Koran Jakarta | September 23 2019
No Comments

Kelebihan dan Kekurangan Kerja di Luar Kantor

Kelebihan dan Kekurangan Kerja di Luar Kantor
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan:

Bu Rossa, saya mendapat dua tawaran pekerjaan yang sama-sama menarik, yang pertama bekerja kantoran sementara yang kedua bekerja remote. Apa kelebihan dan kekurangannya ya Bu?

Jawaban:

Bagi generasi milenial, bekerja remote adalah salah satu pekerjaan yang dinilai ideal lantaran dapat mengerjakannya di mana pun dan kapan pun mereka inginkan tanpa di batasi oleh jam kerja.

Pertimbangannya jika Anda bekerja di kota besar seperti Jakarta, salah satunya adalah mampu menghindari macet yang terkadang membuat frustasi. Selain itu, dengan bekerja remote, Anda pun bebas menentukan jam kerja serta tempat kerja.

Selagi mengerjakan kerjaan, Anda pun dapat sambil bersantai memakai baju tidur, dan sebagainya. Hal demikian dikarenakan sistem remote working tidak mewajibkan karyawannya untuk datang ke kantor.

Selain itu, sistem kerja remote, saat ini tak hanya dijalankan oleh para freelancer, namun beberapa perusahan pun telah melakukan sistem kerja remote untuk hari-hari tertentu.

Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan kerja remote ini? Simak ulasan berikut ini, seperti dikutip dari Cermati. com.

Keuntungan Remote Working

Ada beberapa kelebihan dari kerja remote ini. Tak heran bila pekerjaan yang bisa dilakukan di luar jam dan tempat kantoran ini jadi favorit, di antaranya:

1. Jam kerja tidak dibatasi

Salah satu hal menarik dengan bekerja secara remote adalah jam kerja yang tidak dibatasi. Anda bebas bekerja kapan pun dan di mana pun selama beberapa aturan tetap Anda penuhi.

Anda tak perlu lagi tergesa-gesa bangun dan berangkat kerja karena alasan takut telat masuk kerja. Cukup duduk di depan laptop, dan menyelesaikan pekerjaan yang Anda tepat waktu dan sesuai target yang telah ditentukan perusahaan.

Dengan demikian Anda pun bisa memiliki waktu yang lebih banyak dengan keluarga, berinteraksi dengan keluarga dan memiliki quality time dengan mereka.

2. Meminimalisir stres

Jika Anda adalah golongan karyawan yang mudah stres, cobalah untuk bekerja secara remote. Stres yang sering dialami oleh karyawan di antaranya adalah stres selama berangkat kerja karena kondisi jalanan yang macet.

Hal tersebut dapat memengaruhi semangat Anda selama berangkat bekerja dan membuat lebih cepat lelah. Bandingkan dengan bekerja secara remote, Anda bisa bekerja lebih fokus dan nyaman dalam bekerja karena tak perlu mengkhawatirkan masalah-masalah yang sering dialami oleh karyawan kantoran.

3. Meminimalisir pengeluaran tak terduga

Saat Anda bekerja di kantor, pengeluaran Anda pun menjadi lebih banyak. Mulai dari kebutuhan transportasi, kebutuhan konsumsi, hingga kebutuhan tak terduga lainnya, seperti ban bocor, motor atau mobil yang rusak, dan lainnya.

Dengan bekerja di rumah, Anda bisa memasak makanan Anda sendiri. Kelebihan ini cukup penting bagi Anda yang akan mulai menyisihkan pendapatan untuk keperluan lain.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan juga adalah hindari pengeluaran yang justru membuat arus pemasukan Anda menjadi tidak balance, seperti bekerja di kafe yang justru membuat pengeluaran membengkak.

4. Memaksimalkan produktivitas dan mengurangi kejenuhan

Kelebihan selanjutnya yang bisa Anda dapat dengan bekerja secara remote adalah bisa memaksimalkan produktivitas serta mengurangi kejenuhan yang sering dialami oleh karyawan kantoran.

Terkadang saat kita mengerjakan sebuah project, sering kali terganggu dengan rekan kerja yang merusak konsentrasi. Salah satu contohnya, suara musik yang berlebihan, obrolan rekan kerja yang terlalu keras, dan lainnya.

Berbeda saat Anda bekerja secara remote, Anda bisa bekerja di depan laptop di sebuah kafe yang hening dengan difasilitasi koneksi internet yang kencang. Sembari menikmati suasana yang namuan, Anda pun berkonsentrasi menyelesaikan pekerjaan.

Kekurangan Remote Working

Selain kelebihan, pada kenyataannya bekerja secara remote juga memiliki beberapa kekurangan. Apa saja? Inilah kekurangan kerja remote:

1. Minim sosialisasi dengan karyawan di perusahaan

Kekurangan pertama yang sudah pasti dirasakan oleh mereka yang bekerja secara remote adalah minimnya sosialisasi dengan karyawan perusahaan. Pertemuan dengan karyawan lain di perusahaan menjadi lebih jarang.

Tak heran komunikasi yang dijalin pun hanya sebatas mengenai pekerjaan saja. Hal tersebut dapat membuat Anda menjadi tidak mengenal rekan kerja dengan baik secara personal.

2. Peluang miskomunikasi menjadi lebih besar

Kurangnya interaksi dengan lingkungan kerja Anda membuat peluang miskomunikasi menjadi lebih besar. Beberapa kasus membuktikan adanya komunikasi yang disampaikan secara langsung dapat lebih efektif dibandingkan komunikasi yang dijalankan hanya melalui perantara teknologi.

3. Banyak godaan karena minim pengawasan

Salah satu godaan terbesar saat Anda bekerja secara remote adalah minimnya pengawasan. Salah satu contohnya adalah Anda menjadi lebih mudah untuk mengakses hiburan di saat jam kerja Anda.

Hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap produktivitas Anda ke depannya. Terlebih jika kesadaran akan displin dalam mengatur waktu Anda sangat rendah.

Bukan tak mungkin pekerjaan remote Anda menjadi berantakan dan tak sesuai dengan target yang telah ditentukan sebelumnya.

Dari ulasan di atas, sudah jelas apa saja kelebihan dan kekurangan bekerja secara remote. Salah satu hal agar pekerjaan remote Anda berjalan dengan lancar adalah dengan menanyakan pada diri Anda sendiri, seberapa penting pekerjaan tersebut, sehingga Anda akan lebih serius dalam menjalankannya.

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment