada 1 November 2020 dengan harga 3,599 juta rupiah. Hay/G-1

 

 

Tampilkan Semua

Mengenal Teknologi Masker Airism

Kamis 22/10/2020 | 19:24
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Masker sebagai bagian dari protokol kesehatan 3 M yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,  sangat penting mencegah penularan virus Korona. Namun demikian, dibutuhkan masker berkualitas yang mampu...
Selengkapnya

Gopay Tambah Layanan

Kamis 22/10/2020 | 13:48
A   A   A   Pengaturan Font
Layanan pembayaran digital Gopay melalui Gopay Feed menghadirkan sejumlah opsi pembayaran dan sosial untuk membantu kerabat atau orang-orang yang terdampak pandemi Covid-19. Gopay mencatat, terjadi gerakan lewat tagar #2021Wishes yang...
Selengkapnya

PT. Lotte R&D Center Indonesia Mendapat Hasil Evaluasi FAPAS Yang Sangat Baik

Jumat 23/10/2020 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font
Jakarta, 19 Oktober 2020 -- PT. LOTTE R&D CENTER INDONESIA yang didirikan pada tahun 2016 telah berpartisipasi dalam program evaluasi kecakapan FAPAS dan mendapat hasil evaluasi yang sangat baik dalam 7 bidang termasuk kategori...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
beriklan di koran jakarta
Megapolitan

Kota Bogor Buka Ruang Belajar Daring

Kamis 22/10/2020 | 23:54
A   A   A   Pengaturan Font

BOGOR  - Pemerintah Kota Bogor menerapkan program Jabar Bergerak dari Provinsi Jawa Barat yakni membuka Ruang Belajar Online atau daring di RW 08 Kelurahan Babakan Pasar Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor, terutama untuk pelajar dari keluarga tidak mampu.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim membuka sekaligus meresmikan Ruang Belajar Online di Kelurahan Babakan Pasar tersebut, pada Kamis sore.

Pada kesempatan tersebut, tampak sejumlah pelajar warga Kelurahan Babakan Pasar sudah berada di lokasi Ruang Belajar Online.

Dedie A Rachim setelah melakukan seremonial peresmian, dia menghampiri sejumlah pelajar yang sedang belajar secara online. Dedie kemudian berbicara dengan sejumlah siswa itu dan bertanya mengenai kegiatan belajarnya secara online.

Dedie juga menyerahkan sebuah telepon seluler dan kuota internetnya untuk mendukung proses belajar di Ruang Belajar Online tersebut.

Menurut Dedie, Ruang Belajar Online ini bukan sebagai pengganti kelas di sekolah, tapi sebagai wadah bagi para pelajar tidak mampu agar bisa tetap belajar dengan pola pembelajaran jarak jauh pada situasi pandemi saat ini.

"Ruang Belajar Online ini untuk memastikan, bahwa para pelajar yang orang tuanya tidak memiliki telepon seluler memadai bisa tetap belajar dengan meminjam telepon seluler di sini. Telepon seluler itu bisa dipakai bergantian," katanya.

Pemerintah Kota Bogor juga telah melakukan pemasangan wifi publik di 797 RW di Kota Bogor untuk membantu warga setempat dapat mengikuti PJJ pada situasi pandemi COVID-19 saat ini.

"Kami optimistis, kontribusi dan bantuan dari siapapun untuk mengatasi para siswa dari keluarga tidak mampu untuk mengikuti PJJ saat ini, dapat membantu kesulitan para pelajar," katanya.

Semua kegiatan di Ruang Belajar Online ini dengan menerapkan protokol kesehatan secara benar, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, serta menjaga jarak fisik. ant/P-5

Tampilkan Semua

Anies Berharap Camat dan Lurah Miliki Alat ukur Volume Air

Kamis 22/10/2020 | 23:45
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap agar para camat dan lurah se Jakarta Selatan memiliki alat ukur untuk mengetahui volume air hujan yang turun, sehingga dapat menjadi peringatan dini akan adanya banjir. ...
Selengkapnya

DKI Jakarta Belum Bahas UMP DKI untuk Tahun Depan

Kamis 22/10/2020 | 23:34
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA  - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta hingga saat ini belum melaksanakan kegiatan rapat pembahasan dengan pihak terkait mengenai upah minimum provinsi (UMP) DKI untuk tahun depan. "Saya belum tahu (naik...
Selengkapnya

Empat Kiat Bagi Pesepeda Agar Tak Dijambret

Kamis 22/10/2020 | 23:30
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Ketua Komunitas 'Brompton Owners Group Kelapa Gading dan Sekitarnya' (Bogas) Chriswanto menyampaikan sedikitnya empat kiat bagi pesepeda di ruas-ruas jalan utama Ibu Kota agar tak jadi korban penjambretan. "Pertama,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
The Alun-Alun

Splach eScooter Kuat di Medan yang Tidak Rata

Jumat 23/10/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Sementara skuter listrik lipat sekarang menjadi pemandangan umum, sebagian besar barang masih memiliki rangka yang sepenuhnya kaku yang hanya menabrak rintangan di jalan. E-skuter Splach berbeda, karena menggabungkan suspensi coil-sprung depan dan belakang.

Splach eScooter menawarkan motor hub brushless belakang 800W bersama dengan baterai lithium 52V yang akan memungkinkan model Turbo menawarkan kecepatan tertinggi 28mph dan jangkauan 19 hingga 22 mil. Model Ranger dipasangkan dengan motor 500W dan baterai 36V yang akan menghasilkan kecepatan tertinggi 25mph untuk jarak antara 31 dan 37 mil.

Melansir laman Trendhunter,com , Splach eScooter adalah solusi transportasi yang ramah lingkungan dan mulus bagi pengendara yang mencari opsi yang lebih nyaman untuk dipilih saat mempersiapkan perjalanan harian, perjalanan santai, dan lainnya. Skuter ini mampu dilipat atau dibuka hanya dalam 10 detik saja dan akan menampung berat pengendara hingga 264 pounds dengan bingkai buatan aluminium penerbangan 6061. Skuter ini dipasangkan dengan pegas suspensi yang akan bekerja untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman daripada sebelumnya yang akan dengan mudah melewati medan yang tidak rata tanpa menyebabkan ketidaknyamanan bagi pengendara.

Menurut perancangnya, Splach dapat dilipat atau dibuka hanya dalam 10 detik, dan mengakomodasi pengendara dengan berat hingga 264 lb (120 kg). Skuter berbingkai aluminium penerbangan 6061 itu sendiri dilaporkan memiliki bobot sekitar 39 lb (18 kg).

Skuter listrik Splach siap menghadapi semua medan dengan aluminium tingkat penerbangan dan sistem suspensi depan dan belakang yang sangat fleksibel yang dapat disesuaikan secara manual untuk kenyamanan maksimum sesuai dengan berat individu dan kondisi jalan.

Ban dengan daya cengkeram tinggi yang dirancang khusus lebih lebar daripada ban standar, memberikan Splach kontak yang sangat besar dalam kondisi jalan apa pun untuk traksi optimal. Ban pneumatik berisi udara menyerap kejutan, membuat perjalanan menjadi mulus dan menyenangkan. Dengan tapak yang dalam dan dapat disesuaikan, kemudi skuter yang terkendali sangatlah mudah.

Motor performa tinggi dan sistem pengereman Splach memberikan akselerasi dan kontrol optimal untuk kemiringan curam atau pemberhentian mendadak.

Tergantung pada beratnya, dan kondisi berkendara, pengguna dapat menyesuaikan ketegangan pegas suspensi untuk pengendaraan yang lebih kencang atau lembut. Sedikit kenyamanan tambahan disediakan oleh ban depan selebar 8,5 inci pneumatik, meskipun ban belakang 8 inci terbuat dari karet padat.

Sebenarnya ada dua model skuter, yang disebut Turbo dan Ranger. Kedua model memiliki fitur dual charging port, memungkinkan baterai diisi penuh dalam waktu 3 hingga 4 jam yang diklaim untuk Turbo dan 5 hingga 6 jam untuk Ranger. Keduanya juga dilengkapi lampu LED kepala dan ekor / rem, layar LCD pada throttle yang dipasang di setang, plus rem drum depan dan belakang. Sistem penggerak Ranger dibuka dengan kunci tradisional, sedangkan Turbo dibuka kuncinya dengan gesekan dari kartu kunci yang disertakan. arn

Tampilkan Semua

Skuter dengan Sinyal Berbelok Memberikan Keamanan Ekstra

Jumat 23/10/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pandemi COVID-19 telah menimbulkan banyak tantangan bagi transportasi umum dalam waktu dekat. Perlu beberapa saat sebelum kami kembali menggunakan moda transportasi umum seperti yang kami lakukan sebelumnya. Untuk saat itu, alternatif...
Selengkapnya

Mercedes-Benz Mudah Dibawa

Jumat 23/10/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selama beberapa tahun terakhir, Mercedes-Benz telah mengembangkan konsep untuk banyak aspek teknologi, termasuk tentang EQ elektrik. Sekarang, waktunya telah tiba bagi pabrikan otomotif Jerman untuk memperkenalkan skuter listriknya...
Selengkapnya

Melihat Peluang Bisnis Laundry Sepatu

Kamis 22/10/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selama beberapa tahun terakhir, bisnis laundry sepatu semakin populer. Walau demikian, jumlah pemain bisnis ini masih terbilang cukup sedikit. Kondisi inilah yang menjadikan peluang untuk berkompetisi dan memenangkan pasar masih cukup...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita the alun-alun lainnya
Kupas

Vaksin Covid-19 Sangat Diperlukan dalam Pembentukan “Herd Immunity”

Jumat 23/10/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Negara-negara tengah berlomba mengembangkan vaksin Covid-19, begitu juga Indonesia. Vaksin merupakan salah satu solusi menangani pandemi yang telah memukul hampir seluruh sektor kehidupan.

 

Dengan vaksin, diharap­kan masyarakat memi­liki imunitas yang tinggi dan kebal terhadap virus korona jenis baru atau Sars-Cov-2.Meski begitu, vaksin masih belum bisa dipastikan keberadaanya, meski pemerintah telah menjan­jikan vaksin tersedia akhir tahun 2020 atau awal tahun 2021. Jika ada, vaksin juga belum bisa diberikan untuk minimal 70 persen dari total penduduk untuk membentuk herd immunity.

Untuk mengupas terkait perkembangan vaksin Covid-19, Koran Jakarta mewawancarai Men­teri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bambang Brodjonegoro. Berikut petikan wawancaranya.

Seberapa besar dampak dari vaksin dalam penanganan Co­vid-19?

Dalam mewujudkan kekebalan massal atau herd immunity kebu­tuhan akan vaksin Covid-19 masih sangat dibutuhkan. Mengingat vi­rus Covid-19 berbeda dengan virus lainnya yang dapat selesai dengan herd immunity tanpa vaksin, misal­kan malaria.

Tetapi, karena Covid-19 ini penyebarannya sangat cepat dan berbahaya bagi orang yang mempunyai penyakit penyerta, maka satu-satunya cara harus ada vaksin supaya kekebalan massal itu terbentuk.

Banyak kekhawatiran dari masyarakat terkait keamanan bahkan kehalalan vaksin. Bagaimana pemerintah memas­tikan vaksin Covid-19 aman?

Masyarakat atau nanti para pengguna vaksin tidak perlu khawatir, selama vaksinnya sah dan resmi sebagai vaksin Covid-19, siapa pun yang membuat dan apa pun platform­nya maka itu su­dah mempunyai safety & efficacy yang sudah dijamin.

Vak­sin yang nantinya mendapatkan izin dari BPOM adalah vaksin yang sudah memenuhi syarat aman dan man­jur (safety & efficacy). Aman dalam artian tidak ada efek samping yang serius dan manjur dalam penger­tian bahwa sesuai dan cocok untuk meningkatkan daya tahan tu­buh terhadap Covid-19.

Terkait vaksin yang bekerja sama dengan negara lain, bagaimana Anda menjamin Indonesia tidak hanya dimanfaatkan?

Indonesia juga mengembangan vaksin melalui kerja sama dengan beberapa pihak dari luar negeri. Langkah ini diambil untuk menjawab kebutuhan vaksin secara cepat sambil menunggu pengembangan vaksin Merah Putih selesai.

Indonesia tidak membeli putus atau membeli vaksin yang sudah jadi dari luar negeri. Namun, kerja sama dengan luar negeri terse­but juga mencakup transformasi teknologi pengembangan vaksin, sehingga vaksin tersebut tetap dikembangkan di Indonesia. Dalam kerja sama ini tentu harus mengun­tungkan Indonesia, atau setida­knya saling menguntungkan.

Vaksin Merah Putih sendiri pengembangannya sudah se­jauh mana?

Vaksin Merah Putih paling penting definisinya adalah menggunak­an isolat virus yang ada di Indone­sia. Saat ini ada enam institusi yang mengembangkan vaksin Merah Putih. Institusi yang terlibat dalam pengembangan vaksin merah putih yaitu Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman, Lembaga Ilm Pengetahuan Indonesia (LIPI), Uni­versitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Airlangga.

Terkait proses produksi, upaya apa yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan yang ada?

Pemerintah terus melihat kesia­pan dan kemampuan dari calon-calon pabrik vaksin Covid-19. Mengingat PT Bio Farma dengan segala pengalamannya tentu perlu dukungan pemerintah dan industri farmasi swasta dalam memproduk­si vaksin. n muh ma’arup/P-4

Tampilkan Semua

Vaksin Tidak Boleh Dianggap sebagai Penyelesaian Akhir Pandemi

Kamis 22/10/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Hampir delapan bulan virus Covid-19 menyebar di Indonesia sejak bulan Maret lalu. Penanganan terus dilakukan mulai dari meningkatkan testing dan tracing, menerapkan pembatasan sosial, dan tetap disiplin protokol kesehatan. ...
Selengkapnya

Mahasiswa Semestinya Memberikan Masukan dengan Kajian-kajian Intelektual

Selasa 20/10/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Setelah disahkannya Rancangan Undang-Undang (RUU) Cipta Kerja, banyak penolakan dari berbagai kalangan termasuk dari para mahasiswa. Para mahasiswa turut melakukan aksi unjuk rasa, tidak hanya di Ibu Kota, tapi juga di daerah-daerah...
Selengkapnya

UU Cipta Kerja Jalan Tengah Perlindungan Buruh dan Penciptaan Lapangan Kerja

Senin 19/10/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Undang-Undang Cipta Kerja akan menjadi pedoman bagi tiap sektor terkait untuk mendorong peningkatan perekonomian dan membuka lapangan pekerjaan.   Dengan begitu, angka pen­gangguran di Indonesia bisa ditekan. Tahun 2020, jumlah...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Mengenal LiDar, Sensor Kamera di iPhone 12 Pro

Minggu 18/10/2020 | 15:39
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta- Apple pekan lalu meluncurkan empat model iPhone 12, yang menggunakan teknologi baru seperti sambungan ke jaringan 5G.

Sejak kemunculan iPhone 12, teknologi LiDAR menjadi perbincangan karena disematkan pada kamera di iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max.

LiDAR, atau Light Detection and Ranging sebenarnya bukan barang baru di teknologi kamera untuk ponsel. Apple bukan yang pertama menggunakan LiDAR, Google mengeksplorasi teknologi ini untuk Project Tango.

Sayangnya, ponsel yang menggunakan Tango dari Google tidak berumur panjang, seperti diberitakan laman Cnet, hanya dua ponsel yang menggunakannya, salah satunya Lenovo Phab 2 Pro pada 2017 lalu.



Bagaimana LiDAR bekerja di kamera?
LiDAR merupakan salah satu jenis kamera time-of-flight, ia menggunakan laser untuk memantulkan objek, kemudian kembali ke pusat laser untuk mengukur jarak dengan menghitung waktu perjalanan (atau flight) dari gelombang cahaya.

Ponsel yang menggunakan LiDAR mengirim gelombang cahaya dalam bentuk titik-titik infra merah yang menyebar. LiDAR juga bisa menghitung setiap titik tersebut, kemudian membuat pemetaan lokasi dengan mengukur jarak serta dimensi.

Cara kerja LiDAR mirip dengan teknologi pengenal wajah Face ID, namun, dalam jangkauan yang lebih luas. Pada iPhone 12 Pro, kamera belakang yang dilengkapi LiDAR bisa bekerja hingga jarak 5 meter.

iPhone 12 Pro, dengan teknologi LiDAR, menjanjikan akurasi dan kecepatan fokus dan fotografi dengan fitur night mode. Selain itu, LiDAR juga bisa digunakan untuk mengambil foto tiga dimensi.

Kemampuan LiDAR juga mendukung augmented reality (AR) dan pemindaian tiga dimensi (3D scanning).

Teknologi LiDAR saat ini sudah digunakan di berbagai sektor, bukan hanya untuk ponsel. Seperti sudah disebutkan di atas, perangkat AR antara lain HoloLens 2 menggunakan LiDAR untuk memetakan ruangan sebelum menambahkan objek virtual 3D.

LiDAR juga digunakan untuk mobil otonom, robot dan drone.ant/P-4

Tampilkan Semua

Investor Harus Dibuat Tertarik Terjun ke EBT

Sabtu 17/10/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Dunia telah bertekad untuk mengurangi dampak perubahan iklim. Antara lain mulai digencarkan secara optimal pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT). Indonesia sebagai warga dunia tak mau ketinggalan. Maka pemerintah telah menetapkan...
Selengkapnya

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Doni Primanto Joewono Upayakan Digitalisasi Bansos untuk Pemulihan Ekonomi

Sabtu 10/10/2020 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Digitalisasi bantuan sosial (bansos) bisa menjadi salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk memulihkan ekonomi nasional yang tertekan oleh pandemi Covid-19. Digitalisasi bansos sangat efektif untuk mendorong ekonomi, supaya bansos...
Selengkapnya

Duta Besar Australia untuk Indonesia, Gary Quinlan AO Yakin Indonesia Senantiasa Akan Berada di Tangan Orang-orang yang Sangat Baik

Sabtu 3/10/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Hubungan bilateral Indonesia-Australia telah berlangsung sangat lama, berjalan unik dan mengalami pasang-surut. Namun beberapa waktu lalu, akhirnya, dua “bertetangga” ini berhasil menelorkan kesepakatan atau perjanjian terutama di...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta