Koran Jakarta | October 23 2018
No Comments

Daniel Mananta Dukung Petisi #JagaHutan

Daniel Mananta Dukung Petisi #JagaHutan

Foto : kapanlagi
A   A   A   Pengaturan Font

Puluhan artis Indonesia seperti Daniel Mananta, Nadine Chandrawinata, Teuku Rizky atau Kiki (CJR), Sheryl Sheinafia, Indy Barens, Aqi Alexa beserta istrinya Audrey mendukung petisi #JagaHu­tan dengan berpartisipasi dalam sebuah video yang bertajuk "Apalah Arti Sebuah Nama".

Video dengan tautan https:// www.instagram.com/p/ BiWYazmDNaL/?taken-by=hutanituid ini mengajak masyarakat Indonesia un­tuk meminjamkan nama dan mengisi petisi #JagaHutan yang telah diluncurkan di tahun 2017 oleh gerakan Hutan itu Indonesia yang bekerja sama dengan change.org.

Petisi ini ditujukan kepada sejumlah pemimpin negara, ter­masuk Presiden RI, Joko Widodo, dan Menteri Kehutanan dan Ling­kungan Hidup, Siti Nurbaya Bakar untuk menjaga kelestarian hutan Indonesia. Selain itu, penandatangan petisi meminta agar Indonesia memiliki satu hari khusus yang didedikasikan untuk merayakan keindahan dan kekayaan hutan Indone­sia.

Daniel Mananta sangat mengharapkan peningkat­an awareness masyarakat Indonesia lewat adanya hari hutan Indonesia, agar anak-anak muda dan generasi berikutnya pun bisa bersama-sama menjaga hutan In­donesia. “Kalau sampai hari ini anak-anak kecil pada tahu R.A Kartini itu siapa, ya karena ada hari Kartini setiap 21 April. Kita semua tahu hari raya lima agama Indonesia juga karena ada hari khusus untuk merayakannya, jadi bayangkan betapa efektifnya punya hari Hutan Indonesia.” ujarnya dalam rilis yang diterima Koran Jakarta, kemarin.

Pernyataan Daniel Mananta menggelitik Leony Aurora, ketua Hutan itu Indonesia. “Saya jadi membayangkan jika kita punya hari Hutan Indo­nesia dan dari kecil anak-anak bisa belajar apa itu hutan dan siapa penghuninya dengan memakai kostum harimau, pohon, beruang madu, burung cendrawasih, dan macam-macam lagi. Pasti seru dan sangat mendidik!” ujarnya.

Bukan hanya mereka yang tampil di video saja, namun petisi #JagaHutan juga didukung oleh sejumlah influenc­er yang mengajak followers-nya untuk “swipe up” dan menandatangani pe­tisi. Rianti Cartwright, Cathy Sharon, Glenn Fredly, Rikas Harsa, Dayu Hat­manti, Millane Fernandez, David John Schaap, Nina Tamam, Chef Marinka, Nino Fernandez, Endah & Rhesa, As­trid, Arlan, Cas Alfonso, Arina Mocca, Melanie Subono, Timothy Marbun, Prita Laura, dan masih banyak lain­nya. Ajakan ini telah bergulir dari awal Mei dan akan terus berlanjut hingga akhir Mei 2018 nanti.

Petisi #JagaHutan dan gerakan Hutan itu Indonesia juga menda­pat perhatian khusus dari jurnalis senior Andy F. Noya yang membuat satu episode khusus di Kick Andy berjudul “Hutan itu Indonesia.” Di episode ini, beberapa perwakilan Hutan itu Indonesia bisa langsung mengutarakan keinginan ribu­an rakyat Indonesia yang telah menandatangani petisi agar Indonesia memiliki hari Hutan Indonesia ke Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Repu­blik Indonesia, Siti Nurbaya Bakar. ion/S-2

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment