75 Tahun “Holocaust” Diperingati | Koran Jakarta
Koran Jakarta | February 19 2020
No Comments
LINTAS NEGARA

75 Tahun “Holocaust” Diperingati

75 Tahun “Holocaust” Diperingati

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

YERUSALEM - Para pemimpin dunia dan para pe­nyintas Holocaust pada Kamis (23/1) memperingati 75 tahun sejak pembebasan Auschwitz, kamp kematian Perang Dunia II di mana Nazi membunuh lebih dari 1,1 juta orang, kebanyakan orang Yahudi.

Mereka antara lain Presiden Russia, Vladmir Putin, Presiden Prancis Emmanuel Marcon, pemimpin Jerman, Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Mike Pence, dan Pangeran Charles dari Inggris. Acara diadakan di pusat peringatan Holocaust Yad Vashem di Yerusalem, Israel.

Kegiatan tersebut dijaga lebih dari 10.000 polisi, sepertiga dari kekuatan nasional Israel. Peringatan di­hadiri lebih dari 40 pemimpin dunia terdiri dari presi­den, perdana menteri, raja, serta petinggi lainnya. Ini menjadi pertemuan diplomatik internasional terbesar yang pernah diadakan di Israel.

Bersama Perdana Menteri Israel, Benjamin Netan­yahu, para pemimpin akan memperingatkan terhadap kebangkitan antisemitisme di pusat peringatan bagi enam juta orang Yahudi yang dibunuh oleh Nazi Jer­man di kamar gas, ghetto dan kamp kerja paksa.

“Ini merupakan pertemuan bersejarah, tidak ha­nya untuk Israel dan orang-orang Yahudi, tetapi untuk semua umat manusia,” kata Presiden Israel, Reuven Rivlin. Sekitar 100 orang yang selamat dari Holocaust bergabung dalam acara tersebut. Mereka berdoa untuk orang yang tewas dan menyalakan obor peringatan.

Di antara mereka adalah Yona Amit, 81, sebagai seorang anak dia menjalani masa perang dengan ber­sembunyi dari Nazi. Dia kehilangan anggota keluarga, termasuk sepupunya. “Saya bertukar sepatu dengan sepupu, tak lama sebelum dia ditangkap,” kenangnya.

“Mereka langsung dikirim ke Auschwitz. Tentu saja sepupu saya memakai sepatu saya. Dia langsung naik ke cerobong asap, di kamar gas. Sepatu saya ada di gundu­kan besar sepatu-sepatu di Auschwitz. Sepatu saya ada di sana. Saya di sini,” katanya Yona. ang/AFP/G-1

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment