Koran Jakarta | May 23 2018
1 Comment

Desain Favorit di Ruang Minimalis

Desain Favorit di Ruang Minimalis

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Pada dapur minimalis, biasanya, ruangan yang disediakan lebih dibatasi dibandingkan dengan desain dapur lainnya.

Dapur minimalis sangat cocok untuk rumah yang tidak terlalu besar dan hanya memiliki ruangan yang terbatas. Sebenarnya dapur minimalis tidak hanya secara khusus diperuntukkan untuk ruang terbatas, namun ruang yang cukup legapun dapat didesain dengan gaya minimalis dengan cara fokus pada elemen yang paling penting saja.

Jika Anda tertarik dengan gaya dapur minimalis, Akan lebih baik untuk mencari informasi secara lebih detail sehingga Anda tidak akan menyesal jika nantinya dapur Anda selesai disulap menjadi dapur minimalis. Berikut ini adalah beberapa informasi dari kantor desain interior Architectaria mengenai desain dapur minimalis yang wajib Anda ketahui.

Menurut desain interior Arie, desain dapur minimalis adalah desain dapur yang biasanya menerapkan pencahayaan natural kedalam ruangan agar ruangan nampak lebih hidup dan terlihat lebih luas dari segi bentuknya.

Biasanya, desainer interior dapur minimalis menggunakan warna-warna yang sejuk yang dikombinasikan dengan berbagai shade warna putih baik itu di bagian dinding, furniture, maupun lantainya. “Seperti namanya, dapur minimalis menerapkan prinsip minimal pada setiap element dapur untuk menciptakan tampilan yang terlihat lebih modern,” kata Arie.

Furnitur yang diletakkan di dapur harus lah se-minimalis mungkin. Akan lebih baik jika terdapat tempat penyimpanan di dapur yang dapat disembunyikan agar dapur kelihatan lebih luas.

Pada dapur minimalis biasanya terdapat lemari kabinet yang warnanya disesuaikan dengan dinding dapur sehingga penampakannya tidak terlalu menonjol sehingga karakteristik dapur minimalis masih tetap terlihat. Pada dapur minimalis, biasanya ruangan yang disediakan lebih dibatasi dibandingkan dengan desain dapur lainnya.

Jika desain dapur lainnya memiliki banyak perabotan dan furnitur dalam satu ruangan, desain dapur minimalis didesain khusus karena tidak semua perabotan dapat Anda letakkan di dalamnya. Tapi jangan khawatir, karena dapur minimalis mensyaratkan Anda untuk tetap kreatif dalam menyediakan tempat penyimpanan unik yang mampu menampung seluruh perabotan dapur. yun/E-6

Elegan dan Lebih Bersih 

Desain di ruang minimalis menawarkan beberapa manfaat yang tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya. Manfaat yang Anda dapatkan dari desain dapur minimalis adalah perawatannya yang cukup sederhana dan mudah.

Dengan ruangan yang tidak terlalu luas, tentunya Anda akan dengan mudah membersihkan seisi ruangan termasuk perabotan yang ada. Waktu yang dibutuhkan juga akan lebih singkat sehingga Anda dapat melakukan aktifitas lain dengan segera.

Selain itu, desain dapur minimalis lebih terlihat elegan dan bersih karena dapur minimalis cenderung lebih gampang untuk diatur dan tentunya tidak akan ada perabotan yang berantakan di meja konter. Desain dapur minimalis juga mampu menempatkan seluruh benda pada tempatnya terlebih karena ruangan yang terbatas. Dapur minimalis akan membuat sang pemilih rumah lebih teliti dalam memilih perabotan karena mereka harus menghemat tempat.

Walaupun dapur minimalis biasanya terbatas pada segi ruangan, namun dibandingkan dengan desain dapur lainnya, dapur minimalis yang lebih mudah ditata malah cenderung memperlihatkan ruangan yang terlihat lebih luas karena tidak ada barang yang berserakan. Dengan desain yang terbuka dan desain yang terorganisir, dapur minimalis akan membuat suasana hati pemiliknya menjadi lebih baik.

Manfaat lain yang didapatkan ketika Anda memilih desain dapur minimalis adalah waktu dan biaya yang bisa Anda hemat. Karena tidak terlalu banyak ruang yang harus dibersihkan, hidup Anda menjadi lebih mudah karena Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk membersihkan seluruh isi dapur. Biaya yang harus dikeluarkan pun tentunya tidak terlalu mahal karena Anda hanya membutuhkan sedikit perabotan untuk dapur minimalis dirumah Anda.

Karena ruang yang terbatas, otomatis pemilik rumah harus lebih kreatif dan inovatif untuk menciptakan dapur yang terlihat lebih nyaman dan bersih. Tidak hanya dari segi ruang penyimpanan dapur saja yang harus diperhatikan, komposisi interior dan dekorasi dapur juga harus diperhatikan untuk membuat dapur terlihat lebih luas dari yang sesungguhnya.

Warna-warna cerah pada dinding tentu saja sangat dianjurkan untuk membuat ruangan terasa lebih lega. Jangan terlalu banyak menempatkan perabotan besar seperti kabinet dapur dengan desain memanjang ataupun pulau dapur yang berada ditengah-tengah karena hal ini akan membuat dapur terlihat sangat penuh. yun/E-6

View Comments

Firmadi Libra
Selasa 13/2/2018 | 10:01
Saya lebih suka memakai warna abu-abu yang membuat tampilan jadi minimalis

Submit a Comment