Koran Jakarta | November 16 2018
No Comments
Perangkat Digital

Kontrol AC Jarak Jauh dengan Ponsel

Kontrol AC Jarak Jauh dengan Ponsel

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Konektivitas internet melalui konsep internet of things (IoT ) menciptakan perangkat yang saling terhubung.

Untuk kemudahan pengoperasian dari jarak jauh, penyejuk udara saat ini dilengkapi dengan Wi-Fi. Saat dekat dengan rumah pengguna dapat menghidupkan AC, dengan begitu ruangan telah sejuk saat pengguna sampai. Ya, memang teknologi terus berkembang, Konektivitas internet melalui konsep internet of things (IoT ) menciptakan perangkat yang saling terhubung.

Untuk kemudahan dan kenyamanan, penyejuk udarapun kini sudah dapat dikendalikan dari jarak jauh. Melalui koneksi Wi-Fi pengguna dapat mematikan atau menghidupkan AC di rumah aplikasi di ponsel. AC dihidupkan sebelum penghuni rumah sampai rumah, sehingga langsung bisa merasakan kesejukan tidak perlu menunggu waktu.

LG memiliki produk AC Inverter LG Dual Cool Series Deluxe dan Smart yang telah dilengkapi dengan fitur Wi-Fi. Melalui produk LG Dual Cool Smart ThinQ, pengguna bisa mengendalikan AC keluaran 2018 tersebut dari jarak jauh menggunakan smartphone miliknya. “Produk AC dengan koneksi Wi-Fi saat ini masih kami pasarkan sebatas pada hunian residensial,” ujar Air Soution Engineering Team Leader PT LG Electronic Indonesia di Jakarta.

Melalui aplikasi LG SmartTinQ yang dapat diunduh dari pada perangkat Android dan iOS, pengguna bisa mengecek status dari AC melalui ponsel.

Penguna bisa juga menyetel waktu kapan dihidupkan dan dimatikan secara otomatis, mengatur suhu, menyetel kecepatan kipas, arah hembusan, kemiringan vane, dan lainnya. Aplikasi LG SmartTinQ juga bisa melakukan diagnosa jika AC mengalami masalah. Dengan cara ini pengguna bisa tahu apa yang terjadi dengan AC mereka dari jarak jauh. Pada AC LG dengan koneksi Wi-FI sudah terdapat modem untuk menangkap sinyal Wi-Fi.

Menurut Head of Product Marketing Residential Air Conditioning PT LG Electronics Indonesia, Arief Sasono Adji, pasar AC dengan Wi-FI diperkirakan pasarnya mencapai 20 persen dari total seluruh pasar AC di Indonesia.

“Mereka umumnya tinggal di kota besar di Indonesia kaerena menginginkan ruangan sudah dalam keadaan dingin saat sampai di rumah,” ujar dia.

Selain delangkapi dengan koneksi Wi-Fi, LG Dual Cool Smart ThinQ, terbaru dilengkapi dengan Active Energy Saving untuk mengoptimalkan kerja hemat listrik AC LG Dual Cool. Wujudnya berupa empat pengaturan konsumsi daya listrik yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Pengguna bisa memiliki penggunaan daya 100 persen, 80 persen, 60 persen, dan 40 persen.

Ketika di-remote control dipilih 40 persen, maka ketika suhu yang dituju sudah sesuai keinginan, maka secara perlahan akan turunnya kerja AC menjadi 40 agar konsumsi listrik turun. Meski daya diturunkan, kata Arief, namu ia menjamin suhu tetap dingin yang sudah dicapai.

Seri LG Dual Cool baik dengan Wi-Fi atau tidak tersedia dengan kapasitas ½ PK, 1 PK, 1½ PK, dan 2 PK. AC tersebut dibanderol mualai harga 3 juta sampai 5,5 juta rupiah. Aplikasi dan Konektivitas Selain LG, Aqua Japan juga memiliki AC seri Nebula yang memiliki fitur konektivitas Wi-Fi. Melalui aplikasi Haier Smaart Wifi pengguna mengatur operasional AC kapan pun dan di mana pun.

”Melalui aplikasi dan konektivitas Wifi, Anda dapat mengontrol AC dari jarak jauh dengan mudah,” ujar Presiden Direktur AQUA Japan, Kenji Sadayuki di Jakarta baru-baru ini. AC seri Nebula dengan koneksi Wi-FI ditawarkan dengan ukuran daya ½ PK, 1 PKk, dan 2 PK, dengan masa garandi hingga 10 tahun. AC ini sudah menggunakan teknologi cerdas inverter untuk pengaturan kompresor sehingga lebih hemat.

Menariknya lagi dari seri Nebula adalah menawarkan fitur aroma untuk membuat mood penggunanya bangakit, dengan air fragrance. Air fragrance dari essential oil dan wewangian yang dimasukkan ke dalam module diklaim sanggup bertahan hingga 1-2 minggu. Dengan aroma wangi yang segar dan menyenangkan, ruangan akan menjadi sejuk dan menimbulkan kenyamanan.

“Ini menjadi cara meredam stress setelah menjalankan aktivitas,” kata Kenji. Untuk memuaskan konsumen, AQUA juga menyematkan fitur fresh technology yang memastikan udara yang dihirup bisa lebih sehat. Serta teknologi nano silver yang diklaim bisa membunuh virus dan bakteri dalam 14 menit. hay/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment