Koran Jakarta | June 24 2018
No Comments

5 Soft skills yang Perlu Dikuasai Engineer

5 Soft skills yang Perlu Dikuasai Engineer
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan :

Bu Rossa, saya seorang engineer yang baru setahun berkarier. Bagaimana caranya agar saya bisa cepat naik ke jenjang manajerial Bu?

Hamdan, Tangerang

 

Jawaban :

Keterampilan teknis adalah syarat utama bagi seorang engineer, namun soft skill juga sama pentingnya untuk tampil menonjol. Apalagi jika kamu berharap untuk naik jabatan atau melamar pekerjaan engineer. Soft skill adalah yang membedakan dirimu dari pesaing lainnya, terutama saat menulis CV untuk posisi tersebut.

Teknologi dapat membuat dunia ini menjadi lebih sosial, membuka pintu dan menghapus batas geografis untuk kerja sama internasional secara virtual. Agar tetap relevan dan mampu bersaing dalam sebuah bisnis perlu membuka pasar internasional dan kesempatan virtualyang sedang marak. Sangat penting bagi para engineer untuk beradaptasi dengaan cara kerja baru dan lebih bersosialisasi.

Mulailah hari ini dengan mengasah 5 soft skill berikut bagi para engineers:

Kemampuan dalam bersosialisasi

Kami tidak bermaksud membuat kamu terobsesi dengan Facebook atau Instagram. Sebaliknya, menjadi sosial di sini berarti merasa nyaman untuk berbicara dan berinteraksi dengan orang lain. Kemampuan bersosialisasi yang baik bisa membuatmu terhubung dengan orang lain dengan mudah (baik bertemu langsung maupun online), yang bisa memperluas jaringan sosial dan profesionalmu.

Mampu menjaga hubungan yang baik dengan rekan kerja, atasan dan teman-teman merupakan langkah awal untuk menumbuhkan leadershipskills.

Kepemimpinan

Dengan pribadi yang mudah bersosialisasi, kamu secara alami akan mulai mengembangkan keterampilan kepemimpinan untuk mengelola dan memotivasi anggota tim dan rekan kerja. Mampu terhubung dan berhubungan dengan orang lain dengan mudah menjadi penting untuk mendapatkan kepercayaan dan rasa hormat dari orang-orang di sekitarmu.

Sebagai komunikator handal, akan lebih mudah bagimu untuk memanfaatkan keterampilan resolusi konflik untuk mengatur dan memimpin orang. Contohnya keterampilanmu dalam menulis CV.

Kreatifitas

Mempunyai kreatifitas membuatmu melihat solusi yang berbeda untuk berbagai masalah. Dengan berpikiran terbuka, kamu akan lebih bisa menerima ide-ide dan inspirasi baru – sifat yang harus dimiliki untuk menjadi engineer berkinerja tinggi.

Jaga kreatifitas dengan memandang hal dari perspektif yang berbeda dan mengeksplor kemungkinan yang berbeda.

Kolaborasi

Hampir semua proyek engineer melibatkan beberapa spesialisasi & anggota tim yang membuat kolaborasi keterampilan menjadi elemen penting untuk keberhasilan sebuah proyek. Jika kamu sudah punya keterampilan sosial yang baik, akan mudah bagimu untuk bergabung dengan sebuah grup dan bekerja dalam tim.

Memiliki anggota tim dengan perspektif dan keterampilan yang berbeda akan membuat kemajuan proyek dalam berbagai cara, tapi agar proyeknya berjalan lancar, setiap anggota tim harus tetap terbuka dan objektif dalam menghadapi berbagai pandangan dan ide yang berbeda. Disinilah rasa hormat terhadap orang lain menjadi aturan yang utama. Jika kamu sangat menguasai hal ini, tambahkan juga ke dalam CV mu.

Kemampuan beradaptasi

Sama seperti teknologi yang berkembang dengan pesat, begitu juga kekuatan pasar internasional dan tren bisnis yang berkembang lebih cepat dari sebelumnya. Agar tetap efektif, seseorang harus tetap terbuka dan responsif terhadap perubahan lingkungan dan kebutuhan pasar.

Memang penting untuk bersikap tegas dalam memutuskan dan berpegang pada keputusan setelah dibuat, sama pentingnya untuk dapat mengambil langkah mundur dan mengevaluasi apakah suatu perubahan mungkin lebih masuk akal untuk pertumbuhan dan keberlangsungan jangka panjang. Di sinilah fleksibilitas memainkan peran penting dalam mempertahankan keunggulan kompetitif sebuah organisasi.

Sama pentingnya untuk tetap mengikuti perkembangan teknologi di industri Teknik, begitu pula untuk terus mengasah soft skills tersebut jika kamu bercita-cita naik ke jajaran Manajerial atau bahkan melamar pekerjaan baru dalam waktu dekat.

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment