Jadikan Pulau Sebatik Model Sentra Kelautan Terpadu | Koran Jakarta
Koran Jakarta | April 4 2020
No Comments
VARIA

Jadikan Pulau Sebatik Model Sentra Kelautan Terpadu

Jadikan Pulau Sebatik Model Sentra Kelautan Terpadu

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Pemerintah Indonesia dinilai perlu untuk menjadikan Sebatik, pulau di Provinsi Kalimantan Utara yang berbatasan langsung dengan Malaysia, sebagai model Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) perbatasan.

“Belajar dari konflik Natuna, pemerintah Indonesia perlu menjadikan Sentra Perikanan Sebatik sebagai model nasional,” kata Koordinator Nasional Destructive Fishing Watch (DFW) Indonesia, Moh Abdi Suhufan, di Jakarta, Selasa 918/2).

Menurut Abdi Suhufan, dengan menjadikannya sebagai model, maka keberadaan sentra perikanan Sebatik bisa menjadi tolok ukur secara nasional. Namun, ujar dia, pembangunan sentra perikanan tidak bisa dilakukan secara reaktif, terburu-buru, tanpa pelibatan dan kerjasama dengan pemerintah daerah.

“Sentra perikanan bukan saja soal penyediaan dan pembangunan infrastruktur tapi juga memastikan berjalannya fungsi pelayanan umum dan kegiatan bisnis perikanan,” kata Abdi.

Untuk menjamin hal tersebut, maka di SKPT Sebatik saat ini telah tersedia 10 unit pelayanan pemerintah pusat dan daerah dalam satu lokasi. Ant/AR-3

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment