Jabar Berusaha Dapat Parasamya Purnakarya Nugraha | Koran Jakarta
Koran Jakarta | September 23 2017
No Comments
suara daerah

Jabar Berusaha Dapat Parasamya Purnakarya Nugraha

Jabar Berusaha Dapat Parasamya Purnakarya Nugraha

Foto : koran jakarta / teguh rahardjo
A   A   A   Pengaturan Font

Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Jawa Barat (Jabar) jatuh pada 19 Agustus 2017. Apel besar seluruh aparatur sipil negara berlangsung Sabtu (19/8), di Lapangan Gasibu Kota Bandung. Setiap kabupaten dan kota di Jabar mengirimkan perwakilan 100 aparatur sipil negara, termasuk bupati dan wakilnya serta wali kota dan wakilnya untuk mengikuti upacara.

Peringatan HUT Jabar tahun ini dilakukan sederhana, namun tidak meninggalkan kesan sakral, sesuai dengan kondisi saat ini yang belum pantas jika peringatan dilakukan dengan mewah. Untuk mengetahui apa saja yang telah dilakukan selama ini, wartawan Koran Jakarta, Teguh Rahardjo, berkesempatan mewawancarai Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan, di Bandung, Sabtu (19/8). Berikut petikan selengkapnya.

Bapak sudah dua periode memimpin Jabar. Bagaimana perkembangan Jabar selama sembilan tahun terakhir?

Berdasarkan data dan fakta telah mengalami perubahan lebih baik, khususnya dalam kurun waktu sembilan tahun terakhir. Seperti naiknya Indeks Pembangunan Manusia, indeks pendidikan, indeks kesehatan, indeks daya beli, serta angka makro pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen lebih, termasuk angka partisipasi sekolah, khususnya SMA dan SMK yang dikelola pemprov dari 850 ribu siswa, kini di angka dua juta siswa SMA dan SMK.

Itu angka secara makro, secara mikro atau riilnya bagaimana?

Tentu saja yang paling kami inginkan seluruh peningkatan tersebut hadir pada angka mikro nantinya. Pembangunan yang telah dilakukan berorientasi pada tiga angka mikro yang paling penting, yaitu pembangunan harus berhasil menurunkan kemiskinan, pengangguran, dan pelestarian lingkungan.

Alhamdulillah, angka kemiskinan sudah turun dari angka 13 persen sekarang tinggal sekitar 8 persen. Lalu, pengangguran turun dari 12 persen sekarang jadi 3 persen lebih. Ada penurunan yang signifikan. Indeks gini rasio juga turun, kesenjangan yang kaya dan miskin tidak terlalu jauh di Jabar.

Sembilan tahun ini prestasi yang diakui oleh pemerintah pusat apa saja?

Dalam kurun waktu sembilan tahun ini pun, Pemprov Jabar berhasil meraih 234 penghargaan tingkat nasional dan internasional. Ini merupakan prestasi yang diraih oleh seluruh pihak, termasuk masyarakat, gubernur hanya kebagian populernya saja.

Beberapa prestasi yang dinilai secara menyeluruh dan menggambarkan kondisi Jabar, yaitu berhasilnya mempertahankan raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama enam tahun berturut-turut sejak tahun 2011. Kemudian, diraihnya penghargaan dalam penyelenggaraan laporan keuangan pemerintah daerah, penghargaan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dengan prestasi tertinggi “A”, dan dinobatkan sebagai pemerintah daerah dengan kinerja tertinggi dalam penyelenggaraan laporan penyelenggaraan pemerintah daerah.

Kalau prestasi terbaik ini bisa bertahan sampai tahun depan maka Jabar akan mendapatkan anugerah Parasamya Purnakarya Nugraha. Mudah-mudahan dapat tercapai. Kami minta doa dari seluruh stakeholders dan masyarakat untuk mendorong dan mengawasi terus kinerja yang lebih bagus lagi.

Pendidikan dan infrastruktur bagaimana?

Kami akan terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan di Jabar. Pembangunan sekolah baru, ruang kelas baru, serta tunjangan profesi pendidik para guru dan honorer terus ditingkatkan hingga mencapai angka ideal. Tahun depan, mudah-mudahan bisa. Bagaimanapun kami harus memperhatikan kesejahteraan guru supaya pendidikannya berkualitas di samping pembangunan fisik, seperti kelas dan lain sebagainya.

Fokus pembangunan harus dilakukan di sektor infrastruktur, terutama yang memiliki peran signifikan dalam mendukung sektor pariwisata di Jabar.

Pariwisata bisa menjadi sektor primadona bagi Jabar karena bidang lain, seperti minyak dan gas bumi, serta kelapa sawit sudah mulai turun pengaruhnya terhadap ekonomi daerah.

Bagaimana peran aparatur sipil negara selama ini?

Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran aparatur sipil negara yang selama ini bekerja mewujudkan cita-cita Jabar menjadi provinsi yang maju dan sejahtera untuk warganya.

Tanpa dukungan masyarakat, mustahil Jabar menjadi provinsi termaju di Indonesia. Terima kasih kepada seluruh aparatur sipil negara dan masyarakat yang telah bekerja bersama-sama mewujudkan kesejahteraan, kecerdasan, kemajuan serta keadilan sosial di Jabar.

Adakah penghargaan untuk aparatur sipil negara yang berprestasi?

Kami memberikan penghargaan kepada aparatur sipil negara yang berdedikasi tinggi dan kepada masyarakat melalui anugerah inovasi bidang lingkungan hidup, anugerah prakarsa Jabar bidang kesehatan, dan anugerah pelopor pemberdayaan masyarakat. Masing-masing mendapatkan piagam penghargaan dan uang kadeudeuh senilai 50 juta rupiah.

Puncak acara HUT Jabar kapan?

Untuk acara puncak peringatan HUT ke-72 Jabar akan digelar tanggal 29–30 September 2017 dengan tajuk Gedung Sate Festival yang dikemas dalam semarak pesta rakyat. N-3

Tags
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment