JK Terima Penghargaan | Koran Jakarta
Koran Jakarta | February 19 2020
No Comments
LINTAS NEGARA

JK Terima Penghargaan

JK Terima Penghargaan

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Kementerian Luar Negeri dan Yayasan Sekar Manggis memberikan penghargaan “Anugerah untuk Keunggulan dalam Diplomasi” kepada man­tan Wapres Jusuf Kalla (JK) atas kontribusinya dalam pelaksanaan diplomasi, di Jakarta, Kamis (23/1). Acara ini merupakan hasil kerja sama lebih dari satu dekade antara Kemenlu dan Yayasan Sekar Manggis untuk me­nyosialisasikan seluas-luasnya pentingnya diplomasi sebagai sarana perdamaian.

Acara dibuka oleh Wakil Menteri Luar Negeri, Ma­hendra Siregar dan dihadiri sekitar 200 undangan yang terdiri dari tokoh-tokoh nasional dan para Duta Besar negara sahabat. Hadir pula ibu Meutia Hatta, Ketua Dewan Juri tahun ini. Menurut Mahendra, pen­ganugerahan ini merupakan promosi atas capaian di­plomasi Indonesia dan pesan pentingnya diplomasi sebagai alat perdamaian.

“Bapak Jusuf Kalla merupakan negosiator unggul dan simbol kebanggaan semua. Kiprahnya telah ter­uji dalam misi kemanusiaan dan upaya perdamaian,” ungkap Mahendra. JK telah berperan besar dalam upaya-upaya diplomasi untuk mencapai perdama­ian baik nasional, regional, maupun internasional. JK juga dinilai berjasa dalam penyelesaian konflik Aceh, Poso, hingga Ambon.

Sementara, Ketua Umum Yayasan Sekar Manggis, Anak Agung Gde Agung menyebut JK sebagai bintang diplomasi nasional dan global. Yayasan Sekar Manggis didirikan oleh pahlawan nasional, Dr Ide Anak Agung Gde Agung, yang menjabat Menteri Luar Negeri dan Menteri Dalam Negeri era Presiden Soekarno.

Tokoh - tokoh lain yang telah menerima anugerah ini antara lain Muhammad Hatta, Adam Malik, Mochtar Kusumaatmadja, dan Ali Alatas. ang/G-1

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment