Koran Jakarta | December 11 2017
No Comments

Agar "Wallpaper" Tidak Mudah Mengelupas

Agar

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

Wallpaper membuat dinding lebih memiliiki karakter. Gambar maupun corak wallpaper ikut memberikan nafas dalam interior sebuah ruang. Namun, wallpaper tidak dapat dipasang sembarangan. Mengetahui kondisi dinding merupakan salah satu tahap supaya wallpaper terpasang secara maksimal.

Engelhart Manumpil, desain interior mengatakan kondisi dinding memiliki peanan penting sebelum dilakukan pemasangan wallpaper. “Sebenarnya wallpaper bertahan atau enggak dari segi media dinding, dinding harus sehat,” ujar Engelhart yang ditemui di Jakarta, Minggu (4/6).

Yang dimaksud dinding sehat tidak lain, dinding yang akan digunakan bukan merupakan dinding yang berusia tua yang mengandung banyak air. 

Selain itu, cat yang menempel pada dinding  bukan merupakan cat yang ditumpuk –tumpuk hingga empat sampai lima kali pengecatan. Jika dining sehat, wallpaper dapat bertahan hingga lima tahun bahkan 10 tahun.

Suhu menjadi bagian yang tidak dapat dikesampingkan ketikan menggunakan wallpaper sebagai pelapis dinding. Sirkulasi udara yang tidak baik dapat mengurangi kualitas wallpaper yag terpasang di dinding. 

Termasuk, ruang yang tertutup rapat tanpa ada suhu dari pendingin udara. “Itu, wallpaper jadi cepat rusat,” ujar laki-laki yang memiliki pengalaman dalam bisnis wallpaper sejak 2001. Kerusakan wallpaper biasanya berupa pengelupasan pelapis dinding tersebut.

Bersama dengan penggiat wallpaper dan tiga orang desainer, Engel baru saja meluncurkan wallpaper dengan motif-motif yang mengacu pada flora fauna yang ada di dalam negeri. 

Sebagian motif  dibuat dalam digital printing sedangkan motof lainnya sengaja dilukis.

Produk yang bernaung dalam Sekata Living kerap mengalami kegagalan dalam proses pengerjaannnya. 

Adakalanya motif yang telah ditentukan melebar ketika dituangkan di atas wallpaper, motif yang tidak dapat dibuat di atas wallpaper maupun gambar menjadi melebar ketika wallpaper dipasang di dinding.

Upaya keras yang dilakukan hampir satu tahun sejak brainstroming sejak satu tahun lalu membuahkan hasil. Motif-motif pohon-pohon tropis berserta daun-daunannya serta motif burung jalak balik melapisi dinding bagaikan lukisan. 

“Ke depan, mungkin tema baru akan muncul setiap 6 bulan yang bertaha hanya dalam waktu tiga bulan, “ ujar Deddy Effendy. Sekata Living merupakan label yang terbentuk satu tahun lalu. 

Para anggotanya yang terdiri dari Engelhart Manumpil, Deddy Effendy, Wastuwidyawan, Tara Astari Kasenda, dan Hadistian Emir berkumpul bersama membicarakan ide untuk membuat wallpaper serta karpet. din/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment