Aktuaria Masuk Prodi Favorit | Koran Jakarta
Koran Jakarta | February 26 2020
No Comments
Pendidikan Tinggi

Aktuaria Masuk Prodi Favorit

Aktuaria Masuk Prodi Favorit

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Program studi (prodi) Aktuaria selama tiga tahun terakhir masuk dalam prodi favorit atau banyak di­minati para calon mahasiswa. Ilmu Aktuaria merupakan gabungan antara ilmu tentang peluang, akuntansi, matema­tika, statistika, keuangan, dan pemrograman komputer yang sifatnya bicara data dengan banyak statistik.

“Aktuaria sudah jadi prodi favorit dengan jumlah pendaftar tinggi,” kata Ketua Pelak­sana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LT­MPT), Budi Prasetyo, usai rapat di Kantor Kemendikbud, Jakar­ta, Rabu (22/1).

Budi menyebut beberapa perguruan tinggi yang sudah membuka prodi Aktuaria, antara lain Universitas Indo­nesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Uni­versitas Padjadjaran (Unpad).

Dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dise­lenggarakan LTMPT, prodi Ak­tuaria masuk ke dalam kelom­pok ujian sains dan teknologi (Saintek).

Belum Bergeser

Ia menyampaikan untuk prodi yang sudah lama dikenal masyarakat dan masih menjadi favorit, trennya belum bergeser. Di kelompok saintek, misalnya, prodi kedokteran dan teknologi informasi masih menjadi favorit. “Selain itu bidang teknik juga masih diminati banyak calon mahasiswa, seperti teknik industri, teknik sipil, dan teknik elektro,” tambahnya.

Sementara itu, prodi fa­vorit di kelompok sosial dan humaniora (Soshum) relatif belum bergeser dari ilmu eko­nomi, seperti manajemen dan akuntansi. Kemudian di bidang sosial dan ilmu politik, prodi favorit yaitu hubungan inter­nasional, komunikasi, hukum, dan psikologi juga masih men­jadi favorit.

Budi menekankan meski­pun ada prodi dengan peminat tertinggi pada dasarnya semua program studi bagus. Menurut­nya, setiap individu atau lulu­sannya harus punya nilai tam­bah agar memiliki keunggulan dibanding yang lain.  ruf/E-3

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment