Koran Jakarta | September 23 2019
No Comments
Kebakaran Kapal

53 Penumpang Berhasil Dievakuasi

53 Penumpang Berhasil Dievakuasi

Foto : ANTARA FOTO/Humas Ditjen Perhubungan Laut
Kapal Terbakar I Kapal Ro-Ro KM Santika Nusantara dengan rute Surabaya - Balikpapan, terbakar di Perairan Laut Utara Pulau Masalembo, Jawa Timur. Kamis (22/8) .
A   A   A   Pengaturan Font

SURABAYA – Kapal Motor (KM) Santika Nusantara yang berlayar dari Surabaya menuju Banjarmasin, Kalimantan Sela­tan, terbakar di perairan Masa­lembu, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, pada Kamis (22/8) pukul 20.45 WIB. Kapal penum­pang jenis roll on roll off (roro) itu, menurut informasi meng­angkut 111 penumpang dan 84 unit kendaraan berbagai jenis.

SAR Mission Coordinator (SMC), Prasetya Budiarto di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (23/8), menjelaskan 111 pe­numpang itu terdiri dari 100 orang dewasa, enam anak-anak dan lima bayi.

“Sebanyak 53 penumpang yang berada di perahu penye­lamat telah dievakuasi oleh dua kapal yang berada di dekat loka­si, yaitu KM Bintang Samudera 1 dan KM Dharma Fery 7 menjuju menuju ke Surabaya,” kata dia.

Prasetya menandaskan tersisa 58 penumpang hingga kini masih menunggu proses evakuasi.

Badan Nasional Pencar­ian dan Pertolongan (Basarnas) telah mengerahkan KM SAR Laksamana milik Kantor SAR Banjarmasin dan KM Cunda­mani, milik Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Surabaya, yang sedang berlayar menuju ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi 58 penumpang.

“Kantor SAR Surabaya terus bekerja sama dengan kantor pelayanan Vessel Traffic Service (VTS) Surabaya guna berko­munikasi dengan kapal-kapal terdekat di sekitar lokasi untuk bantuan evakuasi,” ucapnya.

Penumpang Selamat

Direktur Kesatuan Penja­gaan Laut dan Pantai (KPLP), Kementerian Perhubungan, Ahmad, menegaskan seluruh penumpang dan awak kapal KM Santika Nusantara selamat. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

“Api berhasil dipadamkan dan yang tersisa saat ini tinggal asap tebal. Mesin kapal juga su­dah dimatikan total,” katanya.

Juru bicara Basarnas Sura­baya, Tholib Vatelehan, menga­takan jumlah pasti penumpang KM Santika Nusantara masih simpang siur. Hingga kini tim SAR gabungan masih terus me­lakukan pencarian.

Tholib mengungkapkan terdapat dua kapal dari unsur SAR yang masih terus melaku­kan pencarian di sekitar lokasi wilayah perairan Masalembu, yaitu KM Bintang Samudera dan KM Bintang Mutiara.

Kepala Badan Penang­gulangan Bencana Dae­rah Sumenep, Abddul Rah­man Riadi mengatakan KM Santika Nusantara tersebutmengangkut 84 kendaraan serta 162 orang yang terdiri atas 111 penumpang dan 51 anak buah kapal. Dari 162 orang yang ada di kapal itu, 139 di antaranya selamat dan 23 lainnya belum ditemukan. SB/Ant/E-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment