Koran Jakarta | August 18 2018
No Comments

Low SUV Berdimensi MPV

Low SUV Berdimensi MPV

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Tuntutan konsumen membuat segmen low MPV (multipurpose vehicle) dan low SUV (sport utility vehicle) seolah melebur. Konsumen mengharapkan MPV tangguh sekaligus SUV yang mampu menampung banyak penumpang.

Hadirnya Mitsubishi Xpander pada GIIAS 2017 lalu, membuat Toyota memutar otak. Untuk menyaingi Xpander, pabrikan ini tidak melakukan perubahan pada MPV Toyota Avanza. Toyota memilih menghadirkan SUV All New Toyota Rush dengan dua tipe yaitu G dan TRD sebagai pesaingnya.

Untuk bersaing dengan Xpander yang dibanderol mulai dari 189 juta hingga 245,5 juta rupiah, Toyota menetapkan harga termurah 239,9 juta dan termahal 261,3 juta rupiah (on the road) DKI Jakarta untuk All New Rush. Bahkan untuk Rush TRD A/T mengalami penurunan harga hingga 6 juta rupiah.

Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto, beralasan  banderol harga mengikuti tarif bea balik nama kendaraan bermotor (BBN-KB) tahun ini. "Jadi harganya enggak naik lagi," ujar dia di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Salah satu perubahan signifikan pada Rush adalah pada dimensi yang membuat mobil ini berubah drastis dibandingkan sebelumnya. All New Rush kini menjadi mobil real seven seater  karena bangku baris ketika dan kedua berjarak 700 mm sehingga lebih lega untuk penumpang barus ketika.

Dengan bertambah panjang 230 mm selain berdampak pada bangku baris ketika lebih lapang juga membuat volume bagasinya lebih besar. Panjang bagasi All New Rush mencapai 450 mm atau lebih panjang 150 mm dibandingkan sebelumnya.

Perubahan lain yang dialami Rush adalah pada sektor mesin. Jika Rush generasi sebelumnya, menggunakan mesin VVT-i  berkapasitas 1.495 CC, kali ini digani dengan Dual VVT-i (2NR) berkapasitas 1500 CC, yang dipakai juga pada Toyota Avanza Veloz dan juga Sienta.

Mesinya memiliki tenaga 104 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi 13.9 Kgm pada putaran 4.200 rpm. Tenaga besar ini disalurkan ke roda penggerak belakang melalui pilihan transmisi manual dan otomatis.  “Mesin Dual VVT-i (2NR) lebih hemat bahan bakar sekitar 10 persen dibandingkan dengan model sebelumnya,” ujar Product Knowledge TAM, Gandhi Ahimsa Putra.

Untuk menunjang kenyamanan, All New Rush 2018 dilengkapi dengan AC double blower untuk membuat ruang kabin sejuk hingga ke kursi baris ketiga. Pada kabinnya dilengkapi dengan  13 cup holder yang dapat digunakan untuk menyimban botol minuman. 

Khusus untuk tipe TRD Sportivo, bagian panel depan dilapisi dengan material yang lembut agar terlihat semakin inklusif. Interior dilengkapi dengan desain dashboard yang memancarkan nuansa ketangguhan sebagai kendaraan petualang.

Untuk memudahkan dalam menikmati hiburan dan berkomunikasi Toyota menyematkan pengaturan audio dan ponsel melalui setir. Audionya menggunakan surround audio system dengan 8 speaker untuk tipe TRD Sportivo dan 6 speaker (tipe G).

Khusus tipe TRD Sportivo dilengkapi dengan DVD AVX 7 inci dengan internet, USB, Bluetooth, iPod/iPhone Conncet, Physical Remote, Miracast, Weblink, Support Multitasking dan Smart Phone Remote App. 

Di sektor keamanan, Toyota Rush cukup mumpuni. Semua tipe model ini dilengkapi dengan Anti-lock Braking System (ABS) untuk mengurangi risiko tabrakan, Hill Start Assist Congtrol (HAS) agar lebih percaya diri saat melewati jalan mendaki, Vehicle Stability Control (VSC) untuk menjaga kestabilan saat menikung serta dilengkapi 6 airbag.

All New Rush hadir dalam dalam 6 warna yaitu white, silver mica metallic, black mica, red mica metallic, bronze mica metallic, dan bordeaux mica, sesuai dengan selera masyarakat Indonesia. Warna-warna ini memang telah melalui serangkaian riset terhadap konsumen. hay/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment