Koran Jakarta | October 20 2019
No Comments
Kasus Impor Bawang

KPK Geledah Ruangan Dirjen Kemendag dan Kementan

KPK Geledah Ruangan Dirjen Kemendag dan Kementan

Foto : KORAN JAKARTA/M FACHRI
GELEDAH RUANGAN I Penyidik KPK keluar dari ruang Anggota Komisi VI DPR F-PDIP I Nyoman Dhamantra saat melakukan penggeladahan di Lantai 6 Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (12/8).
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) me­nyita sejumlah dokumen dari ruang kerja Direktur Jenderal (Dirjen) Perda­gangan Luar Negeri Kementerian Per­dagangan (Kemendag), ruang kerja Dirjen Hortikultura Kementerian Per­tanian (Kementan), dan ruang kerja Angota Komisi VI DPR RI, I Nyoman Dhamantra. Hal itu dilakukan KPK sebagai tindak lanjut penanganan penyidikan dugaan kasus suap peng­urusan izin impor bawang putih.

Pelaksana Harian Kepala Biro Hu­mas KPK, Chrystelina GS, mengata­kan sejumlah dokumen yang disita itu dilakukan setelah penggeledahan terkait perkara. “Telah dilakukan kem­bali penggeledahan di tiga lokasi, yang pertama di ruang kerja INY (I Nyoman Dhamantra), beliau adalah anggota DPR, kedua di ruang Dirjen Perda­gangan Luar Negeri Kemendag RI, yang ketiga di ruang Dirjen Hortikultura Ke­mentan,” kata Chrystelina, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (12/8).

Diketahui, saat ini yang menja­bat Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan adalah Indrasari Wisnu Wardhana, sedang­kan Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian adalah Suwandi.

Chrystelina menambahkan, peng­geledahan dilakukan sejak Jumat pe­kan lalu sampai Senin. Tim KPK me­nyita sejumlah dokumen dan barang elektronik seperti telepon genggam dan DVD yang memiliki keterkaitan dengan dugaan suap impor bawang putih.

Selain itu, sejumlah lokasi telah disegel dan digeledah antara lain kantor PT Indocev Money Changer, apartemen I Nyoman Dhamantra yang berada di daerah Permata Hijau, dan rumah anak Dhamantra di dae­rah Cilandak, Jakarta Selatan.

Dua Koper

Dilaporkan, petugas KPK mem­bawa dua koper berwarna hitam dan biru gelap setelah melakukan peng­geledahan di ruang kerja I Nyoman Dharmantra di ruangan nomor 0628, Gedung Nusantara I, Kompleks Par­lemen, Jakarta.

Penggeledahan ruangan Dhar­mantra itu dilakukan delapan pe­tugas KPK selama sekitar 3,5 jam yai­tu berlangsung sejak pukul 15.00 WIB hingga 18.35 WIB.

Tidak ada keterangan yang diberi­kan petugas KPK ketika selesai me­lakukan penggeledahan. Petugas KPK yang mengenakan topi dan masker itu langsung bergegas meninggalkan lan­tai 6 Gedung Nusantara I setelah selesai menggeledah ruangan Dharmantra.

Sebelumnya, KPK menetapkan enam tersangka terkait kasus impor bawang putih. Mereka adalah tiga orang yang berperan sebagai pemberi dari pihak swasta, yakni Chandry Su­anda, Doddy Wahyudi, dan Zulfikar.

Sementara tiga orang lainnya ber­peran sebagai penerima, yakni I Nyo­man Dhamantra seorang Anggota DPR RI Periode 2014–2019, Mirawati Basri yang merupakan orang keper­cayaan I Nyoman, dan Elviyanto dari pihak swasta. ola/AR-2

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment