Koran Jakarta | June 26 2017
No Comments

Mentor Perlu untuk Membantu Mencapai Sukses Bisnis

Mentor Perlu untuk Membantu Mencapai Sukses Bisnis

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Judul : Breakthrough: 7 Kunci Utama Membangun Bisnis

Penulis : Mohammad Assad

Penerbit : Elex Media Komputindo

Cetakan : 2017

Tebal : 276

ISBN : 978-602-04-0083-9

Jumlah pengusaha menunjukkan tingkat kemajuan ekonomi suatu negara karena menjadi lokomotif ekonomi. Perusahaan mereka dikenai pajak 40 persen untuk kas negara. Di samping itu, lapangan kerja akan semakin lebar guna mengikis jumlah pengangguran.

Menjadi pengusaha harus memiliki modal. Modal utama bukan materi, namun kemampuan diri untuk mencari peluang tidak hanya sekarang, namun juga kelak. Itulah rumus yang diterapkan pengusaha nasional Chairul Tanjung. Buy the future with the present value. Seorang pengusaha harus bisa memprediksi kejadian masa depan dengan melihat situasi dan kondisi saat ini (hlm viii).

Namun, mencari peluang bukan mudah. Semangat saja tidak cukup. Hanya keyakinan diri tidak memadai karena rimba bisnis berliku dan kompleks. Pengusaha sukses harus belajar mencari peluang dari nol tentang pola pikir, keberanian, dan kreativitas. Pola pikir meyakini, siapa pun bisa menjadi pengusaha sukses. Berani gagal dan kreatif merambah sesuatu baru agar bisa mendatangkan keuntungan dan mampu terus bertahan (hlm 13–15).

Para pengusaha sukses pernah gagal, namun mampu bangkit. Jiwa pengusaha digambarkan seperti pohon kurma yang tumbuh kuat di padang pasir. Sebab sejak benih ditanam akarnya mencengkeram tanah kuat-kuat demi mengangkat beban bebatuan di atasnya. Ibarat lain, seperti pohon bambu yang selama tujuh tahun pertama tidak berkembang karena fokus pada pemekaran akar (hlm 202–203).

Pengusaha yang didampingi mentor akan melewati berbagai kendala serta bisa mempersingkat jalan menuju sukses. Dengan beragam pengalaman bisnis, mentor bisa memberi ilmu bisnis yang sudah teruji di lapangan, solusi persoalan, dan teori yang telah dipraktikkan (hlm 227–228).

Contoh banyak orang Padang belajar langsung membuka restoran. Orang Palembang sukses berdagang pempek. Orang Makassar sukses menjadi pengusa coto dan orang Pekalongan berhasil menjadi pengusaha batik. Anak pengusaha lebih mudah melewati berbagai kendala kalau mau belajar dari pendahulu baik orang tua maupun seniornya.

Mentor antara lain berperan sebagai motivator. Bagaimanapun tabah dan kegigihan berusaha, tetap saja calon pengusaha bisa malas, kurang percaya diri, atau putus asa menghadapi kegagalan. Apalagi bila kegagalan datang bertubi-tubi. Mentor juga berfungsi untuk membantu mengembangkan bisnis.

Pengusaha pemula biasanya banyak melakukan kesalahan dan kegagalan karena belum berpengalaman. Jika terus menerus salah dan gagal, tentu waktu dan modal akan susut pula. Kehadiran mentor bisa mengurangi risiko tersebut. Dia juga berfungsi untuk melihat blind spot. Semua memiliki blind spot atau titik buta yang hanya bisa dilihat orang lain. Untuk itu, seseorang membutuhkan sesamanya yang bisa melihat kekuatan dan menutupi kekurangan (hlm 239).

Mentor dalam dunia penting karena tidak lepas dari pakem bisnis sebagai pengejewantahan solidaritas sesama manusia. Bisnis adalah usaha mencukupi kebutuhan orang lain. Dalam konteks mentor, setiap pengusaha sebaiknya saling berbagi pengalaman demi terciptanya sinergitas bisnis yang mapan. Sebab itu, jaringan pertemanan harus selalu dibangun dan dijaga lewat media sosial, pelatihan, atau kunjungan yang bersifat personal. 

Diresensi Habibullah, lulusan pascasarjana UIN Malang

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment