Koran Jakarta | July 16 2019
No Comments

Laptop ChromeOS Berfitur Mewah

Laptop ChromeOS Berfitur Mewah

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Selain sistem operasi Windows, dan MacOS, yang sudah sangat umum, dikenal juga sistem operasi ChromeOS. Sistem besutan Google ini menggunakan ruang penyimpanan awan (cloud) dengan sejumlah kelebihan.

PC atau laptop yang menggunakan ChromeOS, biasanya disebut dengan Chromebook, sangat tergantung dengan koneksi internet. Laptop jenis ini biasanya dibanderol dengan harga murah, karena memiliki spesifikasi rendah, meski kinerjanya tetap tinggi.

Chromebook tidak butuh spesifikasi tinggi seperti laptop Windows, karena meang tidak diperlukan. PC ini misalnya hanya memiliki RAM 2 GB atau 4GB dan prosesor Intel Celeron N2840, dengan penyimpanan hanya 16 GB saja. Namun demikian spesifkasi ini cukup mumpuni untuk kebutuhan multitasking.

Kelebihan laind ari Chrombook adalah baterainya lebih awet dibandingkan yang berbasis Windows. Rata-rata, laptop Chromebook memiliki daya tahan baterai selama sekitar 9 jam penggunaan. Bodinya cukup tangguh, tahan gores dan banting.

Chromebook yang biasa digunakan untuk kebutuhan bisnis, cukup mumpuni dalam hal keamanan. PC ini memungkinkan administrator teknologi informasi (TI) untuk mengelola laptop dari dalam maupun luar kantor. Lenovo ThinkPad 13 Chromebook dan Google Pixelbook misalnya dilengkapi dengan Trusted Platform Mobile, chip keamanan yang melindungi pengguna dari pencurian kata sandi.

Dengan fitur Produk terbaru Chromebook di pasaran adalah Acer Chromebook 715 dan 714, yang menyasar pengguna bisnis. Seri ini menawarkan menawarkan pengelolaan Chrome Enterprise dan fitur-fitur baru lain termasuk sasis aluminium dengan ketahanan sertifikasi militer, pembaca sidik jari, dan sertifikasi Citrix Ready.

“Acer Chromebook 715 dan Acer Chromebook 714, yang dirancang khusus untuk membantu karyawan bekerja di cloud secara lebih aman dan efisien,” kata General Manager, Notebooks, Bisnis Produk IT, Acer Inc James Lin.

Kedua Chromebook Acer terbaru ini memiliki sasis aluminium premium yang memberikan daya tahan kelas militer (AS-MIL-STD 810G), dengan fitur pembaca sidik jari yang terintegrasi, serta sertifikasi Citrix Ready. Keduanya mampu memberi para pekerja berbasis awan kumpulan fitur peningkatan produktivitas yang akan membantu mereka bekerja lebih efisien.

Layarnya menggunakan resolusi Full HD dan prosesor Intel Core Gen ke-8 untuk kinerja yang lebih baik dengan daya tahan baterai hingga 12 jam. “Penambahan sasis premium yang tahan lama serta pembaca sidik jari terintegrasi dalam Acer Chromebook terbaru meningkatkan keamanan dan keandalan perangkat ini,” lanjut James Lin, Acer Chromebook 715 dan 714, diklaim cocok untuk semua karyawan baik karyawan di perusahaan besar, bisnis kecil, atau lingkungan pendidikan yang membutuhkan PC handal dan kuat serta yang mampu membantu melindungi data mereka dengan kinerja tinggi.

Kedua Acer Chromebook memiliki sasis tahan lama, serba aluminium, tahan benturan, dan tampak bagus saat berada di sisi meja yang langsung berhadapan dengan pelanggan, serta saat karyawan melakukan kunjungan ke klien atau pertemuan di luar kantor.

Desainnya kuat terhadap benturan hingga jarak 48 inci (122 cm) dan beban jatuh seberat 132 pon (60 kg). Sasis aluminium anodized tahan terhadap penggunaan seharihari, anti benturan, serta tahan banting, retak dan korosi untuk mempertahankan tampilan dan cita rasa kelas atas.

Dengan Touchpad Corning Gorilla Glass memungkinkan navigasi lancar melalui aplikasi, situs web, dan pekerjaan lain. Ditambah, touchpad ini memiliki fungsi klik di mana saja dan juga anti gores, serta anti lembab. Acer Chromebook 715 dan 714 menyediakan pembaca sidik jari terintegrasi yang diletakkan di sebelah keyboard. Ideal untuk lingkungan kerja kolaborasi yang saling berbagi, pembaca sidik jari memberi karyawan cara cepat dan aman untuk membuka kunci perangkat dan berbagi dengan rekan kerja.

Khusus Acer Chromebook 715 menjadi Chromebook pertama dengan Keypad Numerik untuk input data lebih mudah. Layarnya sentuhnya menyediakan ruang yang cukup untuk keypad, yang memberi pekerja berbasis cloud di bidang ritel, keuangan, dan layanan serta dalam sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM)

Acer Chromebook 715 memiliki keyboard dengan lampu latar sehingga produktivitas dapat berlanjut dalam kondisi cahaya redup. Layar IPS 15,6 inci memungkinkan tampilan beberapa aplikasi dan tab dalam resolusi Full HD 1920x1080 piksel yang cemerlang.

Sementara Acer Chromebook 714 menghadirkan layar dengan bezel ramping 14 inci dengan tampilan layar Full HD 14 inci yang imersif. Bezel ramping yang berukuran hanya 6,18 mm (0,24 inci) mengurangi dimensi keseluruhan dan menjaga fokus pada visual yang jelas dan cerah. Acer Chromebook 715 dan 714 baru menghadirkan masa pakai baterai terdepan hingga 12 jam. Keduanya dapat ditenagai oleh serangkaian pilihan prosesor, termasuk prosesor Intel Core i5 dan Core i3 Gen ke-8, serta opsi Intel Celeron dan Intel Pentium Gold.

Acer Chromebook terbaru memiliki port USB 3.1 Tipe-C di setiap sisinya sehingga pengguna dapat terhubung ke perangkat dan diletakkan di sisi yang paling nyaman.

Acer Chromebook 715 dan Acer Chromebook 714 menyediakan Dual Band Wireless-AC 802.11ac/a/b/g/n 2x2 yang cepat dan dapat diandalkan, sementara Bluetooth 4.2 memberikan koneksi yang nyaman ke periferal lain.

Aksesori Acer USB-Type-C Dock secara opsional dapat dihubungkan melalui satu kabel ke Acer Chromebook 715 dan 714 terbaru, dengan mudah mengubahnya menjadi workstation bertenaga yang dapat terhubung ke display eksternal, printer, dan banyak lagi.

Acer Chromebook terbaru berfungsi baik dengan solusi Google Chrome Enterprise yang membantu bisnis mengelola perangkat dalam skala besar. Ideal untuk berbagai lingkungan bisnis termasuk saat karyawan berbagi perangkat dan mobile —seperti dalam perawatan kesehatan dan ritel— Chrome Enterprise membantu menciptakan lingkungan yang aman dan produktif bagi pekerja berbasis cloud.

Keuntungan menggunakan ChromeOS, pelanggan akan memiliki akses ke aplikasi Chrome terbaru dan jutaan aplikasi Android untuk produktivitas, konektivitas, layanan, dan banyak lagi. Acer Chromebook 715 dan Acer Chromebook 714 terbaru akan sepenuhnya mendukung aplikasi Android melalui Google Play. hay/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment