EBT Pangkas Risiko Kesehatan Hingga 80 Persen | Koran Jakarta
Koran Jakarta | December 9 2019
No Comments
LINTAS NEGARA

EBT Pangkas Risiko Kesehatan Hingga 80 Persen

EBT Pangkas Risiko Kesehatan Hingga 80 Persen

Foto : AFP/PASCAL POCHARD-CASABIANCA
ENERGI TERBARUKAN | Seorang pria sedang mengabadikan ladang panel surya yang ada di Giuncaggio, Prancis, pada awal Oktober lalu. Tim pakar dari Potsdam Institute for Climate Impact Research pada Selasa (19/11) mengungkapkan bahwa energi baru terbarukan (EBT) bisa memangkas dampak risiko kesehatan akibat polusi udara hingga 80 persen pada pertengahan abad ini.
A   A   A   Pengaturan Font

PARIS – Para pakar pada Selasa (19/11) menyatakan bah­wa pengalihan terhadap sumber tenaga pembangkit energi baru terbarukan (EBT) bisa memangkas dampak risiko ke­sehatan akibat polusi udara dari sumber tenaga pembang­kit konvensional hingga 80 persen pada pertengahan abad ini. Fakta ini dibeberkan oleh tim pakar dari Potsdam Insti­tute for Climate Impact Research yang menggunakan mo­del iklim dan efisiensi energi untuk menghasilkan 3 skena­rio dekarbonisasi sektor tenaga pembangkit pada 2050, se­perti dipublikasikan pada jurnal Nature Communications.

“Ada keuntungan yang amat besar jika perubahan kebi­jakan iklim bisa berkontribusi memangkas dampak dari ke­sehatan manusia,” kata peneliti bernama Gunnar Luderer.

Dalam jurnal tersebut, para tim pakar itu mengkombi­nasikan perhitungan antara indeks kesehatan manusia de­ngan analisa tingkat emisi pembangkit energi dan dampak­nya terhadap rentang hidup manusia. Ternyata mereka mendapati skenario bahwa mayoritas sumber energi yang berasal dari EBT untuk produksi listrik, bisa memangkas dampak buruk terhadap kesehatan hingga 80 persen diban­dingkan dengan produksi energi yang amat menggantung­kan pada energi fosil. SB/AFP/I-1

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment