Koran Jakarta | October 20 2019
No Comments
VARIA

Keraton Yogyakarta Juara Umum Festival Keraton Nusantara

Keraton Yogyakarta Juara Umum Festival Keraton Nusantara

Foto : ISTIMEWA
KP Haryo Notonegoro
A   A   A   Pengaturan Font

YOGYAKARTA – Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat berhasil meraih juara umum Festival Keraton Nusantara XIII 2019, di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, pada 7–11September lalu. Konti­ngen Keraton Yogyakarta dipimpin oleh Penghageng KHP Kridhomardowo Kera­ton Yogyakarta, Kanjeng Pangeran Haryo Notone­goro.

Pada tahun ini, Keraton Yogyakarta mengusung tema Keprajuritan dalam Keikut­sertaannya. Hal ini dapat di­saksikan pada beberapa agenda seperti Kirab Prajurit Kera­ton Nusantara pada Senin (9/9) yang menampilkan Bregada Trunajaya, yaitu kesatuan prajurit yang dibentuk pada masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwono I.

Rute kirab dimulai dari Lapangan Gaspa dengan titik ak­hir di Lapangan Pancasila. Usai kirab, seluruh prajurit kera­ton turut dalam acara pembukaan festival secara resmi oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah.

Dalam agenda Kirab Prajurit Keraton Nusantara, lebih dari 30 keraton menampilkan kesatuan prajuritnya. Selu­ruh keraton berlomba-lomba untuk menyuguhkan sajian terbaik sekaligus sebagai upaya memperkenalkan identitas keraton masing-masing.

“Dari 30 keraton yang berpartisipasi, Keraton Yogyakarta berhasil menyabet juara umum. Hal ini tentu menjadi sebu­ah kebanggaan bagi kontingen keraton sekaligus bagi Yog­yakarta,” kata KP Haryo Notonegoro. YK/E-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment