Koran Jakarta | August 25 2019
No Comments

Lebih Sejuk dengan Elemen Air

Lebih Sejuk dengan Elemen Air

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Suara gemericik air dalam rumah memberikan nuansa ketenangan dan menimbulkan aura relaksasi bagi penghuninya.

Air adalah lambang keseju­kan. Karenanya, desain hunian di ruang terbuka maupun di dalam ruangan yang mengakodomasi elemen air, akan nampak lebih sejuk dan mem­beri kesan tenang.

Perlu penataan yang apik agar tamu Anda merasa nyaman dengan desain yang mengakomodasi ele­men air ini.

Untuk desain ruang tamu, misal­nya, ketika tamu datang ke rumah Anda, sudah pasti Anda ingin menjamu mereka secara maksimal dengan tetap membuat tamu Anda merasa nyaman berada di rumah Anda. Ruang tamu dengen elemen air bisa menjadi solusi.

Elemen air juga nampak le­bih segar jika ditata dalam sebuah ruangan terbuka. Architectaria, sebuah kantor desain interior mem­berikan beberapa pertimbangan untuk membuat konsep ruang tamu terbuka.

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan agar ruangan yang Anda ciptakan dengan elemen air membuat semua orang nyaman.

Pertama, harus ada perencenaan matang tentang desain yang Anda inginkan. Anda harus memerhatikan desain secara keseluruhan. Apakah ruang tamu tersebut lebih menekan­kan pada sisi artistik atau fungsinya saja.

Apakah ruang dengan elemen air itu masih menjadi pilihan utama ataukah ruang yang Anda desain akan lebih terbuka. Setelah itu Anda juga harus menetapkan anggaran dana yang Anda punya sehingga proses pembuatan ruang dengan elemen air tidak terkendala budget.

Menurut Arie, desainer interior, setelah semua proses tersebut terlewati, Anda harus membuat gambaran secara umum tentang ruang dengan desain elemen air pada selembar kertas agar nantinya desain yang Anda buat dapat dipahami oleh tukang yang Anda sewa.

Tentu saja memberikan tampilan yang harmonis wajib Anda lakukan. Tema ruangan haruslah sesuai de­ngan bangunan arsitektural rumah.

Anda juga dapat melengkapi ruang yang akan diberi hiasan elemen air dengan taman dengan beraneka tanaman yang akan memanjakan mata.

“Rumput hijau yang luas menu­tupi tanah akan semakin membuat suasana rumah lebih segar. Ditam­bah dengan bunga berwarna-warni yang akan menambah indahnya pemandangan,” kata Arie.

Di sebelah tatanan elemen air, Anda dapat menempatkan kursi panjang di daerah taman yang mungkin saja akan membuat tamu Anda betah berlama-lama disana.

Agar tampilan taman Nampak lebih rapi, Anda dapat meletakkan tanaman pada pot yang tentu saja akan sangat mudah untuk dipindah­kan ketika Anda ingin mengganti tampilan taman agar tidak membo­sankan.

Ketiga, buatlah ruangan terbuka dengan elemen air dengan elemen batuan keras. Ini akan sangat me­narik jika dipadukan dengan elemen batuan keras yang tentunya mampu memberikan tampilan unik, me­narik, dan terlihat klasik.

Pilihlah batuan yang kokoh yang berada disekitar area tempat tinggal Anda. Karena mungkin saja batu yang dipesan di luar daerah akan lebih mahal karena Anda harus menanggung ongkos kirim.

Keempat, penampakan dan suara air tanpa disadari mampu memberi­kan efek menenangkan bagi siapa saja yang berada disekitarnya. Itulah mengapa kehadiran elemen air sa­ngat dibutuhkan di ruangan rumah Anda.

Elemen air dapat dihadirkan de­ngan membuat pancuran, air terjun atau kolam dan hal ini tentu saja tergantung pada ketersediaan ruang untuk membuatnya. yun/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment