Koran Jakarta | May 23 2018
No Comments
Kontestasi Pemilihan

Gunakan Hak Pilih dalam Pilkada-Pemilu

Gunakan Hak Pilih dalam Pilkada-Pemilu

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Madiun - Wakil Ketua MPR dari Fraksi-PKS, Hidayat Nur Wahid (HNW) menegaskan, rakyat Indonesia diberi kedaulatan penuh oleh UUD 1945 untuk menggunakan hak pilihnya dalam menentukan pemimpinnya. Mestinya menghadapi tahun politik ini, rakyat harus menentukan pilihannya dengan tidak golput alias golongan putih atau tidak mau memilih Sebab jika rakyat memilij golput justru makin menambah masalah dalam menentukan pilihan yang sesuai kehendak rakyat.

Kesempatan yang hanya lima tahun sekali itu hilang sia-sia. “Menyambut tahun politik ini, mestinya rakyat betul-betul menggunakan hak pilihnya dan jangan lah rakyat memubdazirkan hak pilihnya dengan golput,” ujar HNW dalam pemaparannya di Depan Pengurus dan Anggota Yayasan Bina Insan Muslim, di Hotel Merdeka, Madiun, Jawa Timur, Kamis (19/4).

Oleh karena itu ia meminta rakyat Indonesia dalam menghadapi Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu serentak 2019 betul-betul menggunakan kedaulatannya berupa hak pilih yang dimilikinya dengan menggunakan akal sehatnya, hati nurani serta langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Lebih jauh, mantan Ketua MPR itu mengingatkan, dalam konteks pemilihan, rakyatlah sebagai penentu masa depan Indonesia. Sehingga dengan begitu, hendaknya rakyat menjadi bagian dari pemotong lingkaran setan pesimisme, lingkaran setan korupsi dan lingkaran setan penyalahgunaan kewenangan yang bisa saja terjadi oleh pejabat yang kemungkinan terpilih dengan cara yang tidak sesuai dengan prinsip-prinsip kedaulatan rakyat.

“Jadi kalau rakyat ingin melakukan perubahan, tahun politiklah saatnya mereka bijak menentukan pilihannya,” pungkas HNW. Dan yang paling penting, untuk menjaga agar kedaulatan rakyat ini tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, dengan melakukan praktik manipulasi, intimidasi dan money politic, sehingga ia meminta kedaulatan rakyat dalam hal pemilihan ini disosialisaikan lebih gencar oleh perintah. rag/AR-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment