Koran Jakarta | Informasi Berita Terkini Hari Ini
Koran Jakarta | October 31 2020
iklan koran jakarta

Harga Pangan Harus Untungkan Petani

Sabtu 31/10/2020 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
» Nilai tukar petani saat ini berkisar 99–102 atau masih jauh dari ideal di level 120. » Jika makin banyak anak muda jadi petani, Indonesia bisa bebas dari...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

Tim SAR Pelabuhan Merak Cari Penumpang Kapal Terjun ke Laut

Sabtu 31/10/2020 | 01:44
A   A   A   Pengaturan Font

LAMPUNG TIMUR - Tim SAR Pelabuhan Merak, Banten melakukan pencarian seorang pria penumpang kapal Ferry KMP Nusa Jaya yang melompat terjun  ke laut saat kapal melaju dari Pelabuhan Merak, Banten menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung, pada Jumat (30/10) siang.

Kepala SAR Pelabuhan Merak, Radmiadi dihubungi Jumat malam dari Lampung Timur mengungkapkan kronologinya, yakni KMP Nusa Jaya berangkat dari Pelabuhan Merak, pukul 13.05 WIB, sampai sekitar Pulau Tempurung pada 13.45 WIB, tersiar kabar ada seorang penumpang laki-laki berusia sekitar 24 tahun melompat terjun ke laut.

"Dari keterangan saksi mata, ada pria seperti sedang bingung menyendiri dan kemudian melompat terjun ke laut dari atas kapal," ujarnya.

Selanjutnya, saksi mata melaporkan peristiwa itu kepada ABK kapal dan diteruskan kepada nakhoda atau kapten kapal.

Kemudian, kapten kapal melakukan manuver untuk mencari penumpang tersebut tapi tidak ditemukan.

"Karena setengah jam dicari-cari tidak ketemu, kapal kembali melanjutkan perjalanan, tapi sebelumnya nakhoda kapal melaporkannya ke petugas pengatur lalu lintas kapal pelabuhan," kata Radmiadi.

Radmiadi mengatakan, tim SAR Pelabuhan Merak dan Basarnas kemudian ke lokasi melakukan pencarian.

"Setelah kami dapat info jatuh, kami bergerak ke lokasi, menyisir di sekitar lokasi, tapi sampai malam tadi belum ditemukan," terangnya.

Mengingat cuaca buruk, pencarian dihentikan dan akan dilanjutkan pada Sabtu pagi.

"Tadi tim rapat pencarian dilakukan besok hari," jelasnya.

Mengenai identitas pria itu, Radmiadi menyatakan Tim SAR belum mengetahui.

"Identitas belum terlacak, dari data penumpang sudah kita cek, tapi belum diketahui yang mana, tapi kemungkinan salah satu di antara 30 penumpang pejalan kaki," jelasnya. Ant/N-3

Tampilkan Semua

Napi Wanita di Tanjung Gusta Medan Diswab Massal

Sabtu 31/10/2020 | 01:22
A   A   A   Pengaturan Font
MEDAN - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sumut, dr Aris Yudhariansyah membenarkan ada pelaksanaan tes usap atau swab test di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Medan, Tanjung Gusta. "Sudah dilakukan swab,"...
Selengkapnya

BPPTKG: Aktivitas Vulkanik Gunung Merapi Meningkat

Sabtu 31/10/2020 | 01:15
A   A   A   Pengaturan Font
YOGYAKARTA - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebutkan aktivitas Gunung Merapi yang berada di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah mengalami peningkatan berdasarkan hasil...
Selengkapnya

Polda Sumut Verifikasi Video Fee Proyek di Humbang Hasundutan

Sabtu 31/10/2020 | 01:06
A   A   A   Pengaturan Font
MEDAN - Personel Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumatera Utara (Sumut) sedang melakukan verifikasi kebenaran video pemberian uang fee terkait sebuah proyek yang berada di wilayah Kabupaten Humbang Hasundutan. Direktur Reserse...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Mondial

Petinggi Militer AS dan Tiongkok Bahas Isu Penyerangan Pulau di LTS

Sabtu 31/10/2020 | 00:03
A   A   A   Pengaturan Font

BEIJING – Juru Bicara Kementeri­an Pertahanan Tiongkok, Wu Qian, mengatakan pimpinan militer Tiong­kok dan Amerika Serikat telah meng­gelar konferensi virtual (video) untuk mengatasi kesalahpahaman (krisis komunikasi) kedua negara terkait dengan Laut Tiongkok Selatan (LTS), pada 28–29 Oktober.

Dialog itu dilakukan setelah ber­kembang isu bahwa AS akan menye­rang pulau-pulau tempat pangkalan militer Tiongkok di Laut Tiongkok Selatan, dengan pesawat tak berawak atau drone.

Perundingan terjadi selang bebe­rapa hari sebelum pemilihan Presi­den AS. Komunikasi ini juga berlang­sung di tengah kunjungan berseri Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Mark Esper, dan Menlu Mike Pompeo ke sejumlah negara di Asia. Esper dan Pompeo mendesak sejumlah negara untuk bekerja sama dengan Amerika Serikat dalam menghadapi ancam­an keamanan yang ditimbulkan oleh Tiongkok.

Langkah Mark Esper dan Mike Pompeo ini mendapat kritikan tajam dari pemerintah Tiongkok. Beijing menuduh Washington sebagai nega­ra bermentalitas Perang Dingin dan pola pikir zero-sum atau menciptakan kemenangan dengan melumpuhkan negara lain.

Menurut Wu, Esper membantah laporan media tentang Amerika Seri­kat yang akan menyerang pulau-pu­lau dan terumbu karang Tiongkok di Laut Tiongkok Selatan menggunakan drone MQ-9 jika pemilihan presiden AS tidak menguntungkan bagi Presi­den Donald Trump

“Esper mengatakan Amerika Seri­kat tidak berniat menciptakan krisis militer dengan Tiongkok,” kata Wu.

Wu berharap AS dapat menepati janjinya, dan mengambil langkah-langkah untuk mencegah mempro­vokasi militer Tiongkok di udara dan laut,” kata Wu.

Wu menambahkan, Tiongkok akan secara tegas melakukan serang­an balasan jika diprovokasi dengan serangan di laut.

Selanjutnya, kata Wu, kedua pim­pinan militer akan bertukar pan­dangan melalui konferensi video lan­jutan tentang bantuan kemanusiaan pada pertengahan November dan tentang keamanan maritim sebelum akhir tahun.

Cegah Krisis

Pentagon tidak mengatakan apa­kah Esper secara khusus mengambil bagian dalam pembicaraan itu. Na­mun, Pentagon mengatakan hal itu adalah kesempatan untuk mencipta­kan prinsip-prinsip untuk mencegah dan mengelola krisis dan mengurangi risiko kekuatan.

“Kedua belah pihak sepakat ten­tang pentingnya membangun me­kanisme komunikasi tepat waktu se­lama krisis, serta kebutuhan untuk memelihara saluran komunikasi re­guler untuk mencegah krisis dan me­lakukan penilaian pascakrisis,” demi­kian pernyataan Pentagon.

n SB/AFP/P-4

Tampilkan Semua

Taiwan Mencatat Rekor Selama 200 Hari Tanpa Covid-19

Sabtu 31/10/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
TAIPEI – Saat sejumlah negara sedang berjibaku meng­hambat laju tingginya penu­laran virus korona (Covid-19), terutama negara-negara di Eropa dan Amerika Serikat Taiwan justru sebaliknya. Center for Disease Control atau...
Selengkapnya

Jepang Larang Impor “Drone” Tiongkok

Sabtu 31/10/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
TOKYO – Pemerintah Je­pang kemungkinan besar bakal melarang impor drone dan komponennya dari Tiongkok. Kebijakan tersebut diam­bil untuk melindungi infor­masi sensitif milik pemerintah yang berpotensi bocor ke...
Selengkapnya

Otoritas Prancis Identifikasi Tersangka dalam Serangan Pisau Mematikan

Jumat 30/10/2020 | 14:44
A   A   A   Pengaturan Font
PARIS - Pihak berwenang Perancis telah mengidentifikasi tersangka dalam serangan pisau yang menewaskan tiga orang di Kota Nice, Prancis selatan. Tersangka telah diidentifikasi sebagai Brahim Aouissaoui, seorang pria Tunisia berusia 21...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Polkam

Sisa Massa Demonstran di Patung Kuda Minta Air dan Rokok ke Petugas Keamanan

Selasa 20/10/2020 | 19:39
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA- Sejumlah orang yang tidak teridentifikasi kelompoknya dan masih berkumpul di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat, meminta air dan rokok kepada petugas keamanan dari TNI dan polisi.

Permintaan itu disampaikan saat diminta untuk membubarkan diri.

"Haus pak haus," kata mereka yang terlihat berperawakan remaja dan rata-rata menggunakan pakaian serba hitam di dekat Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Selasa (20/10).

Petugas dari TNI pun akhirnya meminta petugas keamanan lainnya memberikan air yang diminta oleh para massa itu.

"Mau minum? Aparat tolong beri mereka air dari pinggir. Tapi jangan anarkis," ujar petugas dari TNI yang memimpin anggotanya dari mobil komando seperti dikutip Antara.

Tak lama dari itu massa yang berpakaian hitam-hitam itu meminta awak media yang menggunakan rompi oranye agar mundur dari lokasi berkumpulnya massa.

Petugas dari TNI pun meminta kepada petugas media untuk mundur sehingga dengan cepat awak media pun mundur dari lokasi itu.

Namun permintaan yang terakhir dari massa tak dipenuhi oleh petugas keamanan. Mereka itu meminta rokok kepada para petugas.

"Kami tidak ada yang merokok. Jadi tidak ada rokok. Sudah harap pulang kawan-kawan," ujar petugas TNI.

Massa dari buruh dan mahasiswa telah bubar sejak pukul 16.10 WIB dan 16.30 WIB.bud/E-9





Tampilkan Semua

Ketua MPR Bambang Soesatyo Dorong E-Voting di Pilpres dan Pilkada

Senin 19/10/2020 | 16:59
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong penyelenggaraan pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah bisa segera bertransformasi dari cara konvensional melalui pencoblosan surat suara menjadi menggunakan electronik voting...
Selengkapnya

PWI Menyambangi Kadiv Humas, Polri Bakal Siapkan Rompi Wartawan untuk Liput Demo

Senin 12/10/2020 | 22:50
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Jajaran Pengurus Pusat  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menyambangi Mabes Polri, Senin (12/10. Tujuannya membahas keselamatan wartawan saat meliput aksi demonstrasi di lapangan, serta mencegah terjadinya kekerasan...
Selengkapnya

PWI Sambangi Kadiv Humas, Polri Bakal Siapkan Rompi Wartawan untuk Liput Demo

Senin 12/10/2020 | 22:30
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Jajaran Pengurus Pusat  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menyambangi Mabes Polri, Senin (12/10. Tujuannya membahas keselamatan wartawan saat meliput aksi demonstrasi di lapangan, serta mencegah terjadinya kekerasan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
Ekonomi

Kementan Target Cetak 2,5 Juta Petani

Jumat 30/10/2020 | 20:24
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan bahwa saat ini Kementan memiliki konsentrasi jangka panjang dalam menumbuhkan minat anak muda pada sektor pertanian modern.

Apalagi, kata dia, sektor pertanian sedang memasuki era baru yang memiliki pendekatan online sistem dan kecerdasan buatan (artificial intelligence). Menurutnya, langkah intervensi pertanian baru harus dilakukan agar Indonesia benar-benar maju, mandiri dan berdaulat pangan.

"Di era sekarang, startup dan robot construction sudah menjadi bagian dari pertanian. Dengan begitu digital systeam menjadi pendekatan baru di sektor pertanian masa depan. Anak muda tidak perlu turun ke lumpur, cukup mainkan remot kontrol sudah bisa tanam dan panen," katanya di Jakarta, Jumat (30/10).

Ke depan, Mentan optimistis anak muda mampu menjadi para petani sukses dengan memanfaatkan fasilitas dan bantuan yang ada. Dengan begitu, petani akan terus termotivasi untuk melakukan sebuah ide baru dan inovasi kreatif.

"Kemampuan riset dan teknologi yang kita miliki, pasti modern dan pertanian bisa dilakukan dengan baik," katanya.

Sebagai informasi, saat ini Kementan sudah menetapkan target pencetakan 2,5 juta petani muda untuk jangka waktu 5 tahun ke depan.

Pencetakan ini dilakukan untuk merealisasikan program jangka panjang pemerintah. Upaya ini bahkan sudah dulakukan dengan melakukan kerjasama dengan Kementerian lain dan perguruan tinggi. ers/E-10

 

Tampilkan Semua

PLN Perluas Jaringan Listrik ke Daerah 3T

Jumat 30/10/2020 | 20:21
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Perusahaan Listrik Negara (PLN) berhasil menuntaskan pembangunan Saluran Listrik Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 kiloVolt (kV) yang dijadikan backbone kelistrikan di Sumatera. Direktur Utama PT PLN, Zulkifli...
Selengkapnya

PUPR Pastikan Sistem Irigasi “Food Estate” Mengalir Baik

Jumat 30/10/2020 | 20:20
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau lokasi pengembangan lumbung pangan baru di luar Pulau Jawa atau food estate di Kabupaten Kapuas-Kalimantan Tengah (Kalteng), Jumat (30/10)....
Selengkapnya

AP I Layani 103.506 Penumpang pada Hari Pertama Libur Panjang

Jumat 30/10/2020 | 18:03
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I mencatat trafik penumpang sebanyak 103.506 orang di 15 bandara pada 28 Oktober lalu saat masa arus mudik libur panjang Maulid Nabi. Trafik penumpang tersebut lebih tinggi 23,2 persen...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

Pontianak Bangun Taman Burung

Jumat 30/10/2020 | 14:02
A   A   A   Pengaturan Font

Pemerintah Kota Pontianak, Kalimantan Barat berencana membangun taman burung di kompleks Kolam Renang Ampera di Jalan Ujung Pandang 2, Kelurahan Sungai Jawi, Kecamatan Pontianak Kota.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono,  di Pontianak, Jumat, mengatakan bahwa taman burung itu nantinya bisa menjadi tempat rekreasi alternatif bagi keluarga.

"Harapannya warga Kota Pontianak selain berenang di kolam tersebut, mereka juga bisa refreshing menikmati ruang terbuka hijau beserta taman burung di sana," kata Edi.

Ia menjelaskan bahwa pemerintah akan mengalokasikan dana untuk membangun taman burung dalam anggaran pemerintah tahun 2021. Dana yang dibutuhkan untuk membangun taman burung, ia melanjutkan, menurut perkiraan sekitar Rp1,5 miliar.

Wali Kota mengatakan bahwa pemerintah terus berupaya memperbaiki tatanan kota, termasuk memperbanyak ruang terbuka hijau dan ruang publik, agar Pontianak semakin nyaman ditinggali warga. Ant/G-1

Tampilkan Semua

Dishub Sulsel Fokus Memantau Pergerakan Masyarakat Saat Libur Panjang

Kamis 29/10/2020 | 21:51
A   A   A   Pengaturan Font
MAKASSAR- Dinas Perhubungan se-Sulawesi Selatan fokus memantau pergerakan masyarakat di bandara, pelabuhan dan terminal pada masa libur panjang sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Sulsel.Kepala Dinas Perhubungan Muhammad...
Selengkapnya

BSM Tambah 7 Unit ATM di Aceh

Kamis 29/10/2020 | 21:41
A   A   A   Pengaturan Font
ACEH BESAR- Bank Syariah Mandiri (BSM) Area Banda Aceh menyatakan akan menambah tujuh unit layanan ATM Setor Tarik BSM yang akan ditempatkan di sejumlah lokasi di provinsi setempat.“Alhamdulillah saat ini sudah ada satu unit yang...
Selengkapnya

Penumpang di Sulsel Naik 20 Persen Selama Libur Panjang

Kamis 29/10/2020 | 21:39
A   A   A   Pengaturan Font
MAKASSAR- Dinas Perhubungan Sulawesi Selatan memprediksi jumlah penumpang di bandara, pelabuhan ataupun terminal akan naik sebesar 20 persen selama masa libur panjang.Kadis Perhubungan Sulsel Muhammad Arafah di Makassar, Kamis (29/10)...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Otomotif

Kendaraan Sel Berbahan Bakar Sel Semakin Populer di Korsel

Jumat 30/10/2020 | 13:58
A   A   A   Pengaturan Font

SEOUL - Hyundai Motor Company (HMC) menyatakan pada Jumat (30/10) bahwa sepuluh ribu unit mobil Hyundai Nexo telah terjual di dalam negeri Korea Selatan (Korsel).

Hyundai Nexo adalah kendaraan SUV (sport utility vehicle) berbahan bakar sel yang resmi dijual ke pasar pada 2018 dengan tujuan agar Hyundai dapat memimpin pasar mobil berbahan bakar sel.

Pada 2020, Hyundai menargetkan penjualan 10.100 unit Nexo di dalam negeri dan berfokus pada penjualan untuk perusahaan dan organisasi publik. Penjualannya melonjak dua kali lipat jika dibandingkan tahun lalu yang mencapai 4.194 unit.

“Selain itu, penjualan global untuk Nexo juga dilaporkan telah melebihi sepuluh ribu unit pada Juli tahun ini,” ungkap Hyundai seperti dilansir kantor berita KBS, Jumat.

Selain itu, Hyundai mengatakan akan mengembangkan lebih banyak kendaraan komersial dengan bahan bakar sel, seperti truk dan bus untuk memperkuat posisi terdepan di bidang kendaraan hidrogen.

Hyundai bertujuan untuk membangun fasilitas produksi yang mampu menciptakan 50.000 kendaraan bahan bakar sel dalam setahun hingga 2030. Pihaknya juga menargetkan penjualan 200.000 sistem bahan bakar sel hidrogen dalam setahun di pasar global pada tahun yang sama.

Pada 2019, Korea Selatan menguasai 52 persen pangsa pasar listrik sel bahan bakar hidrogen global, diikuti oleh Amerika Serikat dengan pangsa pasar 29 persen, Jepang dengan 9,7 persen, dan Eropa dengan 6,5 persen. I-1

Tampilkan Semua

Toyota Recall 5,84 Juta Unit Karena Pompa Bahan Bakar Bermasalah

Jumat 30/10/2020 | 07:20
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Toyota Motor Corp pada Rabu (28/10) mengumumkan bahwa total kendaraan mereka yang ditarik (recall) karena masalah pompa bahan bakar mencapai 5,84 juta unit di seluruh dunia.Dilansir Reuters, raksasa otomotif Jepang itu...
Selengkapnya

VW Kembangkan Solusi untuk Mengatasi Baut Mesin yang Kendur

Jumat 30/10/2020 | 07:20
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Baut mesin yang mudah kendur dan menyebabkan kebocoran bahan bakar berpotensi menimbulkan kebakaran kendaraan. Dalam email ke Consumer Reports, VW mengaku belum mendapatkan laporan adanya cedera, tabrakan, atau kerusakan...
Selengkapnya

Ford Bukukan Laba Bersih 2,4 Miliar Dollar AS pada Q3-2020

Jumat 30/10/2020 | 07:10
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Produsen mobil AS Ford menunjukkan kinerja yang kuat di tengah pandemi Covid-19, dengan membukukan laba bersih 2,4 miliar dollar AS pada kuartal ketiga tahun ini setelah berhasil menjual 1,178 juta unit kendaraan.Dengan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Telko

Infinix Hot 10 Resmi Di Luncurkan Di Indonesia

Selasa 20/10/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Penjualan yang sukses pada seri-seri produk smartphone sebelumnya, kini membawa Infinix menjadi salah satu smartphone yang banyak dicari. Terbukti dari pencapaiannya sebagai TOP 1 Brand Smartphone Terlaris pada 9 September 2020 lalu di platform e-commerce Lazada Indonesia.
 
Melalui peluncuran online secara livestreaming pada hari Senin (19/10) kemarin di social media INFINIX dan Aplikasi Lazada, INFINIX HOT 10 akhirnya resmi di perkenalkan di Indonesia sebagai salah satu produk terbaru dari INFINIX Indonesia. 
 
“Dengan spirit baru dari INFINIX Indonesia yaitu Take The Lead, maka yang kami harapkan para anak muda di Indonesia bisa menjadi pemimpin dalam setiap pertandingan yang mereka jalani, baik itu di kantor, di sekolah, di rumah atau dimanapun mereka berada. Ini adalah saatnya untuk para anak muda di Indonesia agar bergerak maju dan menjadi leader, dimana dengan support dan inovasi dari INFINIX, pengguna bisa tetap produktif dengan spesifikasi ter up to date namun dengan harga yang terjangkau. Hal itu juga yang akhirnya membawa Infinix dengan bangga memperkenalkan INFINIX HOT 10 secara resmi di Indonesia. Seri HOT yang diyakini menjadi seri yang paling laris dan ditunggu banyak penggunanya ini memiliki spesifikasi yang #ANTIKALAH karena memiliki performa berbeda dari seri HOT sebelumnya. Jelas Sergio Ticoalu, Country Marketing Manager Infinix Smartphone Indonesia.
 
Infinix HOT 10 memiliki chipset khusus untuk gaming yakni Helio G70. Chipset ini menjadi yang pertama disematkan pada seri HOT dari Infinix. Tidak hanya itu, spesifikasi lainnya untuk mendukung pengalaman gaming yang makin seru juga sudah lah sangat lengkap pada Infinix HOT 10 seperti  layar dengan luas 6.78 Inch Punch Hole Display, dimana layar ini sendir