Koran Jakarta | Informasi Berita Terkini Hari Ini
Koran Jakarta | January 20 2021
iklan koran jakarta

Penyaluran Kredit Baru Bakal Meningkat

Rabu 20/1/2021 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
» Vaksinasi meningkatkan ekspektasi investor di sektor riil akan perbaikan ekonomi pada 2021. » Restrukturisasi kredit per 4 Januari 2021 sebesar 971,1 triliun...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

Penyaluran Kredit Baru Bakal Meningkat

Rabu 20/1/2021 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font

» Vaksinasi meningkatkan ekspektasi investor di sektor riil akan perbaikan ekonomi pada 2021.

» Restrukturisasi kredit per 4 Januari 2021 sebesar 971,1 triliun rupiah merupakan yang terbesar dalam sejarah.

 

JAKARTA – Survei Perbankan Bank Indo­nesia (BI) mengindikasikan penyaluran kredit baru akan meningkat pada triwulan I-2021. Hal itu terindikasi dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) penyaluran kredit baru triwulan I-2021 sebesar 49,4 persen atau meningkat dari 25,4 persen pada triwulan IV-2020.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, dalam kete­rangan tertulis di Jakarta, Selasa (19/1), me­ngatakan permintaan didorong oleh kondisi moneter dan ekonomi, serta relatif terjaganya risiko penyaluran kredit.

Penyaluran kredit baru tersebut diperkira­kan didorong oleh permintaan kredit modal kerja, diikuti oleh kredit investasi, dan kredit konsumsi. Sementara itu, pertumbuhan kredit pada triwulan IV-2020 diperkirakan masih ter­batas, dipengaruhi oleh pertumbuhan kredit investasi.

Meningkatnya permintaan pembiayaan, papar Erwin, juga karena standar penyaluran kredit pada triwulan pertama ini diperkirakan tidak seketat periode sebelumnya. Hal itu ter­indikasi dari Indeks Lending Standard (ILS) sebesar 0,4 persen, lebih rendah dibandingkan dengan 3,2 persen pada triwulan sebelumnya.

“Aspek kebijakan penyaluran yang diper­kirakan tidak seketat triwulan sebelumnya an­tara lain plafon kredit dan jangka waktu kredit,” kata Erwin.

Hasil survei juga mengindikasikan respon­den tetap optimistis terhadap pertumbuhan kredit untuk keseluruhan tahun 2021 dengan perkiraan tumbuh sebesar 7,3 persen secara ta­hunan (year on year/yoy).

Pakar Ekonomi dari Universitas Katolik (Uni­ka) Atmajaya Jakarta, Suhartoko, dalam kesem­patan terpisah menyatakan meningkatnya pe­nyaluran kredit baru pada triwulan I-2021 salah satunya dipengaruhi oleh mulainya vaksinasi untuk menghambat penyebaran Covid-19.

“Vaksinasi telah meningkatkan ekspekta­si investor di sektor riil terhadap perbaikan ekonomi di tahun 2021, ditambah dengan rendahnya suku bunga, sehingga mendorong kenaikan permintaan kredit modal kerja dan investasi,” kata Suhartoko.

Peningkatan juga karena ada persaingan antarbank untuk survive, sehingga mereka berlomba menawarkan insentif bagi debitor. Apalagi di bank, likuiditas cukup melimpah se­hingga memaksa mereka untuk menyalurkan agar memperoleh pendapatan guna membayar biaya pengelolaan dana atau cost of fund.

“Bank melihat ada celah perbaikan ekonomi yang diikuti turunnya risiko kredit macet telah mendorong bank meningkatkan penawaran kreditnya,” kata Suhartoko.

Sementara itu, Pakar Ekonomi dari Universitas Surabaya (Ubaya), Bambang Budiarto, mengata­kan hasil survei dengan SBT 50 persen memang sebagai sinyal penyaluran kredit meningkat.

“Semua belum bisa dilepaskan dari varia­bel Covid-19, namun kini situasainya mulai berubah dibanding awal pandemi yang begi­tu mencekam. Meskipun belum berakhir, ma­syarakat dan pelaku bisnis sudah tidak dalam kondisi psikologis mulai optimistis dan punya ekspektasi dalam berinvestasi,” kata Bambang.

Sebagai implikasinya, para pelaku ekonomi mulai bergairah dan pada akhirnya kebutuhan pembiayaan juga naik. Kondisi tersebut tecer­min pada survei perbankan yang mana permin­taan kredit modal kerja berada di posisi teratas dibandingkan kredit investasi dan konsumsi.

Restrukturisasi Terbesar

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sendiri men­catat nilai restrukturisasi kredit perbankan hingga 4 Januari 2021 sudah mencapai 971,1 triliun rupiah di 101 bank.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Heru Kristiyana, dalam sebuah webinar me­ngatakan permintaan restrukturisasi kredit itu datang dari 7,57 juta debitur yang usahanya terdampak Covid-19.

Mayoritas debitur yang mengajukan keri­nganan kredit adalah pengusaha skala mikro kecil dan menengah sebanyak 5,81 juta dengan nilai kredit 387 triliun rupiah.

Meski dari sisi jumlah debitur UMKM ter­bilang mendominasi, namun secara nominal baki debet terbesar yakni 584 triliun rupiah di­ajukan oleh 1,76 juta debitur korporasi.

“Ini perlu menjadi perhatian karena me­mang sudah cukup besar, ini restrukturisasi paling besar sepanjang sejarah saya menjadi pengawas,” kata Heru. n ers/SB/E-9

Tampilkan Semua

IDI: Tenaga Kesehatan Harus Segera Ditambah

Rabu 20/1/2021 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font
Kasus positif mingguan per 17 Januari terjadi kenaikan kasus sebesar 27,5 persen dibandingkan pekan sebelumnya.   JAKARTA – Ketua Satu­an Tugas (Satgas) Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Zubairi...
Selengkapnya

BANJIR BANDANG DI CISARUA

Rabu 20/1/2021 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
BANJIR BANDANG DI CISARUA I Warga mengamati kondisi pascabanjir bandang yang melanda Kampung Gunung Mas, Tugu Selatan, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/1). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor...
Selengkapnya

Pemerintah Akan Perbaiki Rumah Warga yang Rusak

Rabu 20/1/2021 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
MAMUJU – Pemerintah ba­kal memberikan bantuan untuk perbaikan rumah warga yang terdampak gempa Sulawesi Ba­rat. Presiden Joko Widodo me­ngatakan bantuan yang akan diberikan berbeda-beda nomi­nalnya, bergantung pada...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Mondial

IMF: Ketidakpastian Global Masih Tinggi

Rabu 20/1/2021 | 00:03
A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON – Direktur Pelaksana Dana Moneter In­ternasional (IMF), Kristalina Georgieva, mengatakan lem­baganya sebagai pemberi pin­jaman global membutuhkan lebih banyak sumber daya un­tuk membantu negara-negara yang memiliki banyak utang.

Pasalnya, prospek ekonomi global hingga saat ini masih ti­dak menentu. Kondisi yang ti­dak menentu ini membuat gap antara negara yang kaya dan miskin semakin jauh.

Georgieva telah mengan­jurkan alokasi baru mata uang IMF, yakni Special Drawing Rights (SDRs). Dia mengung­kap IMF akan lebih banyak menggunakan dana untuk mengatasi krisis kesehatan dan ekonomi. Selain itu, IMF akan mempercepat perpindahan ke digital serta ekonomi hijau.

Di bawah kepemimpinan Presiden Donald Trump, IMF te­lah memblokir alokasi SDRs. Pa­salnya, pemerintah AS merupa­kan pemegang saham terbesar IMF. Alokasi SDRs merupakan langkah yang mirip dengan bank sental mencetak uang dan memberikan lebih banyak sum­ber daya ke negara kaya.

Georgieva mengatakan IMF dengan cepat meningkatkan pembiayaan lunak ke pasar berkembang dan ekonomi ber­kembang, termasuk melalui sumbangan dari negara-negara anggota sekitar 20 miliar dollar AS dalam SDRs yang ada.

Menurut Georgieva, pem­biayaan lunak akan terus me­mainkan peran penting, tetapi diperlukan langkah-langkah le­bih lanjut. “Ini menjadi sangat penting, bahkan lebih penting, bagi kami untuk dapat memper­luas kapasitas kami untuk men­dukung negara-negara yang ter­tinggal,” kata Georgieva.

Dia mengatakan alokasi SDRs baru tidak pernah diha­pus oleh anggota IMF. Bahkan menurutnya, beberapa anggota terus membahas sebagai lang­kah yang mungkin dilakukan.

Kemungkinan penjualan emas dari cadangan IMF akan memiliki potensi pembiayaan untuk IMF. Dia mengharapkan anggota G20 untuk memper­panjang moratorium pemba­yaran utang negara termiskin, yang hingga saat ini dijadwal­kan berakhir pada Juni.

Sementara itu, Menteri Ke­uangan Swedia, Magdalena Andersson, sekaligus ketua baru komite pengarah IMF, yang berbicara pada konferensi pers daring bersama Geor­gieva, mengatakan jelas bahwa kebutuhan likuiditas tetap be­sar, dan dia akan berkonsultasi dengan negara-negara anggota mengenai opsi untuk memper­luas likuiditas.

Andersson, orang Eropa pertama yang mengepalai Ko­mite Moneter dan Keuangan Internasional dalam lebih dari 12 tahun dan wanita pertama, memulai masa jabatan tiga ta­hunnya di sini dalam perannya pada Senin (18/1).

Kesenjangan Sosial

Di tempat terpisah, Presiden World Economic Forum (WEF) Borge Brende juga mengingat­kan pandemi Covid-19 tidak ha­nya merupakan krisis kesehatan namun juga memiliki dampak jangka panjang terhadap ber­bagai aspek seperti kesenjangan sosial, ekonomi, dan digital.

“Hampir 100 juta orang di seluruh dunia telah tertular Co­vid-19 dan lebih dari 2 juta ke­matian. Ini salah satu virus pa­ling mematikan dalam sejarah,” katanya dalam acara Pelun­curan Global Risks Report 2021 secara virtual di Jakarta, Selasa.

Brende menyebutkan pan­demi Covid-19 berpotensi mem­bawa sekitar 150 juta orang di dunia masuk ke dalam jurang kemiskinan ekstrim karena ada­nya krisis pengangguran yang dipicu oleh resesi ekonomi da­lam dua tahun ke depan.

Langkah untuk keluar dari potensi risiko itu adalah de­ngan memastikan pertumbuh­an pada tahun-tahun men­datang harus lebih inklusif, berkelanjutan serta mencipta­kan lapangan kerja yang layak.

n SB/AFP/Ant/P-4

Tampilkan Semua

Washington DC seperti Zona Perang Jelang Pelantikan Biden

Rabu 20/1/2021 | 00:02
A   A   A   Pengaturan Font
WASHINGTON DC – Jelang pelan­tikan presiden terpilih Amerika Seri­kat, Joe Biden, dan wakilnya, Kamala Harris, ibu kota Amerika Serikat (AS), Washington DC, dijaga ketat aparat keamanan Garda Nasional. Peng­amanan...
Selengkapnya

Uji Klinis Tahap II, Vaksin EpiVacCorona Buatan Rusia Efektif 100 Persen

Selasa 19/1/2021 | 21:55
A   A   A   Pengaturan Font
MOSKOW- Badan pengawas kesehatan konsumen di Rusia, Rospotrebnadzor, mengumumkan bahwa kandidat vaksin COVID-19 buatan Vector Institute, yang diberi nama EpiVacCorona, terbukti efektif 100 persen jika merujuk pada hasil uji klinis tahap...
Selengkapnya

KBRI Mexico City Promosikan Indonesia di Festival Budaya Feria Internacional de las Culturas Amigas

Selasa 19/1/2021 | 18:27
A   A   A   Pengaturan Font
MEXICO CITY – Di tengah pandemi Covid-19, berbagai festival budaya yang secara rutin diselenggarakan harus berubah dengan format virtual. Hal ini juga terjadi pada Feria Internacional de las Culturas Amigas (FICA) yang diikuti oleh...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
beriklan di koran jakarta
Polkam

Gibran Bantah Terlibat Kasus Dugaan Korupsi di Kemensos

Senin 21/12/2020 | 15:59
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA- Putra Presiden RI Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, membantah adanya informasi bahwa pihaknya terlibat dalam kasus dugaan korupsi bantuan sosial Menteri Sosial Juliari Batubara.

Melalui siaran pers, Jakarta, Senin (21/12), Gibran menekankan bahwa pihaknya tidak pernah ikut campur atau merekomendasikan pengadaan goodie bag dari PT Sritex yang digunakan sebagai wadah paket bansos yang dibagikan Kemensos.

"Tidak benar itu, saya tidak pernah rekomendasikan atau memerintah atau ikut campur dalam urusan bansos, apalagi rekomendasikan goodie bag, tidak pernah. Itu berita tak benar," kata Gibran melalui rilis seperti dikutip dari Antara.

Gibran pun menantang agar semua pihak membuktikan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menelusuri kebenaran isu tersebut.

Selain itu, dia juga meminta agar melakukan pengecekan kepada pihak Sritex.

"Nanti silakan di-crosscheck KPK, crosscheck ke Sritex, sepertinya Sritex juga sudah keluarkan statement, jadi itu berita tidak benar dan tidak bisa dibuktikan. Kalau mau korupsi, kenapa kok baru sekarang, tidak dulu-dulu? Tidak, saya tidak pernah seperti itu," ujar Gibran.

Terkait dengan dana kampanye, Gibran pun mempersilakan seluruh pihak untuk memeriksa secara langsung mengingat laporan itu secara terbuka dan transparan.

"Lho 'kan bisa dicek sendiri, bisa dicek semua LHKPN, dana kampanye bisa semua dicek online. Silakan nanti dicek kepada Bu Roro selaku bendahara tim Gibran, kami tak pernah tutup-tutupi," tutur Gibran.bud/E-9

Tampilkan Semua

. Polisi Ungkap Avsec Bandara Soetta Terkait Kerumunan Massa

Kamis 19/11/2020 | 23:46
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Polda Metro Jaya mengungkapkan Aviation Security (Avsec) Bandara Soekarno-Hatta diklarifikasi terkait protokol kesehatan saat kedatangan kembali Rizieq Shihab di Indonesia. "Kalau yang dari bandara itu kita harus mengetahui...
Selengkapnya

Panglima TNI Beri Ucapan Selamat Atas Pengabdian Korps Marinir

Senin 16/11/2020 | 05:35
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengungkapkan bahwa perjuangan dan pengabdian Korps Marinir telah mewarnai sejarah perjalanan bangsa Indonesia."Saya mengucapkan selamat hari ulang tahun...
Selengkapnya

Tangkap Ikan Secara Ilegal di Pulau Berhala, Kapal Ikan Malaysia Ditangkap Satgas 115

Minggu 15/11/2020 | 17:57
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Tim Satgas 115 berhasil meringkus kapal ikan asing berbendera Malaysia dan dinakhodai oleh warga negara Myanmar, yang tengah menangkap ikan secara ilegal di dekat perairan Pulau Berhala, Sumatera Utara."Waktu kita tangkap, kapal...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
beriklan di koran jakarta
Ekonomi

Bappepti Blokir 1.191 Entitas Situs Pialng Berjangka Ilegal Pada 2020

Selasa 19/1/2021 | 22:22
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA- Kementerian Perdagangan melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) memblokir sebanyak 1.191 domain situs entitas yang tidak memiliki izin usaha sebagai pialang berjangka sepanjang 2020, di mana pemblokiran tersebut dilakukan bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika serta perusahaan tempat pendaftaran nama domain di Indonesia.

“Bappebti secara rutin melakukan pengamatan dan pengawasan terhadap kegiatan perdagangan berjangka untuk melindungi masyarakat dan memberikan kepastian hukum kepada masyarakat dan pelaku usaha di bidang perdagangan berjangka komoditi,” ujar Kepala Bappebti Sidharta Utama lewat keterangan resmi diterima di Jakarta, Selasa (19/1) seperti dikutip dari Antara.

Sidharta berharap, seluruh masyarakat semakin memahami bahwa setiap pihak yang melakukan kegiatan perdagangan berjangka wajib memiliki izin dari Bappebti

Jumlah pemblokiran pada 2020 meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2019, Bappebti memblokir sebanyak 439 domain situs, kemudian 2018 sebanyak 161 domain situs, dan 2017 sebanyak 107 domain situs.

Peningkatan ini menunjukkan pandemi COVID-19 tidak menghalangi Bappebti untuk memberantas kegiatan perdagangan berjangka komoditi tak berizin.

“Di tahun 2020 hampir seluruh dunia terdampak pandemi COVID-19. Kondisi ini mengakibatkan kelesuan ekonomi dan kesulitan masyarakat menjalani aktivitas dengan normal. Dalam kondisi saat ini, Bappebti berharap agar masyarakat tidak mudah percaya dengan penawaran investasi di bidang perdagangan berjangka komoditi yang menjanjikan keuntungan di luar kewajaran yang pada akhirnya malah dapat menyebabkan kerugian,” ujar Sidharta.

Sidharta kembali menegaskan, bagi setiap pihak yang akan melakukan kegiatan usaha di bidang perdagangan berjangka komoditi wajib mendapatkan perizinan dari Bappebti serta tunduk dan patuh terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

“Banyak pihak yang menawarkan kontrak berjangka dan mengaku memiliki legalitas dari regulator luar negeri. Perlu diketahui, setiap pihak yang berkedudukan hukum di Indonesia dan/atau di luar negeri yang belum memperoleh izin usaha dari Bappebti dilarang melakukan kegiatan usaha perdagangan berjangka. Misalnya melalui promosi atau iklan, pelatihan, dan pertemuan mengenai perdagangan berjangka di Indonesia,” tegasnya.

Kepala Biro Peraturan Perundang-undangan dan Penindakan Bappebti M Syist menjelaskan, berdasarkan hasil pengamatan dan pengawasan modus penipuan di bidang perdagangan berjangka komoditi yang sering dilakukan dapat dikategorikan menjadi dua macam.

Pertama, penawaran investasi berkedok kontrak berjangka dan/atau aset kripto. Entitas-entitas tersebut menggunakan internet, SMS, aplikasi percakapan seperti Whatsapp, Telegram, sosial media, dan YouTube untuk menawarkan investasi kepada masyarakat.

Modus dari investasi ini biasanya menjanjikan pemasukan tetap; pembagian keuntungan (profit sharing); serta keuntungan yang tinggi dari transaksi kontrak berjangka, aset kripto, dan atau jual beli aset kripto yang tidak memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Bappebti.

Modus ini juga menggunakan sistem member get member, skema piramida, skema ponzi atau money game, serta dana yang terkumpul hanya berputar di antara anggota tanpa ditransaksikan di bidang perdagangan berjangka komoditi. Prioritasnya fokus menarik anggota baru untuk menutup investasi anggota lama.

“Selain itu, modus ini juga menawarkan paket-paket investasi yang biasanya dibagi ke dalam paket silver, gold, dan platinum. Masyarakat akan diiming-imingi keuntungan antara 5–20 persen atau bahkan lebih besar dalam waktu jangka waktu tertentu. Sistem ini merupakan bentuk penipuan yang tidak akan bertahan lama,” tambah Syist.

Syist juga mengungkapkan, sistem penipuan dapat dilakukan melalui duplikasi situs web dan menggunakan nama perusahaan yang mirip dengan pialang berjangka yang memiliki izin usaha dari Bappebti.

“Perusahaan ini mencatut legalitas palsu dengan menampilkan logo dari lembaga- lembaga pemerintah seperti Kementerian Keuangan, Badan Koordinasi Penanaman Modal, Otoritas Jasa Keuangan, Bappebti, dan sebagainya untuk menarik dan meyakinkan masyarakat. Perusahaan tersebut terkesan sebagai pialang berjangka yang legal. Sehingga, bagi calon nasabah yang tidak jeli, setelah uang ditransfer kemudian akan dibawa kabur,” imbuh Syist.

Kategori modus penipuan selanjutnya yaitu melakukan kegiatan usaha di bidang perdagangan berjangka komoditi tanpa memiliki perizinan dari Bappebti.

Entitas-entitas ini melakukan penawaran situs internet, halaman sosial media (Facebook, Instagram, Twitter, dan Linkedin), dan membuat konten video YouTube untuk memperkenalkan pialang berjangka tak berizin Bappebti tersebut.

Konten tersebut dikemas dengan model podcast, tutorial untuk mendaftar, deposit, bertransaksi, hingga penarikan dana (withdrawal) di pialang berjangka yang tidak memiliki perizinan dari Bappebti.

Modus yang digunakan pada kategori ini yaitu melalui kegiatan perdagangan berjangka komoditi dengan menawarkan kontrak berjangka komoditi, forex, index, opsi, dan aset kripto.bud/E-9

Tampilkan Semua

Antam Ajukan Banding Atas Gugatan Pengusaha Surabaya Terkait Pembelian Emas

Selasa 19/1/2021 | 21:58
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- PT Aneka Tambang Tak (Persero) akan menempuh upaya hukum dengan mengajukan banding atas gugatan pengusaha asal Surabaya, Budi Said terkait pembelian emas di butik logam mulia Antam, Surabaya.“Kami menegaskan bahwa Antam...
Selengkapnya

PUPR Selesaikan Pembangunan 915 Unit Sarhunta di KSPN Mandalika

Selasa 19/1/2021 | 19:04
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelesaikan 915 unit sarana hunian pariwisata (Sarhunta) untuk mendukung pelaksanaan MotoGP di Kawasan Pariwisata Strategis Nasional (KSPN) Mandalika, Nusa Tenggara...
Selengkapnya

Kementan Tetapkan Empat Program Unggulan

Selasa 19/1/2021 | 18:35
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian (Kementan) Momon Rusmono menyampaikan, untuk mencapai pertanian maju, mandiri dan modern, setidaknya Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo telah menetapkan empat strategi...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
beriklan di koran jakarta
Daerah

Februari, KRL Solo-Yogyakarta Diuji Coba

Selasa 19/1/2021 | 21:59
A   A   A   Pengaturan Font

SOLO- PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) akan membuka uji coba Kereta Rel Listrik (KRL) rute Solo-Yogya untuk masyarakat mulai bulan Februari 2021.

"Tanggal 1 Februari masyarakat bisa ikut uji coba, sampai tanggal 7 Februari. Untuk tarifnya sudah ditentukan pak Dirjen (Dirjen Perkeretaapian) sebesar Rp1," kata Direktur Utama PT KCI Wiwik Widayanti pada acara webinar "Hadirnya KRL Solo-Yogya" di Solo, Selasa (19/1).

Ia berharap melalui uji coba tersebut masyarakat dapat mengetahui bagaimana pelayanan di dalam KRL. Sedangkan untuk pelaksanaan uji coba secara terbatas akan dilakukan mulai tanggal 20 Januari.

Menurut dia, pada uji coba terbatas yang akan dilaksanakan hingga tanggal 31 Januari 2021 akan melibatkan instansi pemerintah dan sejumlah mitra kerja.

Sementara itu, kata dia, untuk panjang jaringan KRL Solo-Yogyakarta sendiri kurang lebih 60 kilometer. Sedangkan untuk total perjalanan rencananya akan sebanyak 20 perjalanan/hari dengan waktu tempuh masing-masing sekitar 58 menit.

Untuk stasiun operasional, lanjutnya, pada rute tersebut ada sebanyak 11 stasiun, yaitu Stasiun Yogyakarta, Lempuyangan, Maguwo, Prambanan, Srowot, Klaten, Ceper, Delanggu, Gawok, Purwosari, dan Solobalapan.

Untuk melengkapi pelayanan KRL, kata dia, PT KAI kembali membuka sejumlah stasiun yang sebelumnya tidak melayani pengguna.

"Ini diharapkan mampu mendorong perekonomian di wilayah stasiun di tengah upaya pulih dari pandemi," katanya seperti dikutip dari Antara.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub( Zulfikri mengatakan dipilihnya Solo-Yogyakarta sebagai rute kedua untuk KRL setelah Jabodetabek karena potensi jumlah penduduk yang cukup besar.

"Sehingga layak dikembangkan untuk transportasi massal termasuk aglomerasi. Selain itu, secara teknis kami ada jalur ganda, sehingga kapasitas kami sudah cukup banyak dan layak untuk KRL. Double doubel track juga nanti bisa saja dikembangkan," katanya.bud/E-9

Tampilkan Semua

Investasi Elektrifikasi KRL Yogyakarta-Solo Capai Rp1,2 Triliun

Selasa 19/1/2021 | 21:50
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Investasi elektrifikasi Kereta Rel Listrik (KRL) Yogyakarta-Solo mencapai 1,2 triliun rupiah yang ditargetkan akan beroperasi pada tahun ini.“Anggaran pembangunan elektrifikasi 1,2 triliun rupiah dengan kontrak tahun jamak...
Selengkapnya

Buka Akses Pasca Banjir, Pemkab Barito Utara Kerahkan Alat Berat

Selasa 19/1/2021 | 20:10
A   A   A   Pengaturan Font
MUARA TEWEH-  Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, menurunkan sebuah alat berat jenis exavator mini untuk membuka akses jalan yang terputus dan tertutup tanah pasca banjir bandang yang melanda sejumlah desa di...
Selengkapnya

Mobile Booth MyPertamina Layani Pembayaran Nontunai

Selasa 19/1/2021 | 20:02
A   A   A   Pengaturan Font
MEDAN- Manajemen PT Pertamina (Persero) Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) meluncurkan Mobile Booth MyPertamina di Medan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang menggunakan pembayaran nontunai."Dengan adanya program...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
beriklan di koran jakarta
Otomotif

Toyota Avanza Dipecundangi Honda Brio dan Suzuki Carry Pecu

Minggu 17/1/2021 | 22:46
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA-Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada akhir pekan ini telah merilis hasil penjualan mobil baru secara wholesales sebanyak 532.027 unit maupun retail sales 578.327 unit sepanjang 2020.

Terdapat kejutan pada hasil penjualan sepanjang tahun lalu, yakni hadirnya Honda Brio sebagai mobil dengan penjualan tertinggi, disusul Suzuki Carry. Dua model dari segmen city car dan kendaraan niaga ringan itu menggeser Toyota Avanza yang dikenal sebagai mobil terlaris di Indonesia dalam beberapa tahun belakangan.

Penjualan Honda Brio secara gabungan (tipe Satya dan RS) tercatat sebanyak 40.879 unit, Suzuki Carry sejumlah 38.072 dan Toyota Avanza sejumlah 35.754 unit di urutan ketiga.

Kejutan lainnya adalah Daihatsu Xenia -- kembaran Avanza -- hanya terjual 7.637 unit sepanjang tahun 2020 untuk menempati urutan ke-19 dalam daftar mobil terlaris 2020. Wholesales Xenia bahkan kalah dari Nissan Livina yang tercatat 9.082 unit.

Honda berharap tren penjualan mereka yang positif selama 2020 dapat berlanjut pada 2021, dan mereka akan menyiapkan program penjualan agar dapat mencapai target itu.

"Penjualan Honda di tahun 2020 memang sejalan dengan kondisi pasar yang turun sebagai dampak dari pandemi dan kondisi ekonomi di Indonesia," kata Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy, dalam siaran pers yang dikutip Minggu (17/1) seperti dikutip dari Antara.

"Meskipun demikian, tren pertumbuhan penjualan positif di tujuh bulan terakhir merupakan modal yang baik untuk memasuki tahun 2021. Di tahun ini, kami tetap akan fokus menjaga penetrasi di tengah kondisi pasar yang belum stabil, sambil tetap berupaya menghadirkan program penjualan yang meringankan konsumen untuk melakukan pembelian," kata Yusak.

Kendati tidak lagi menyandang status mobil terlaris, Avanza masih berpredikat low multi purpose vehicle (Low MPV) terlaris di antara pesaingnya. Sebab, pesaing terdekat mereka, Mitsubishi Xpander yang terjual 26.362 unit berada di posisi ketujuh, Nissan Livina 9.082 unit urutan ke-18 dan Suzuki Ertiga di urutan ke-20 sebanyak 7.516 unit.

Di sisi lain, penjualan retail Avanza sebenarnya mencapai 40.728 unit dengan kontribusi 22,3 persen terhadap total penjualan Toyota.

Secara merek, Toyota pun masih berstatus penjualan terbanyak sepanjang 2020.

"Supply wholesales ada di angka 161.256 unit, tapi untuk retail sales yang terserap market sebanyak 182.665 unit," kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmy Suwandi.bud/E-9

Tampilkan Semua

Yamaha Segarkan Tampilan MX King

Jumat 15/1/2021 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA-Yamaha Indonesia mengawali strategi penjualan mereka pada tahun 2021 dengan merilis motor bebek Yamaha MX King dalam versi penyegaran warna.Tiga warna teranyar motor bebek berjuluk "The King of Street" itu adalah Aggressive Red...
Selengkapnya

Budi Luhur dan LIPI Kolaborasi Melahirkan Motor Listrik Bergaya Sporty

Kamis 14/1/2021 | 18:19
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Universitas Budi Luhur yang melakukan kolaborasi bersama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan dibantu oleh Katros Garage lahirkan motor Budi Luhur-Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01) bergaya sport yang 100...
Selengkapnya

Honda Jazz Modifikasi Dipajang di Pameran Virtual Tokyo Motorshow

Kamis 14/1/2021 | 18:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Honda akan memajang mobil modifikasi Honda FIT (dikenal dengan nama Jazz) e:HEV Crosstar dan Honda N-VAN "open café" pada pameran virtual Auto Salon 2021 yang berlangsung Jumat (15/1) besok di Jepang.Melalui keterangan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Telko

Youtube Ujicoba Produk Baru

Minggu 17/1/2021 | 22:45
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA- YouTube dilaporkan sedang menguji fitur baru yang memungkinkan pengguna membeli produk yang mereka lihat di video secara langsung dari platform tersebut.

Penonton akan dapat menemukan dan berbelanja produk yang diunggulkan dalam video YouTube tertentu.

Fitur tersebut, dikutip dari laman Gadgets 360, saat ini sedang diuji oleh platform streaming video itu dengan sejumlah kecil pengguna Android, iOS dan web di Amerika Serikat.

Pembuat konten terpilih yang menjadi bagian dari uji coba ini dapat menambahkan produk tertentu ke videonya yang akan tersedia untuk dibeli melalui ikon tas belanja.

Perusahaan milik Google itu telah membagikan detail tentang fitur baru yang sedang diuji di halaman dukungan Google.

YouTube mengatakan bahwa fitur tersebut akan memungkinkan penonton mendapatkan informasi yang relevan dan opsi pembelian untuk produk yang mereka lihat di video.

Platform tersebut mengatakan sedang bekerja dengan pembuat konten terpilih untuk uji coba ini.

Penonton akan dapat melihat daftar produk unggulan dengan mengklik ikon tas belanja yang akan muncul di sudut kiri bawah beberapa video.

Dari sini, mereka dapat menjelajahi halaman setiap produk, di mana mereka akan menemukan lebih banyak informasi, video terkait dan opsi untuk membeli produk.

YouTube mulai menampilkan iklan Google Shopping kepada pengguna enam tahun lalu, mencoba menjadi etalase digital. Iklan tersebut memungkinkan pengguna untuk berbelanja langsung melalui video.

Pada Oktober 2020, Bloomberg melaporkan bahwa YouTube mulai meminta pembuat konten menggunakan perangkat lunak YouTube untuk menandai dan melacak produk yang ditampilkan dalam video. Data tersebut akan ditautkan ke alat belanja dan analitik Google.

Laporan itu juga menyebutkan bahwa juru bicara YouTube telah mengonfirmasi bahwa platform sedang menguji fitur-fitur dengan sejumlah saluran video secara terbatas, dan pembuat akan memiliki kendali atas produk yang ditampilkan.Ant/E-9

Tampilkan Semua

Facebook Larang Iklan Senjata dan Peralatan Pelindung di AS

Minggu 17/1/2021 | 22:40
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Facebook mengatakan akan melarang iklan aksesori senjata dan peralatan pelindung di Amerika Serikat hingga setidaknya dua hari setelah pelantikan Presiden terpilih AS Joe Biden pada 20 Januari.Langkah tersebut diambil setelah...
Selengkapnya

Infinix - Erafone Siap Buka Gerai di Seluruh Indonesia

Jumat 15/1/2021 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Dengan hasil penjualan yang berkembang cukup pesat membuat Infinix resmi membuka tahun 2021 dengan bekerjasama secara resmi dengan Erafone untuk menyasar pasar offline guna memaksimalkan pelayanan purna jual kepada para...
Selengkapnya

Cloudera Perkirakan Trend Teknologi Asia Pasifik Masih Berbasis Data

Kamis 14/1/2021 | 17:59
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Perusahaan penyedia platform data cloud, Cloudera, memperkirakan trend teknologi tahun ini, khususnya di Asia Pasifik, masih digerakkan oleh data.SE Lead Cloudera Indonesia, Fajar Muharandy, pada jumpa pers virtual, Kamis...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Properti

Surya Internusa Group Luncurkan Subang Smartpolitan

Selasa 22/12/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Setelah sukses mengembangkan kawasan industri Suryacipta City of Industry di Karawang, Surya Internusa Group (SSIA) melalui anak usahanya, PT Suryacipta Swadaya (Suryacipta) telah meluncurkan pembangunan kawasan kota mandiri masa depan yang berkonsep smart & sustainable city bertajuk “Subang Smartpolitan”. 
 
Subang Smartpolitan yang berada di kawasan Rebana Metropolitan ini telah menjadi incaran para pelaku bisnis dari dalam dan luar negeri yang akan mengembangkan usahanya di Indonesia khususnya di koridor timur Jawa Barat.
 
Presiden Direktur Surya Internusa Group, Johannes Suriadjadja, mengatakan Subang Smartpolitan a city made from future dengan konsep smart & sustainable. Kita bangun kota mandiri berkualitas yang selaras dengan visi perusahaan yakni Building a Better Indonesia. Subang Smartpolitan akan menjadi kota modern penuh kreatifitas yang memberikan kontribusi bukan hanya pada kota Subang tetapi juga untuk Indonesia.
 
“Subang Smartpolitan menyediakan infrastruktur berbasis IoT dimana perencanaannya mengedepankan teknologi dan sistem perkotaan yang efisien dan terintegrasi, sehingga Subang Smartpolitan bisa menjadi contoh ideal bagi pengembangan kota mandiri selanjutnya di Indonesia,” kata Johannes dalam keterangan tertulisnya.  
 
Sedangkan, VP Sales & Marketing, Abednego Purnomo menjelaskan definisi “sustainable” pada konsep smart & sustainable kami tidak hanya berkiblat kepada ramah lingkungan, namun “sustainable” disini juga diartikan bahwa setiap investasi/bisnis yang dilakukan di Subang Smartpolitan berjalan berkesinambungan.
 
“Pengalaman kami selama 31 tahun di Suryacipta City of Industry di Karawang telah kami tingkatkan dengan mengadopsi teknologi terkini guna mengedepankan efisiensi dan efektifitas dalam berinvestasi. Sebagai contoh dimana nantinya investor dapat memonitor dan mengontrol operational di Subang Smartpolitan dari kantor mereka di Jakarta, atau bahkan dari kantor pusat mereka di negara asal,” katanya.
 
Abednego juga mengatakan bahwa Subang Smartpolitan juga menerapkan konsep ramah lingkungan (green technology) seperti pengolahan limbah cair Waste Water Treatment Plant (WWTP) yang dimonitor secara  ketat sehingga tidak menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan akibat aktifitas industri di Subang Smartpolitan. 
 
“Untuk limbah cair akan diolah di WWTP hingga limbah yang dikembalikan ke alam sudah dipastikan aman. Untuk limbah padat atau limbah B3 (mengandung zat beracun/berbahaya) akan diserahkan pada pengelola limbah terakreditasi dan bersertifikat, sedangkan limbah rumah tangga akan diangkut oleh petugas kebersihan,” katanya. 
 
Sementara itu, VP Investor Relations & Corporate Communications SSIA, Erlin Budiman, mengatakan Subang Smartpolitan berdiri di atas lahan 2,700 Ha dengan pengembangan tahap pertama 400 Ha termasuk kawasan industri, residensial serta komersial (pendidikan, rumah sakit dan hotel) sehingga menjadikan kawasan ini sebagai cikal bakal kota mandiri masa depan yang tepat untuk aktivitas bekerja, tinggal, belajar serta hiburan.
 
“Ada 2 rumah sakit yang sedang dalam tahap penjajakan, selain itu juga akan dibangun shopping mall, factory outlet, fasilitas hiburan dan olahraga. Dalam kawasan juga akan terdapat danau dan suasana asri dari pepohonan dan taman yang menambah nyaman suasana. Semua kita rencanakan secara matang dan ditargetkan pembangunan tahap pertama rampung dalam 5 tahun” katanya.
 
Seperti yang diketahui bahwa Subang Smartpolitan merupakan pelopor di Rebana Metropolitan, yang memiliki akses langsung melalui tol Cipali, Pelabuhan Patimban, Bandara Kertajati, serta kereta cepat yang bisa dijangkau dengan mudah dari Jakarta. Pembangunan akses tol dari KM 89 Cipali menuju kawasan Subang Smartpolitan yang juga membuka akses langsung ke Pelabuhan Patimban akan dirampungkan pada tahun 2024.
 
Sejumlah investor dari berbagai industri sudah menyatakan tertarik mengembangkan bisnis di Subang Smartpolitan. Ditargetkan di kawasan tersebut akan hadir perusahaan dari sektor otomotif, consumer goods, pharma & medical equipment, high precision industries, IT, data services, logistic, warehouse dan sebagainya. “Berkaca dari pengalaman di Suryacipta City of Industry, perusahaan yang mengisi kawasan industri kami 70% dari perusahaan multinasional dan sisanya perusahaan nasional,” tutup Erlin.  mza
Tampilkan Semua

Topping Off Hotel Episode Serpong

Jumat 28/8/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Hotel Episode merupakan hotel berbintang empat yang terletak di Gading Serpong yang dikenal sebagai kota satelit yang ramai, terletak di lokasi yang strategis karena dekat dengan pusat pameran terbesar di Indonesia yakni ICE...
Selengkapnya

Di Tengah Pandemi, Struktur Pencakar Langit St Regis Selesai Dibangun

Senin 17/8/2020 | 18:58
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Meski sempat terhambat oleh kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) akibat pandemi Covid-19, PT Permadani Khatulistiwa Nusantara (PKN) anak usaha Rajawali Property Group (RPG) akhirnya berhasil menyelesaikan...
Selengkapnya

Ruang Kerja Nyaman saat “Work From Home”

Senin 20/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Skema work from home (WFH) menjadi pola kerja yang banyak dilakukan di tengah wabah Covid-19. Rumah pun mendadak bertambah fungsi sebagai ruang kerja. Untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut, penghuni dapat memanfaatkan berbagai sudut...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Olahraga

Gregoria Lolos ke Babak Kedua Toyota Thailand Open

Selasa 19/1/2021 | 14:47
A   A   A   Pengaturan Font

BANGKOK - Tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung melenggang ke babak kedua Toyota Thailand Open (Thailand Open II) setelah menumbangkan wakil tuan rumah Sirada Roongpiboonsopit.

Pada laga pembuka yang berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Selasa, Gregoria menang dua gim langsung atas pemain baru tersebut dengan skor 21-9, 21-8.

Sejak gim pertama, Gregoria sudah mendominasi permainan. Perempuan berusia 21 tahun itu bermain dengan cepat dan luwes, sehingga poin demi poin segera terkumpul. Sementara itu, tak ada perlawanan berarti dari pemain asal negeri gajah putih tersebut.

Dengan mudah, Gregoria memenangi gim pertama dengan perolehan 21-9.

Masuk gim kedua, Sirada memberikan sedikit perlawan dengan beberapa smes kuat. Kedua pemain itu pun kejar-kejaran angka hingga kedudukan imbang 5-5. Namun selepas itu, Gregoria kembali unggul.

Kali ini, atlet kelahiran Wonogiri itu meningkatkan tempo permainan untuk mengamankan poin-poin. Tak ada lagi celah bagi lawannya untuk menyerang, akhirnya Gregoria merebut gim kedua dengan skor penutup 21-8 sekaligus menyudahi pertandingan dalam 20 menit.

Sirada merupakan pendatang baru di dunia bulu tangkis senior, sehingga belum masuk ke dalam daftar rangking BWF, namun ia mempunyai ranking junior tunggal putri 109 dunia. Sedangkan Gregoria kini menempati peringkat ke-21 dunia.

Pada Thailand Open I pekan lalu, langkah Gregoria terhenti di babak pertama.

Selanjutnya di babak kedua Toyota Thailand Open, tantangan yang amat berat sudah menanti Gregoria. Dia akan berhadapan dengan pemain rangking satu dunia Tai Tzu Ying yang berasal dari Taiwan.

Tai Tzu Ying melangkah ke babak kedua setelah meraih kemenangan atas pemain Thailand Supanida Katethong 21-16, 21-11.

Sebelumnya pemain tunggal putra Shesar Hiren Rhustavito juga melaju ke babak kedua setelah mengantungi kemenangan atas pebulu tangkis tuan rumah Khosit Phetpradab 21-13, 21-13. ion/Ant/S-2

                                                                    

Tampilkan Semua

Anthony Ginting Melaju ke Babak Kedua Toyota Thailand Open

Selasa 19/1/2021 | 14:43
A   A   A   Pengaturan Font
BANGKOK - Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting lolos ke babak kedua Toyota Thailand Open 2021 (Thailand Open II) setelah menyingkirkan pemain India Sourabh Verma, Selasa (19/1). Dalam laga yang berlangsung selama 36 menit di...
Selengkapnya

FIFA Tolak Banding Atletico Madrid Terkait Sanksi Kieran Trippier

Selasa 19/1/2021 | 14:37
A   A   A   Pengaturan Font
PARIS - Badan Sepak Bola Dunia (FIFA) pada Senin menolak banding Atletico Madrid terhadap sanksi 10 pekan yang diberikan kepada Kieran Trippier karena melanggar aturan taruhan di Inggris. Hukuman tersebut membuat bek asal Inggris itu...
Selengkapnya

Chelsea Pinjamkan Danny Drinkwater ke Kasimpasa

Selasa 19/1/2021 | 14:30
A   A   A   Pengaturan Font
LONDON - Gelandang Chelsea Danny Drinkwater resmi bergabung dengan klub Turki, Kasimpasa sebagai pemain pinjaman hingga akhir musim, ungkap The Blues dalam sebuah pengumumannya. Drinkwater gagal mendapatkan waktu bermain reguler di tim...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Perspektif

Banjir di Kalsel

Selasa 19/1/2021 | 13:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pekerjaan mendesak yang harus dilakukan pemerintah di masa mendatang adalah melakukan evaluasi rencana tata ruang wilayah atau pemanfaatan lahan dan hutan di Kalsel secara keseluruhan.

Banjir yang melanda di sejumlah daerah di Kalimantan Selatan, sejak Selasa (12/1), menyisakan pilu dan kesedihan yang mendalam. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat 15 warga meninggal.

Banjir yang menerjang 10 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan ini juga merendam 24.379 rumah. Akibatnya, 39.549 warga terpaksa mengungsi. Rinciannya, antara lain Kabupaten Tapin sebanyak 582 rumah terdampak dan 382 jiwa mengungsi, Kabupaten Banjar 6.670 rumah terdampak dan 11.269 jiwa mengungsi, Kota Banjar Baru 2.156 terdampak dan 3.690 jiwa mengungsi, serta Kota Tanah Laut 8.506 rumah terdampak dengan 13.062 jiwa mengungsi.

Dalam kunjungannya, Senin (18/1), Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut banjir di Kalimantan Selatan itu adalah sebuah banjir besar yang sudah lebih dari 50 tahun tidak terjadi. Menurut Presiden, curah hujan yang sangat tinggi hampir 10 hari berturut-turut mengakibatkan Sungai Barito tidak mampu menampung debit air.

Daya tampung Sungai Barito hanya 230 juta meter kubik, sementara air yang masuk sebesar 2,1 miliar kubik air, sehingga meluap di 10 kabupaten dan kota.

Penyebab banjir di 10 kabupaten/ kota di Kalimantan Selatan tidak bisa hanya dilihat dari derasnya hujan yang turun dan daya tamping sungai. Tata guna lahan yang amburadul juga memicu bertambah parahnya banjir. Kawasan hutan di Kalimantan Selatan telah banyak berubah fungsi menjadi lahan tambang dan perkebunan kelapa sawit.

Di titik–titik banjir dari hulu ke hilir terdapat 177 konsesi tambang, yang meliputi tujuh kabupaten, yaitu Kabupaten Kota terdampak banjir Kalsel. Daerah itu ialah Kabupaten Tapin, Kabupaten Banjar, Kota Banjar Baru, Kota Tanah Laut, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Balangan, dan Kabupaten Tabalong.

Kalimantan Selatan memiliki dua DAS yang menjadi penampung air hujan guna menghindari banjir, yakni DAS Barito dan DAS Maluka. Keduanya berada di area Pegunungan Meratus. Namun, kian tahun deforestasi di wilayah tersebut semakin masif karena adanya konsesi kelapa sawit dan tambang yang terus menjarah tutupan hutan di sana.

Daerah Aliran Sungai (DAS) di Kalimatan Selatan telah kehilangan sekitar 304.225 hektare tutupan hutan sepanjang 2001–2019. Sebagian besar sudah berubah menjadi perkebunan kelapa sawit. Padahal, DAS itu merupakan wilayah yang seharusnya menampung air hujan. Namun karena tutupan hutannya berkurang drastis, kemampuan menampung air menjadi berkurang.

Mengutip data Forest Watch Indonesia dalam laporan “Angka Deforestasi sebagai Alarm Memburuknya Hutan Indonesia”, rasio hutan di Kalimantan hanya memenuhi 47 persen dari total daratan per 2017. Angka deforestasi terus meningkat setiap tahun. Pada tahun 2000, tutupan hutan alam di Kalimantan mencapai 33,2 juta hektare. Kemudian, turun menjadi 28,3 juta hektare tahun 2009, 26,8 juta hektare pada 2013 dan 24,8 juta hektare pada 2017.

Karena itu, pekerjaan mendesak dan sangat penting yang harus dilakukan pemerintah untuk masa mendatang adalah melakukan evaluasi rencana tata ruang wilayah atau pemanfaatan lahan dan hutan di Kalsel secara keseluruhan. n

Tampilkan Semua

PR Kapolri Mendatang

Senin 18/1/2021 | 13:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tantangan utamanya adalah bagaimana Listyo Sigit Prabowo bersama institusinya mampu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di tengah-tengah wabah atau pandemi Covid-19 dan kelesuan ekonomi di masa mendatang. Presiden Joko Widodo...
Selengkapnya

Vaksinasi Mandiri

Sabtu 16/1/2021 | 07:53
A   A   A   Pengaturan Font
Opsi vaksinasi mandiri merupakan jawaban pemerintah terhadap kelompok yang menolak vaksinasi. Meski vaksinasi sudah dilakukan, bukan berarti pandemi Covid-19 sudah akan berakhir dalam waktu dekat. Pemerintah menargetkan program vaksinasi...
Selengkapnya

.Pemakzulan Trump

Jumat 15/1/2021 | 13:00
A   A   A   Pengaturan Font
Trump bisa melakukan hal yang lebih dari ini jika tidak dikendalikan, dan pemakzulan adalah satu-satunya cara untuk mengendalikannya. Mayoritas anggota parlemen (DPR) Amerika Serikat (AS) menyetujui usulan pemakzulan terhadap Presiden...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita perspektif lainnya
Rona

Grup Band New Radicals Akan Reuni

Selasa 19/1/2021 | 17:59
A   A   A   Pengaturan Font

NEW YORK – Grup band rock New Radicals akan melakukan reuni selama sehari saat tampil usai acara pelantikan Joe Biden dan Kamala Harris sebagai Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) yang baru pada Rabu (20/1) waktu setempat.

Reuni New Radicals bisa terjadi setelah mereka diikutsertakan dalam acara penghormatan terhadap mendiang anak laki-laki Biden yang amat menyenangi grup band rock asal Kota Los Angeles ini.

Kiprah New Radicals di blantika musik populer AS amat singkat yaitu antara 1997 hingga 1999, namun lagu single berjudul "You Get What You Give" yang pernah bertengger di jajaran lagu top AS dan mancanegara, bahkan hingga saat ini lagu ini masih sering diperdengarkan di radio-radio.

Saat Beau Biden menderita kanker otak yang mengakibatkannya meninggal pada 2015, pihak keluarga besar Biden menyatakan bahwa lagu ciptaan New Radicals sebagai lagu “kebangsaan” bagi penggugah semangat mereka. Pengakuan ini tertuang dalam buku otobiografi Joe Biden yang berjudul "Promise Me, Dad."

Pesan dari lagu "You Get What You Give" itu ditujukan pada semua orang yang melewati masa-masa sulit, menawarkan pesan pengharapan dan diakhiri dengan seruan untuk melawan penindasan oleh pihak-pihak yang tidak peduli dan berkuasa.

Pihak New Radicals sendiri setuju untuk reuni dan manggung secara langsung dan virtual setelah grup band ini bubar lebih dari 20 tahun karena adanya permintaan dari tim suksesi Biden-Harris.

"Jika ada satu hal di Bumi yang mungkin membuat kami menyatukan band walau hanya untuk sehari, itu adalah harapan bahwa lagu kami bisa menjadi suar cahaya terkecil dalam kegelapan," ucap vokalis dan pendiri grup, Gregg Alexander, pada majalah Rolling Stone, Senin (18/1).

"Warga Amerika tahu di dalam hati mereka bahwa segala sesuatunya akan menjadi cerah kembali dengan pemerintahan baru dan rencana nyata dari vaksinasi (Covid-19) yang sedang dalam berjalan. Itulah pesan dari lagu ini dan dunia akan berhasil (mengatasinya)," pungkas dia. AFP/I-1

Tampilkan Semua

Junaedi Salat, Tinggalkan Dunia Hiburan untuk Menjadi Pendeta

Selasa 19/1/2021 | 14:44
A   A   A   Pengaturan Font
Seniman terkenal pada zamannya, Junaedi Salat, telah pergi menghadap sang Pencipta di Rumah Sakit PGI Cikini, Jakarta Pusat, Senin (18/1) pukul 20:09 WIB. Disebutkan pemeran film Ali Topan Anak Jalanan ini meninggal karena vertigo dan...
Selengkapnya

Virus Korona Lebih Menular Ditemukan di Maroko

Selasa 19/1/2021 | 13:58
A   A   A   Pengaturan Font
RABAT - Kementerian kesehatan Maroko pada Senin (18/1) mengonfirmasi kasus impor pertama varian yang lebih menular virus korona baru yang awalnya ditemukan di Inggris. Varian itu terdeteksi di pelabuhan utara Tangier dalam diri seorang...
Selengkapnya

Izin Vaksin Eijkman-LIPI Awal 2022

Selasa 19/1/2021 | 13:52
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro memperkirakan pemberian izin darurat dan produksi massal vaksin Covid-19 Lembaga Biologi Molekuler Eijkman dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dengan platform...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
beriklan di koran jakarta
Megapolitan

19 Pelanggar Prokes Disanksi Sosial

Selasa 19/1/2021 | 19:00
A   A   A   Pengaturan Font

TANGSEL – Satuan Polisi Pamong Praja Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, mem­berikan sanksi sosial kepada warga yang tertangkap melanggar protokol kesehatan dengan berdoa di pemakaman TPU Jombang Ciputat.

Kepala Seksi Penyelidikan dan Penyidikan Satpol PP Kota Ta­ngerang Selatan Muksin Al Fahri di Tangerang, Senin (18/1), mengatakan jumlah warga yang tertangkap dalam razia protokol kesehatan tersebut berjumlah 19 orang.

Para pelanggar protokol kesehatan tersebut terjaring dalam razia yang dilakukan petugas di Rawa Lele, Villa Bintar dan Puskesmas. Sebagian besar pelanggar terjaring karena tak memakai masker.

“Jadi warga ini terjaring saat berada di pinggir jalan dan ada petugas melakukan patroli. Kemudian kami berikan sanksi sosial berupa berdoa di pemakaman agar bisa menumbuhkan kesadaran dan kepedulian,” ujarnya.

Ia mengatakan para pe­langgar diajak untuk melakukan ziarah di makam dan memanjatkan doa agar terhindar dari Covid-19.

“Ini untuk memberikan kesadaran agar saling peduli. Karena bisa saja warga menularkan kepada yang lainnya dan memiliki kondisi tubuh rentan sehingga menyebabkan kematian. Kita harus saling peduli dengan selalu menjalankan protokol kesehatan,” ujarnya menegaskan.

 

Zona Merah

Kota Tangerang Selatan menjadi salah satu daerah yang masuk kategori untuk melaksanakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berdasarkan ketentuan dari Pemerintah Pusat.

Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany sebelumnya menjelaskan jika ­proses pelayanan ditingkatkan dari hilir ke hulu. Dimana di hilir pemerintah memberikan sosialisasi secara masif untuk menginformasikan penerapan protokol kesehatan. Sementara di hulu menyiapkan ruang-ruang perawatan.

Pihaknya telah menerbitkan surat edaran Wali Kota terkait perketatan itu. untuk pengawasan, Satpol PP akan melakukan patroli untuk memastikan dilapangan berjalan sesuai dengan surat edaran yang ada.

Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie me­nuturkan rate positif saat ini meningkat menjadi lima persen dari sebelumnya di kisaran tiga persen. Begitu juga rate kematian yang mencapai 5,4 persen yang sebelumnya hanya 4,3 persen.

Seperti diketahu, kasus Covid-19 di wilayah Tangerang Selatan terus bertambah. Pada Minggu (18/1), Satgas Covid-19 melaporkan ada 48 kasus baru positif Covid-19.

Dengan penambahan­ ter­sebut, total kasus positif ­Covid-19 di wilayah Ta­nge­rang Selatan berjumlah 4.323. Dari jumlah tersebut, sebanyak 3.524 orang dilaporkan telah sembuh. Angka kesem­buhan ini bertambah 15 dari data ­sehari sebelumnya.

Tampilkan Semua

Sindikat Pemalsu PCR Covid-19 Dibongkar

Selasa 19/1/2021 | 19:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Polres Bandara Soekarno-Hatta meringkus 15  orang sindikat pemalsuan surat hasil tes usap (swab test) polymerase chain reaction (PCR) Covid-19 untuk digunakan sebagai syarat penerbangan. “Total ada 15 orang...
Selengkapnya

Wagub Optimistis Kinerja Pemprov Membaik Adanya Sekda

Selasa 19/1/2021 | 19:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) optimistis kinerja Pemerintah Provinsi (Pmprov) akan membaik setelah memiliki Sekretaris Daerah (Sekda). “Saya kira kinerja ke depan jauh lebih baik...
Selengkapnya

Nindy Ayunda Penuhi Penggilan Polda

Selasa 19/1/2021 | 19:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA -  Penyanyi Nindy Ayunda memenuhi panggilan Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat guna pemeriksaan lebih lanjut atas kasus narkotika yang menjerat suaminya, Askara P Harsono. Kasatres Narkoba Polres Metro Jakarta Barat...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
The Alun-Alun

Venus Smart Mirror dari ICON.AI Debut di CES 2020

Rabu 20/1/2021 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

ICON.AI, pembuat perangkat kecantikan pintar di balik Perangkat Cermin Rias Cerdas Multifungsi All-in-one pertama di dunia, dinobatkan sebagai CES 2020 Innovation Awards Honoree for Venus, Smart Makeup Mirror with Alexa Bawaan.

Melansir laman Trendhunter.com, Venus of ICON.AI adalah cermin rias pintar multifungsi all-in-one yang menampilkan LCD layar sentuh 7 ", built-in Alexa (speaker layar pintar), fungsi diagnostik kulit / AR makeup, lampu suasana meja, lampu cincin LED untuk makeup, selain pengalaman pengguna terbaik dan desain yang berpusat pada pengguna.

Venus adalah perangkat kecantikan inovatif terbaru yang mengintegrasikan kecerdasan buatan dengan berbagai fitur / teknologi untuk industri kecantikan & kosmetik dan pelanggan.

ICON.AI meluncurkan Venus Smart Makeup Mirror with Alexa Built-in di CES 2020, memperkenalkan cara baru yang cerah bagi industri kecantikan dan konsumen untuk bermain dengan riasan, meningkatkan kualitas kulit, dan banyak lagi.

Selain Berfungsi Sebagai Cermin rias dengan lampu cincin LED, cermin pintar all-in-one ini memiliki layar sentuh, fitur diagnostik, dan fungsi rias tambahan.

Seperti biasa, koneksi ke Amazon Alexa memungkinkan untuk melakukan berbagai tugas bebas genggam, yang berpotensi membuat waktu yang dihabiskan untuk merias wajah atau perawatan kulit menjadi lebih berharga untuk mengumpulkan informasi atau mempelajari keterampilan.

Saat Smart Makeup Mirror tidak perlu digunakan untuk keperluan kecantikan, bentuk minimalisnya bisa disulap menjadi lampu meja.

ICON.AI mengungkapkansekilastentangCermin Rias CerdasUnik&Inovatifbarudengan built-in Alexa untuk debut di Consumer Electronics Show (CES) 2020 di Las Vegas, dan akan berada di lokasi di Booth # 50530 Eureka Park, Sands Expo Level 1 & Amazon Alexa Booth sebagai Venetian ballroom C & D, Sands Expo Level 2, Tech West.

Selainitu, ICON.AI akan memamerkan Unique & Innovative Smart Makeup Mirror with Alexa Built-in selama 'Unveiled CES 2020 Las Vegas' sebagai acara media resmi CES di Mandalay.

Venus ICON.AI, Cermin rias cerdas dengan Alexa Built-in, menghadirkan pengalaman pengguna yang luar biasa kepada pelanggan dengan desain yang ramah pengguna,mudah digunakan dengan bentuk minimalis yang bergaya.

Smart Makeup Mirror yang ergonomis menyediakan antarmuka yang mudah digunakan dan menampilkan keanggunan yang bersahaja. Apa yang membuat Venus yang inovatif begitu meyakinkan adalah fungsinya yang multifungsi yang memenuhi kebutuhan rumah tangga modern. arn

Tampilkan Semua

CareOS Memenangkan Kembali CES Innovation Award

Rabu 20/1/2021 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pameran Elektronik show 2021 CareOS, anak perusahaan Baracoda, hari ini mengumumkan bahwa cermin pintar Themis barunya telah dinominasikan untuk Penghargaan Inovasi CES 2021. Didirikan pada tahun 2017, CareOS adalah pusat digital untuk...
Selengkapnya

Masker perawatan kulit NIKE konseptual untuk World Post COVID-19

Rabu 20/1/2021 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Setiap hari, merek mengaburkan batasan industri dan menjelajah ke area baru untuk menciptakan produk yang lebih unik inilah salah satu alasan mengapa kerjasama merek selalu begitu luar biasa, inovatif, dan membawa yang terbaik dari kedua...
Selengkapnya

Coban Telaga Panca Warna Sejuta Keindahan

Selasa 19/1/2021 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Air terjun merupakan sebutan untuk keadaan alam, dimana air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Air terjun biasanya berasal dari mata air di atasnya, jadi tidak mengherankan. Banyak wisata air terjun yang bisa di...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita the alun-alun lainnya
Kupas

Efek Samping yang Ditimbulkan Nyeri, Iritasi, Kemerahan, dan Demam

Rabu 13/1/2021 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Indonesia telah memasuki bulan ke-10 masa pandemi Covid-19. Pemerintah terus berupaya untuk percepatan penanganan pandemi Covid-19 ini. Salah satunya adalah program vaksinasi Covid-19.

 

Vaksin diharapkan menjadi penentu dalam mengatasi pandemi Covid-19 ini. Kendati begitu, meski oto­ritas kesehatan di Indonesia sudah memastikan vaksin aman, masih ada masyarakat yang meragukan bahkan menolak vaksinasi. Hal ini tentu dapat menghambat pena­nganan Covid-19.

Untuk mengupas terkait per­kembangan vaksin, Koran Ja­karta mewawancarai Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (POM), Penny K. Lukito. Berikut petikan wawancaranya.

Bisa Anda jelaskan terkait emergency use authorization (EUA) dalam penerbitan izin vaksin?

Emergency use authorization (EUA) atau persetujuan penggu­naan dalam kondisi darurat untuk vaksin Covid-19 merupakan ke­bijakan yang kami ambil dengan memperhatikan kondisi kedaru­ratan dan merespons kebutuhan percepatan penanganan Covid-19. Semua otoritas regulatori obat di seluruh dunia untuk mengatasi pandemi Covid-19 ini juga mene­rapkan EUA.

Apa saja yang menentukan pe­nerapan EUA ini?

Secara internasional, kebijakan EUA ini selaras dengan panduan WHO, yang menyebutkan bah­wa EUA dapat ditetapkan dengan beberapa kriteria. Pertama, telah ditetapkan keadaan kedaruratan kesehatan masyarakat oleh pemerintah. Kedua, terdapat cukup bukti ilmiah terkait aspek keamanan dan khasiat dari obat (termasuk vaksin) untuk mencegah, mendiagnosis, atau mengobati penya­kit/keadaan yang serius dan mengan­cam jiwa berdasarkan data non-klinik, klinik, dan pedoman penatalaksa­naan penyakit terkait.

Kriteria ketiga, obat (termasuk vaksin) memiliki mutu yang me­menuhi standar yang berlaku serta dan Cara Pembuatan Obat yang Baik. Keempat, memiliki kemanfaatan lebih besar dari risiko (risk-benefit analy­sis) didasarkan pada kajian data non-klinik dan klinik obat untuk indikasi yang diajukan, dan terakhir belum ada alternatif pengobatan/penatalaksanaan yang memadai dan disetu­jui untuk diagnosa, pencegahan atau pengobatan pe­nyakit penyebab kondisi kedaru­ratan kesehatan masyarakat.

Bisa Anda jelaskan terkait proses dari uji klinis fase 3 vaksin Sinovac?

Hasil evaluasi uji klinis fase 3 di Indonesia, Turki, dan Brasil menunjukkan vaksin Sinovac aman. Kejadian efek samping yang ditimbulkan bersifat ringan hingga sedang, yaitu efek samping lokal berupa nyeri, indurasi (iritasi), kemerahan, dan pembengkakan. Selain itu terdapat efek samping sistemik berupa myalgia (nyeri otot), fatigue, dan demam.

Apakah vaksin ini benar-be­nar mampu memberi kekebalan untuk mencegah Covid-19?

Vaksin Sinovac telah menunjuk­kan kemampuan dalam pemben­tukan antibodi di dalam tubuh dan juga kemampuan antibodi dalam membunuh atau menetralkan virus atau imunogenisitas. Ini diihat dari mulai uji klinik fase 1 dan 2 di Tiongkok dengan periode peman­tauan sampai enam bulan.

Pada uji klinik fase 3 di Ban­dung, data imunogenisitas menun­jukkan hasil yang baik. Sampai tiga bulan jumlah subjek yang memiliki antibodi masih tinggi yaitu sebesar 99,23 persen.

Hasil efikasi vaksin Sinovac 65,3 persen apa sudah sesuai?

Memang untuk hasil analisis efikasi dari uji klinik di Bandung menunjukkan efikasi vaksin sebe­sar 65,3 persen. Tapi, hasil tersebut telah memenuhi persyaratan WHO dengan minimal efikasi vaksin adalah 50 persen. Efikasi vaksin sebesar 65,3 persen dari hasil uji klinik di Bandung tersebut me­nunjukkan harapan bahwa vaksin ini mampu untuk menurunkan kejadian penyakit Covid-19 hingga 65,3 persen.

n muhamad ma’rup/P-4

Tampilkan Semua

Tahun 2021 Kemendikbud Tetap Fokus pada Transformasi Pendidikan

Selasa 12/1/2021 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Pendidikan merupakan sektor penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Pada tahun 2020, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan berbagai seri kebijakan Merdeka Belajar sebagai upaya peningkatan...
Selengkapnya

Vaksin Sinovac Tidak Mengandung Bahan-bahan yang Berbahaya

Jumat 8/1/2021 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Pemerintah akan menggelar program vaksinasi Covid-19 pada 13 Januari 2021. Adapun produk vaksin yang disuntikkan yaitu vaksin produksi Sinovac (CoronaVac), dari Tiongkok.   Saat ini, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (POM) masih...
Selengkapnya

Banyak Peserta Lulus SNMPTN Malah Mengambil Sekolah Kedinasan

Kamis 7/1/2021 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Proses penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri (PTN) 2021 jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer Sementara-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2021...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Data Kemiskinan Berantakan

Sabtu 16/1/2021 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi cukup besar. Namun, sekitar 24,79 juta penduduknya masih hidup di bawah garis kemiskinan. Dibutuhkan kepekaan negara dalam memberi solusi untuk mengentaskan kemiskinan agar lebih sejahtera dan mandiri.

Di sisi lain, dampak Co­vid-19 memengaruhi semua lini kehidupan, apalagi masyarakat mis­kin. Mereka rentan baik aspek ke­sehatan, sosial, maupun ekonomi. Ketersendatan aktivitas perekono­mian dan pendapatan masyarakat yang menurun mengakibatkan angka kemiskinan berjumlah 9,78 persen.

Pemerintah berupaya mena­ngani dampak pandemi Covid-19 melalui Jaring Pengaman Sosial dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Bahkan, anggarannya mencapai 695,2 triliun rupiah pada tahun 2020 dan 356,5 triliun pada tahun ini.

Pemerintah melalui Kemen­terian Sosial terus menggulirkan bantuan sosial (bansos) sebagai salah satu jaring pengamangan. Bansos diberikan kepada masyara­kat terdampak ke seluruh pelosok negeri. Bansos penanganan dam­pak Covid-19 diharapkan dapat meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dasar, menjaga daya beli, dan mengge­rakkan roda ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Namun, dalam perkembangan­nya banyak kendala. Salah satunya ketidaksesuaian data dan ket­ersendatan penyaluran. Kemensos tampaknya juga harus mengem­balikan kepercayaan publik usai adanya kasus korupsi dana bansos. Langkah awal pemerintah untuk menjawab tantangan-tantangan bansos maupun upaya peningkatan kesejahteraan sosial dengan melan­tik menteri baru.

Untuk mendalami berbagai per­soalan yang menerpa penyaluran bansos, wartawan Koran Jakarta, Muhamad Ma’rup, mewawanca­rai Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini, dalam beberapa ke­sempatan. Berikut petikannya.

Meski baru menjabat seba­gai Mensos, apa saja tantangan dalam penyaluran bansos pada masa pandemi Covid-19?

Saya mengakui, penyaluran bansos belum optimal. Tapi, itu bu­kan halangan. Malah, kami harus berupaya lebih agar penyalurannya benar-benar sesuai, tepat sasaran, dan berdampak baik bagi masya­rakat.

Beberapa tantangan di antara­nya kurang tercapainya target real­isasi Program Kartu Sembako/Ban­tuan Pangan Non Tunai (BPNT). Ini karena data yang tidak lengkap, sehingga gagal setting wallet-nya. Himpunan Bank Negara (Himbara) tidak berhasil menyalurkan Kartu Keluarga Sejahtera.

Kedua, kurang tercapainya target Bantuan Sosial Tunai (BST). Penye­babnya, kondisi geografis yang sulit di beberapa wilayah penyaluran, sehingga memakan waktu lama dan melebihi masa penyaluran.

Ketiga, pelaksanaan bansos sembako di Jabodetabek terdapat transporter yang sudah mendapat surat penunjukan penyedia barang/jasa (SPPBJ), tapi tidak melaksanakan paket sembako tersebut. Sehingga satuan kerja (satker) tidak bisa membayarkan mengingat adanya tagihan sehingga berpengaruh juga terhadap realisasi transporter atau jasa angkut.

Keempat, kendala pelaksana­an bansos beras bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) ada­lah kondisi geografis adan cuaca ekstrem di beberapa daerah. Selain itu terjadi penundaan penyaluran mengingat daerah tersebut zona merah Covid-19. Kurangnya tenaga angkut muat dan bongkar serta ti­dak tersedianya anggaran kemasan dan pengiriman sampai KPM juga menjadi kendala. Kelima, kendala pelaksanaan bansos PKH. Ini masih adanya KPM non eligible.

Berapa anggaran dan reali­sasinya untuk bansos PEN yang dikelola Kemensos?

Realisasinya mencapai 97,09 persen. Ini dari pagu anggaran sebesar 127 triliun rupiah yang di­kelola Kemensos. Realisasinya 123 triliun rupiah. Adapun penyaluran­nya untuk berbagai program ban­sos lewat bansos sembako Jabode­tabek, BST, bansos tunai bagi KPM, sembako bagi non-PKH, program PKH, bansos beras, dan BPNT.

Data Terpadu Kesejahteraan So­sial (DTKS) sangat penting dalam penyaluran bansos. Bisa dijelaskan kondisi DTKS saat ini?

Kondisinya sekarang terdapat data yang tidak lengkap. Ini menye­babkan bansos tidak tersalur. Kalau data tidak jelas, KKS tidak mungkin tersalur. Belum semua pemerin­tah daerah aktif memverifikasi dan memvalidasi data. Selain itu, masih ditemukan juga adanya KPM ganda.

Ada juga Nomor Induk Kepen­duduk (NIK) tidak valid. Berdasar­kan Surat Keputusan Menteri Sosial Oktober 2020, data saat ini terdapat 83 persen jiwa di DTKS tercatat di Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.

Apa yang akan dilakukan untuk meningkatkan ketepatan data?

Data yang tidak lengkap, seka­rang lagi menjadi konsentrasi saya dengan daerah untuk melengkapi. Sebab tidak terkoneksi dengan NIK. Sekarang ini jadi PR saya.

Pertama, saya akan meminta daerah untuk memeriksa DTKS. Saya akan minta juga daerah untuk pembaruan data.

Lalu, untuk NIK DTKS penerima Kartu Sembako dan BST yang tidak valid akan dikembalikan kepada pemerintah daerah. Sehingga nanti bisa ada koreksi dan pencocokan dengan Dukcapil setempat.

Data kemiskinan masih beran­takan alias tidak sesuai dengan fakta di lapangan. Saya berkomit­men membereskan data kemis­kinan agar ke depan, bansos bisa disalurkan tepat sasaran. Karena itu yang dilakukan pada 2021 memper­baiki data.

Mensos menyebut akan meli­batkan perguruan tinggi. Seperti apa gambarannya?

Saya juga akan melibatkan perguruan tinggi sebagai quality insurance dalam pemutakhiran data. Mereka nanti juga membahas kriteria dan parameter kemis­kinan. Mahasiswa akan terlibat dalam mengawasi pemutakhiran data. Ini sedang dikoordinasikan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebab mereka punya program Kam­pus Merdeka. Semoga harapannya berjalan baik sehingga mahasiswa dapat terlibat.

Kita perlu pihak lain yang men­jamin agar benar. Perguruan tinggi diminta memetakan daerah yang mungkin tidak sama persis dengan daerah lain. Mahasiswa akan me­lihat misalnya kesulitan air bersih. Ada juga laporan dari daerah ke kabupaten/kota dan ke provinsi, lalu ke Mensos. Ada juga verifikasi dari perguruan tinggi.

Mensos akan membentuk formatur parameter kemiskinan akhir Januari agar pada Februari dilakukan pendataan. Ini biar dike­tahui persis konsep dari parameter kemiskinan.

Bagaimana kolaborasi dengan kementerian dan lembaga lain, terkait data?

Arahan Bapak Presiden Joko Widodo memastikan satu data terpadu. Semua kementerian atau lembaga jangan memiliki data masing-masing, sehingga semua bantuan di tiap kementerian dapat terintegrasi dalam satu data.

Selain Kemendikbud, kami juga akan berkoordinasi dengan kementerian lain, di antaranya Kemenkes, Kementerian Ketenagakerjaan, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, serta Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. Harapannya, kita bersama-sama gunakan data yang sama, sehingga ke depan bisa dipetakan. Dengan begitu, penyaluran bansos lebih terukur.

Saat ini sudah dibuat perjan­jian kerja sama dengan Dukcapil terkait pertukaran DTSK dan NIK Dukcapil. Lalu, ada perjanjian kerja sama dengan Badan Penyeleng­gara Jaminan Sosial Kesehatan dan Kemendikbud.

Berapa anggaran peningkatan kualitas data?

Terus terang mendapat ang­garan untuk perbaikan data sekitar 1,3 triliun rupiah. Tapi, mungkin tidak akan gunakan sebesar itu. Saya lebih memilih menugaskan ke lapangan untuk verifikasi data dan dibuat sistem khusus untuk mem­perbarui DTKS tersebut. Setiap bu­lan kami akan pemutakhiran data penerima bansos untuk memasti­kan penerima belum meninggal.

Kita akan lakukan verifikasi lapangan. Bahkan, staf saya kasih surat tugas ke lapangan semua. Saya siap diperintahkan ke mana pun. Tapi saya memang harus buat sistem dulu. Jadi, kenapa saya be­lum berani keluar karena harus me­nyiapkan sistem dulu. Ini petugas-petugas lapangan lagi mengecek.

Selagi menunggu data, apa langkah terdekat agar bansos te­pat sasaran?

Jadi, kondisi saat ini tidak sedikit penerima bansos telah meninggal dunia. Tiap bulan kami melakukan pembaruan data. Hasil Janu­ari, Bank Mandiri temukan tujuh (penerima bansos) meninggal. BNI menemukan 289 (penerima bansos) meninggal. Itu bisa dicek apakah ahli waris masih memenuhi syarat. Kalau tidak, akan pindah ke keluarga lain.

Saat pemberian, bank wajib mengirimkan data secara foto. Kalau yang bersangkutan sakit, harus didampingi ahli waris yang ditunjuk. Ini sudah dikoordinasikan Kementerian BUMN akan dipindah ke PT Pos. Repotnya, wajah penerima dan pendamping yang mengambil. Kami bisa ambil datanya dari bank setiap ada transaksi. Kami tiap Jumat rapat dengan Himbara dan PT Pos untuk mendengarkan laporkan.

Bagaimana cara mencegah ko­rupsi penyaluran bansos?

Kami sudah minta KPK ikut membantu memperbaiki DTKS sebagai basis penyaluran bansos. Saya juga mengirim surat ke KPK, Kejaksaan Agung, Mabes Polri, dan Universitas Indonesia agar mem­bantu memperbaiki permasalahan.

Ada pro dan kontra terkait kebiasaan blusukan di Jakarta. Bagaimana komentarnya?

Terus terang, saya ini kebiasaan berangkat kerja setelah subuh. Saya keluar bertemu dinas kebersihan saat mengontrol kebersihan kota. Jadi, tidak ada niat blusukan. Saya tidak pernah niat blusukan. Ke­jadian itu di jalan. Kalau saya tanya, “Kamu sudah makan atau belum, kan tidak aneh.” Itu kewajiban saya sebagai manusia.

Saya ingin pemulung-pemulung itu juga dapat bantuan karena sela­ma ini mereka tidak dapat bantuan apa pun hanya karena tidak punya alamat. Jadi, saya tidak ada niatan apa pun. Sebab mungkin sebentar lagi saya mati, besok atau mati ka­pan tidak tahu. Tapi niat saya hanya mau membantu.

Di luar bansos, upaya lain me­ningkatkan kesejahteraan sosial warga?

Progam bansos sebisa mung­kin juga menghasilkan tambahan pendapatan. Jadi selain diberi pekerjaan, mereka juga didorong menambah penghasilan. Tidak bisa kita hanya memberi bantuan. Kita juga memberdayakan.

Balai rehabilitasi sosial bisa menjadi salah satu tempat mem­berdayakan masyarakat tidak mampu. Ada tiga kategori orang miskin, hampir, miskin, dan sangat miskin. Yang terakhir ini akan kita angkat. Berat memang, tapi kita akan lakukan bertahap melalui pro­gram pemberdayaan.

Apa upaya meningkatkan balai rehabilitasi sosial?

Ada 41 balai di Kemensos. Sayang kalau hanya untuk tempo­rary, yang sifatnya proyek ini enam bulan selesai. Kita akan mengubah balai untuk pemberdayaan seperti ternak lele dan telur. Lahan sekitar dimanfaatkan untuk tanam sayur-mayur. Dengan begitu, diharapkan dapat menambah pendapatan masyarakat miskin. Kalau kita be­rikan bantuan, teorinya untuk me­ngurangi pengeluaran, sedangkan pemberdayaan untuk menambah pendapatan.

Berapa balai yang akan jadi tempat pemberdayaan?

Balai untuk jadi tempat pem­berdayaan terutama di kota-kota besar, seperti Bekasi, Palembang, Makassar, Sulawesi Utara, hingga Papua. Itu yang akan kita gunakan untuk membuat semacam mini­atur pemberdayaan sehingga nanti warga setempat bisa setop di situ. Mereka tidak harus bekerja ke luar daerahnya. G-1

Riwayat Hidup

Nama : Tri Rismaharini

Tempat, tanggal lahir : Kediri, Jawa Timur, 20 November 1961

Suami : Djoko Saptoadji

Anak : Fuad Bernardi dan Tantri Gunarni Saptoadji

Pendidikan:

  • Sarjana Arsitektur di ITS Surabaya (1987)
  • Magister Manajemen di ITS Surabaya (2002)
  • Doktor Honoris Causa di ITS Surabaya (2015)

Karier:

  • Kepala Seksi Tata Ruang dan Tata Guna Tanah Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya (1997)
  • Kepala Seksi Pendataan dan Penyuluhan Dinas Bangunan Kota Surabaya (2001)
  • Kepala Cabang Dinas Pertamanan Kota Surabaya (2001)
  • Kepala Bagian Bina Pembangunan Kota Surabaya (2002)
  • Kepala Bagian Penelitian dan Pengembangan Kota Surabaya (2005)
  • Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya (2005)
  • Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya (2008)
  • Wali Kota Surabaya (2010-2015, 2016-2020)
  • Presiden United Cities and Local Governments Asia-Pacific (2018-2020)
  • Ketua DPP PDI-P Bidang Pendidikan dan Kebudayaan (2019-sekarang)
  • Walikota Surabaya (2010-2015, 2015-2020)
  • Menteri Sosial (Des 2020-sekarang)

BERBAGAI SUMBER/LITBANG KORAN JAKARTA/AND

Tampilkan Semua

Vaksinasi Kedepankan Prinsip Kehati-hatian

Sabtu 9/1/2021 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pandemi Covid-19 boleh dibilang justru memasuki babak baru. Angka kasus positif Covid-19 terus mengalami peningkatan. Bahkan, beberapa mutasi dari virus Sars-Covid-2 kini telah menjadi ancaman baru, mengingat daya penularannya yang jauh...
Selengkapnya

Utamakan Peremajaan Sawit Rakyat

Sabtu 2/1/2021 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sepanjang tahun 2020 ini, BPDPKS telah menyalurkan anggaran sebesar 2,55 triliun rupiah untuk program peremajaan sawit rakyat (PSR). Dana PSR ini untuk membantu petani sawit meningkatkan produktivitas yang masih rendah. Program mandatori...
Selengkapnya

Goa Maria Kerep 100 Persen Jalankan Protokol Kesehatan

Minggu 27/12/2020 | 13:12
A   A   A   Pengaturan Font
Para pengunjung yang mau ziarah ke Goa Maria Kerep, Ambarawa, Jateng, harus mengikuti prosedur yang ditetapkan pengurus untuk ­menekan persebaran Covid-19. “Kami menjalankan per sesi untuk masuk ke Goa Maria,” kata salah...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta