Koran Jakarta | April 23 2019
No Comments
JEDA

Bawaslu: Antisipasi Paparan Air dan Kebakaran Kotak Suara

Bawaslu: Antisipasi Paparan Air dan Kebakaran Kotak Suara

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Badan Pengawas Pemilu RI meminta KPU mengantisipasi atas kemungkinan paparan air dan kebakaran merusak kotak suara Pemilu 2019 yang berbahan dasar karton. Berdasarkan siaran pers Bawaslu RI yang diterima di Jakarta, Selasa (18/12), Bawaslu menyatakan untuk memastikan kualitas kotak suara berbahan karton kedap air hingga pada hari pemungutan suara, tidak cukup hanya dengan memeriksa kotak suara tersebut kuat menahan beban puluhan kilogram.

Menurut Bawaslu, yang lebih penting adalah memastikan kualitas kondisi kotak suara tidak berubah hingga dipakai pada hari pemungutan suara bahkan rekapitulasi suara. Sebelumnya gudang penyimpanan kotak suara milik KPU Kabupaten Badung, Bali mengalami kerusakan. Hujan deras yang terjadi pada 8 Desember 2018 menyebabkan tembok pembatas parit dekat gudang penyimpanan jebol sehingga luapan air masuk ke gudang penyimpanan logistik Pemilu.

Hal ini menyebabkan kerusakan kotak suara dan bilik suara. KPU Kabupaten Badung mencatat, terdapat 2.065 Kotak suara dan 110 bilik suara yang rusak akibat luapan air tersebut dan telah menyampaikan kondisi tersebut ke KPU RI untuk mendapat penggantian. Bawaslu menyatakan telah melakukan pengawasan langsung terhadap kondisi tempat penyimpanan logistik Pemilu di seluruh Indonesia pada 15-18 Desember 2018.

Pengawasan langsung dilakukan dengan memeriksa letak gudang, peletakan kotak suara dan potensi gangguan keamanan di lokasi gudang penyimpanan logistik Pemilu tersebut. Dari hasil pengawasan langsung oleh Bawaslu di 482 Kabupaten/Kota, gudang penyimpanan logistik Pemilu ditempatkan di luar kantor KPU sebanyak 357 lokasi (74 persen) dan 125 gudang penyimpanan di kantor KPU.

Dalam memilih lokasi penyimpanan, Bawaslu menilai KPU telah mempertimbangkan tingkat keamanan dengan memilih gudang yang representatif untuk menjaga logistik suara hingga pemungutan suara. sur/Ant/AR-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment