24 Daerah Rawan Konflik Pilkada Serentak 2020 | Koran Jakarta
Koran Jakarta | April 4 2020
No Comments
JEDA

24 Daerah Rawan Konflik Pilkada Serentak 2020

24 Daerah Rawan Konflik Pilkada Serentak 2020

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) merilis hasil penelitian berupa Indeks Kerawanan Pemilu (IKP). Sebanyak 24 dari 270 daerah yang akan menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2020, rawan terjadi konflik dan persoalan menyangkut penyelenggaraan pemilu.

“Itu kami pakai untuk mengetahui dan mengidentifikasi, sebagai alat pemetaan dan deteksi dini. Jadi ini bagian dari upaya kami mencegah kerawanan Pilkada. Ada empat dimensi yang kami ukur dalam IKP Pilkada 2020 ini,” kata anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin, di Jakarta, Selasa (25/2).

Afifuddin mengatakan definisi indeks kerawanan dalam laporan tersebut merujuk pada semua hal yang dapat mengganggu dan menghambat pelaksanaan tahapan Pilkada Serentak Tahun 2020. Empat ukuran yang digunakan Bawaslu dalam memprediksi potensi kerawanan Pilkada adalah dimensi sosial dan politik, konteks pemilu yang bebas dan adil, kontestasi, serta partisipasi pemilih.

IKP untuk Pilkada Serentak 2020 tersebut secara garis besar disusun berdasarkan praktik-praktik pelanggaran pemilu sebelumnya, baik Pilkada Serentak 2018 maupun Pemilu 2019. Dalam studi tersebut, Bawaslu mengkategorikan level kerawanan 270 daerah peserta Pilkada Serentak 2020 menjadi tiga kategori yaitu rendah, sedang, dan tinggi. Bawaslu menemukan angka rata-rata prediksi kerawanan sebesar 51,65. ags/Ant/N-3

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment