Koran Jakarta | October 20 2019
No Comments

Kerja Sama Pemda dan Universitas Perlu Diperkuat

Kerja Sama Pemda dan Universitas Perlu Diperkuat

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

YOGYAKARTA – Kerja sama pemerintah daerah (pemda) dengan universitas setempat maupun universitas terbaik di Indonesia perlu dikuat. Ini perlu dilakukan sebagai upaya mengoptimalkan potensi ekonomi yang ada di daerah.

Hal tersebut dikatakan oleh Bupati Bener Meriah Pro­vinsi Aceh, Sarkawi saat, di Universitas Gadjah Mada (UGM) , di Yogyakarta, Jumat (14/6). Kedatangan Sarkawi ke UGM untuk meminta UGM mendampingi daerahnya dalam upaya merumuskan dan melakukan langkah-lang­kah yang terukur dalam membangun daerahnya sesuai de­ngan kajian ilmiah atas potensi yang dimiliki.

“Kami memerlukan roadmap ke depan seperti apa, UGM mungkin punya tim yang bisa melakukan itu. Kami berharap rektor dan pimpinan yang lain bisa hadir ke Ben­er Meriah melihat potensi yang ada sekaligus membuat langkah-langkah strategis yang dibutuhkan ke depan sep­erti apa,” papar Sarkawi.

Ia mengatakan Kabupaten Bener Meriah yang dikenal dengan produk utama pertanian, yakni kopi Gayo, ternyata menghadapi kendala kebergantungan yang sangat tinggi pada pasar ekspor, sehingga ketika harga kopi di Bursa New York jatuh, petani merugi besar.

Rektor UGM, Panut Mulyono, mengatakan UGM dengan senang hati akan memberikan ilmu dan pengalamannya ke­pada daerah-daerah untuk mempercepat kemajuan. UGM memiliki kepakaran, keilmuan, dan akan menindaklanjuti hal ini dengan berkoordinasi dengan fakultas-fakultas. YK/E-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment