Gempa Kuat 7,2 SR Guncang Kepulauan Kuril | Koran Jakarta
Koran Jakarta | April 4 2020
No Comments
LINTAS NEGARA

Gempa Kuat 7,2 SR Guncang Kepulauan Kuril

Gempa Kuat 7,2 SR Guncang Kepulauan Kuril

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

MOSKWA - Sebuah gempa dahsyat dengan kekuatan 7,2 skala Richter (SR) mengguncang Kepulauan Kuril di Russia pada Rabu (25/3). Akibat guncangan gempa itu menyebabkan warga lokal segera mencari tempat tinggi karena takut akan datangnya tsunami.

“Pusat gempa berada 210 kilometer tenggara Kota Severo-Kurilsk di Paramushir yang memiliki populasi 2.500 jiwa di Kepulauan Kuril,” demikian pernyataan Kementerian Keadaan Darurat Russia seraya menyatakan tak ada korban jiwa dan kerusakan akibat gempa kuat itu. Akibat gempa memang terjadi tsunami dengan ketinggian 50 sentimeter dan Kementerian Keadaan Darurat Russia meminta agar warga lokal tetap berlindung di tempat yang aman karena ancaman tsunami bisa terjadi kapan saja.

“Keamanan warga merupakan prioritas utama kami,” kata Gubernur Sakhalin, Valery Limarenko. Dinas Pemantau Gempa Amerika Serikat, USGS mencatat gempa di Kepulauan Kuril mencapai 7,5 SR dengan kedalaman 59 kilometer dan lokasi pusat gempa sekitar 1.400 kilometer dari timur laut Kota Sapporo, Jepang.  SB/AFP/I-1

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment