Koran Jakarta | June 16 2019
No Comments

Kanada Larang Plastik Sekali Pakai Pada 2021

Kanada Larang Plastik Sekali Pakai Pada 2021

Foto : AFP/Lars Hagberg
Larang Plastik l PM Kanada, Justin Trudeau, saat berbicara di konferensi pers di Ottawa beberapa waktu lalu. Pada Senin (10/6), Trudeau mengumumkan bahwa Kanada akan melarang penggunaan plastik sekali pakai pada 2021.
A   A   A   Pengaturan Font

MONTREAL - Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, pada Senin (10/6) mengumumkan bahwa negaranya akan melarang plastik sekali pakai mulai 2021. Trudeau menya­takan larangan tersebut sebagai tantangan global untuk menghapus secara bertahap kantong, sedotan, dan peralat­an makan dari plastik yang memenuhi lautan dunia.

“Pada awal 2021, Kanada akan melarang plastik sekali pakai yang membahayakan lautan,” kata PM Trudeau, sem­bari menerangkan alasan Kanada untuk memimpin perang melawan polusi plastik karena negaranya memiliki garis pantai terpanjang di dunia.

Selain melarang penggunaan plastik sekali pakai, Trudeau pun mengatakan produsen plastik seperti perusa­haan pembuat botol atau kemasan makanan, harus ber­tanggung jawab atas keseluruhan siklus produk mereka dan harus membuat rencana daur ulang.

Plastik sekali pakai mewakili sekitar 70 persen dari sampah plastik yang mengotori lautan. Akibatnya, setiap tahun satu juta burung dan lebih dari 100.000 mamalia laut di seluruh dunia terluka atau terbunuh karena terjerat plastik bahkan menelannya melalui rantai makanan.  ang/AFP/I-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment