Koran Jakarta | May 23 2018
No Comments

Meningkatkan Kualitas Udara di Dalam Ruangan

Meningkatkan Kualitas Udara di Dalam Ruangan

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Jika ruangan di rumah Anda memiliki pendingin ruangan, pastikan bahwa filter atau penyaring udara di dalamnya dibersihkan dan diganti secara berkala agar lebih efisien dan dapat meningkatkan kualitas udara.

Banyak hal yang menyebabkan rumah tidak segar dan muncul bau tidak sedap. Hal itu antara lain disebabkan sampah basah yang dibiarkan beberapa hari, bau kotoran hewan peliharaan yang tersembunyi atau asap yang berasal dari dapur dan juga ruangan lembab yang menimbulkan jamur.

Kantor konsultan desain interior dan eksterior rumah, Architectaria menyebutkan, kotoran tersebut bila tidak segera diatasi akan menembus ke dalam dinding, karpet dan furnitur yang berada didalam rumah. Menurut Arie, konsuktan interior, ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mencegah dan menghilangkan bau tak sedap yang dapat menganggu kenyaman Anda.

Pertama, bukalah jendela setiap ruangan yang ada di rumah Anda. Menurut dia, hal yang menyenangkan ketika Anda berada didalam rumah adalah menghirup udara yang segar yang bebas dari segala bau yang tidak sedap. Kapan pun jika memungkinkan, bukalah jendela yang  ada di rumah Anda agar aliran udara dapat berganti sehingga udara didalam ruangan tidak terasa pengap.

Dengan membuka jendela, Anda dapat menghilangkan bau yang tidak sedap di dalam rumah seperti bau dari asap rokok atau bau asap ketika Anda sedang memasak.

Kedua, rajinlah menggunakan penyedot debu. Pembersihan secara teratur menggunakan penyedot debu akan mengurangi bau yang tidak sedap di dalam rumah. Anda dapat menambahkan pengharum atau baking soda pada karpet untuk menghilangkan bau membandel.

Taburkan baking soda pada seluruh permukaan karpet lalu kemudian gunakan penyedit debu untuk menyerap kotoran yang berada di permukaan karpet.

Ketiga, rajinlah membersihkan permukaan furnitur. Membersihkan permukaan yang keras sangat penting untuk dilakukan. Cat mengkilat, lantai yang keras, permukaan meja konter harus dibersihkan agar tidak ada kotoran yang menempel yang akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Bersihkanlah permukaan benda-beda tersebut dengan kain halus yang dibasahi dan diberi sabun agar kotoran di permukaan tidak tersisa.

Untuk area dimana bau tak sedap begitu menyengat seperi dapur dan kamar mandi, Anda harus melakukan usaha berlebih seperti membeli sabun pembersih dengan formula khusus yang dapat menghilangkan kotoran dan bau yang menyengat.

Keempat, gantilah filter pada pendingin ruangan untuk meningkatkan kualitas udara. Jika ruangan di rumah Anda memiliki pendingin ruangan, pastikan bahwa filter atau penyaring udara didalamnya di bersihkan dan diganti secara berkala agar lebih efisien dan dapat meningkatkan kualitas udara.

Tidak hanya dari pendingin ruangan, Anda juga harus mengganti filter pada penyedot debu agar kotoran didalamnya tidak tersisa.

Kelima, mengecat ulang dinding. Ketika Anda sudah berusaha sekuat tenaga namun sepertinya tidak memberikan hasil, mungkin saatnya bagi Anda untuk sedikit memperbaharui tampilan ruangan.

Dengan mengecat dinding dengan warna baru mungkin saja Anda dapat menghilangkan bau yang tidak sedap yang berasal dinding yang lembab dengan cat yang sudah mulai memudar. yun/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment