Korut Tolak Tawaran AS | Koran Jakarta
Koran Jakarta | December 9 2019
1 Comment
Krisis Semenanjung Korea | Korut Tuntut AS Akhiri Latihan Militer Gabungan dengan Korsel

Korut Tolak Tawaran AS

Korut Tolak Tawaran AS

Foto : AFP/KCNA VIA KNS
SIKAP KORUTA | Dokumentasi foto yang dirilis kantor berita KCNA pada Selasa (19/11) memperlihatkan pemimpin Korut, Kim Jong-un (ke-3 dari kiri), sedang meninjau pabrik pengolahan ikan di sebuah lokasi rahasia. KCNA melaporkan bahwa Korut menolak penundaan latihan gabungan AS-Korsel karena hal itu tak memberikan jaminan perdamaian dan keamanan bahkan tak membantu upaya diplomasi.
A   A   A   Pengaturan Font
Korut menolak tawaran AS untuk menunda latihan militer gabungan dengan Korsel dan menuntut agar latihan itu dihentikan selamanya jika Washington DC ingin melanjutkan dialog dengan Pyongyang.

 

SEOUL - Korea Utara (Kor­ut) pada Selasa (19/11) menga­takan bahwa Amerika Serikat (AS) harus mengakhiri latihan gabungan bersama dengan Ko­rea Selatan (Korsel) jika ingin melanjutkan dialog. Tuntutan dari Korut itu disampaikan se­telah sebelumnya pada Ming­gu (18/11) AS dan Korsel se­pakat untuk menunda latihan militer gabungan tahunan yang dijadwalkan pada bulan ini se­bagai itikad baik setelah berbu­lan-bulan perundingan nuklir mengalami kemandekan.

“Penundaan (latihan militer gabungan AS-Korsel) yang di­umumkan pada awal pekan ini tidak relevan. Sama sekali tak memberikan jaminan perda­maian dan keamanan di Seme­nanjung Korea, bahkan sama sekali tak membantu upaya di­plomasi,” kata Kim Yong-chol, pejabat senior Korut yang se­belumnya memimpin negosia­si dengan AS. “Kami menun­tut agar AS tak lagi menggelar latihan militer gabungan dan menghentikannya untuk se­lamanya,” imbuh Kim Yong-chol seperti dikutip dari kantor berita KCNA.

Ditambahkan oleh Kim Yong-chol bahwa Korut tak i­ngin lagi duduk bersama de­ngan AS yang pemuh tipu da­ya dan tak ingin melanjutkan perundingan sebelum AS me­narik sikap permusuhan dan kembali tak mengulangi sikap tersebut.

Pyongyang telah lama mem­protes latihan militer gabung­an itu dan menyebut latihan itu sebagai persiapan invasi. Ta­hun lalu Seoul dan Washington DC membatalkan latihan mili­ter gabungan jelang pertemuan puncak Singapura yang mem­pertemukan Presiden AS, Don­ald Trump, dan pemimpin Kor­ut, Kim Jong-un.

Dalam pernyataannya, Kim Yong-chol pun mengecam Presiden Trump yang terlalu membesar-besarkan pencapai­an AS dalam misi diploma­si dengan Korut. Sebelumnya sepanjang setahun lalu, Presi­den Trump telah berulang ka­li menyatakan bahwa telah ber­hasil menekan Korut agar tak melakukan uji coba nuklir dan peluncuran misil balistik antar­benua yang diklaimnya sebagai keberhasilan diplomasi AS.

Saat ini negosiasi AS-Korut mengalami kemandekan sejak sejak KTT di Hanoi pada Febru­ari berakhir dengan perselisih­an atas bantuan sanksi. Perun­dingan tingkat kerja di Swedia pada Oktober lalu pun berakhir dengan kegagalan.

Pernyataan Korut yang di­umumkan pada Selasa me­rupakan tanggapan terbaru dari serangkaian komentar te­gas dari Pyongyang yang men­desak AS agar membuat pe­nawaran baru sebelum batas waktu pada akhir tahun ini.

Kekecewaan Korut

Selain mengecam AS, pa­da saat bersamaan Korut pun mengkritik pemerintah Swed­ia setelah Stockholm menyam­paikan usul AS untuk bertemu lagi pada Desember.

“AS menggunakan perantara Swedia semata-mata agar tidak memberi kesan melecehkan bagi Korut,” kata ketua negosia­tor nuklir Korut, Kim Myong-gil seperti dikutip dari kantor beri­ta KCNA. “Tetapi saat ini sete­lah Pyongyang dan Washing­ton DC mengetahui posisi ma­sing-masing, Stockholm tidak dibutuhkan lagi dalam dialog Korut-AS,” imbuh dia.

“Jika Swedia berperilaku se­perti pengemudi di kursi kemu­di, itu mungkin dianggap tidak masuk akal,” ucap Kim Myong-gil. “Pihak Swedia disarankan untuk memahami situasi de­ngan baik dan menjaga diri,” pungkas dia. ang/AFP/I-1

Klik untuk print artikel

View Comments

Natasya
Kamis 21/11/2019 | 01:17
Halo guys Bagi yang ingin bermain game serta dapat penghasilan tambahan dengan bermodal min deposit 20K.
Modal Pertama kurang beruntung? kami ganti dgn BONUS WELCOME CASHBACK 100% tanpa syarat Turnover
Dan dapatkan bnyak pilihan bonus dari kami, dalam satu account bisa bermain banyak game hanya di dupa88,net
proses pencairan dana cukup dengan waktu max3 menit hingga ratusan juta rupiah.
Pelayanan tercepat & aman!, Cs kami siap melayani Anda 24 jam nonstop!!!
Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat/Wa : +855973465121 | Kode Referal : KELLY88
tunggu apalagi buktikan sekarang juga. . .

Submit a Comment