Koran Jakarta | October 20 2019
No Comments

Memaksimalkan Keuntungan Bisnis

Memaksimalkan Keuntungan Bisnis
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan:

Bu Rossa, saya ingin merintis sebuah bisnis baru. Bagaimana agar keuntungan saya bisa maksimal?

Jawaban:

Memulai sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah karena harus benar-benar memantapkan diri untuk menjalaninya. Ada banyak sekali rintangan yang bisa dihadapi dalam menjalankan bisnis, naik turun pasang dan surut pasti akan terjadi dalam bisnis. Anda harus mampu berdiri walaupun berada di posisi ba­wah sehingga mampu untuk tetap bertahan dalam segala kondisi. Untuk mendapatkan keuntungan bisnis yang mak­simal, Anda bisa mengikuti enam cara memaksimalkan keuntungan dalam bisnis seperti dikutip dari Cermati. com:

1. Menambah Kuantitas Pro­duksi Barang

Salah satu cara memaksi­malkan keuntungan dalam bisnis bisa dilakukan dengan menambah kuantitas pro­duksi barang atau produk. Produksi barang juga harus diimbangi dengan strategi pemasaran yang tepat. Anda harus bisa membuat tar­get market yang jelas agar nantinya produk jelas akan dipasarkan ke mana saja.

2. Memiliki Banyak Stok Ba­han Baku Produksi

Jika akan memproduksi barang yang banyak, tentu Anda juga harus memiliki stok bahan baku produksi yang banyak juga. Anda tidak boleh berjalan setengah jalan agar tidak menjalankan bisnis yang sia-sia. Pastikan jika stok bahan baku produksi memi­liki jumlah yang seimbang dengan kegiatan produksi barang. Dengan banyak stok bahan baku akan mempermudah bisnis berjalan dengan cepat tanpa harus menunggu stok yang belum datang.

3. Selalu Perhatikan Kualitas Produk Anda

Penting sekali bagi pelaku bisnis memerhatikan kualitas produk secara berkala. Me­merhatikan kualitas produk bisa memacu agar bisa jauh lebih baik lagi dari sebelum­nya. Produk yang memuaskan pasti akan disukai banyak orang sehingga produk juga akan semakin terkenal seiring berjalannya waktu. Dengan memerhatikan kualitas pro­duk Anda akan memaksimal­kan keuntungan pada bisnis.

4. Berikan Pelayanan Ramah kepada Pelanggan

Sebagai pelaku bisnis, wajib memahami bagaimana pelayanan yang baik pada pelanggan. Pelayanan yang baik akan membuat pelang­gan puas dan senang un­tuk membeli produk Anda. Berikan pelayanan yang me­muaskan, mulai dari senyum, sapa, dan salam serta kualitas produk yang baik. Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapat jika mem­beri pelayanan yang ramah, pertama pelanggan senang dan puas, kedua pelanggan akan bersedia secara pribadi mempromosikan produk Anda sehingga hal ini akan sangat menguntungkan bagi usaha atau bisnis yang sedang dibangun.

5. Berikan Diskon Pengirim­an Barang

Memberikan diskon untuk pengiriman barang bisa menjadi salah satu cara untuk memaksimalkan bisnis Anda. Dengan memberikan diskon pada biaya pengirim­an, pelanggan akan merasa tertarik untuk melakukan pembelian barang.

Memotong biaya pengi­riman akan jauh lebih efektif dari pada memotong harga barang itu sendiri. Anda bisa memberikan potongan sebe­sar 10-15 persen dari biaya normal pengiriman ke tempat pelanggan.

6. Buatlah Perhitungan Ang­garan

Perhitungan anggaran yang tepat bisa memaksi­mal keuntungan walaupun tidak kompleks, cara ini bisa menjadi acuan Anda dalam memerhitungan segala se­suatu yang ada dalam bisnis tersebut. Anda bisa membuat perhitungan yang cermat mu­lai dari biaya produksi, biaya bahan baku, biaya pekerja dan bahkan biaya untuk pera­watan lokasi bisnis.

7. Siap untuk Menerima Kritik dan Saran

Salah satu cara mendapat­kan keuntungan bisnis yang maksimal adalah dengan cara berani atau siap menerima komentar, kritik dan saran dari pelanggan. Ketika Anda mau menerima feedback berupa kritik atau saran dari pelanggan, itu artinya Anda adalah calon pebisnis yang siap untuk sukses dan maju ke depan. Tidak semua orang mampu menerima saran dan kritik dari orang lain, anggap saja hal tersebut merupa­kan suatu cambuk bagi Anda untuk menjadi lebih sukses. Anda tidak boleh merasa down atau gagal ketika mene­rima kritik atau saran.

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment