Koran Jakarta | August 25 2019
No Comments

KPK-Muhammadiyah Sinergis Cegah Korupsi

KPK-Muhammadiyah Sinergis Cegah Korupsi

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

YOGYAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan PP Muhammadiyah sepakat sinergis bekerja sama da­lam pencegahan tindak pidana korupsi. Kerja sama ini di­sepakati akan diwujudkan melalui pendidikan, pelatihan, pengkajian, serta berbagai sarana lainnya.

“Kerja sama ini untuk membentuk karakter bangsa. Ini sangat penting dalam upaya pencegahan korupsi,” kata Ketua KPK, Agus Rahardjo, pada acara penandatanganan nota kesepahaman (MoU), di Gedung PP Muhammadiyah, Yogyakarta, Kamis (18/7). Penandatanganan MoU dilaku­kan Ketua PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, dan Agus.

Menurut Agus, selama ini Muhammadiyah memiliki ba­nyak sarana untuk menanamkan budaya antikorupsi mu­lai dari masjid, pesantren, institusi pendidikan SD hingga perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia. Mu­hammadiyah juga telah lebih dulu memiliki kurikulum antikorupsi yang selanjutnya bisa dikolaborasikan dengan kurikulum yang disusun KPK.

“(Kurikulum) punya Muhammadiyah bisa disempurna­kan berdasarkan masukan KPK dan sebaliknya kurikulum KPK bisa disempurnakan dengan punya Muhammadiyah,” kata Agus.

Keberadaan sarana yang memadai tersebut, tambah Agus, sangat signifikan untuk membentuk karakter masya­rakat sehingga memiliki kemampuan mengawasi pemerin­tahan. n YK/ola/N-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment