Mesin Cuci Pintar Berbasis AI | Koran Jakarta
Koran Jakarta | February 26 2020
No Comments

Mesin Cuci Pintar Berbasis AI

Mesin Cuci Pintar Berbasis AI

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Kecerdasan buatan yang mampu berpikir dan melakukan pengaturan sendiri, mulai diterapkan pada peralatan rumah tangga seperti mesin cuci. Yang terbaru LG Electronics membekali mesin cuci front loading dengan teknologi artificial intelligence (AI) yang ditampilan pada Consumer Electronics Show (CES) 2020, di Las Vegas, AS.

“Hadirnya mesin cuci ini menetapkan standar baru kenyamanan, yang tak hanya dari kapasitas cuci lebih besar, namun pula dari hadirnya pengalaman mencuci dengan pengaturan lebih baik untuk perawatan pakaian,” ujar Presiden LG Electronics Home Appliance & Air Solution Company Dan Song. Dengan teknologi Artificial Intelligence Direct Drive (AI DD) besutan LG, mesin cuci dapat mengenali jenis dan bahan pakaian.

AI DD ini dalam mendeteksi jenis cucian dengan lebih baik. Bila mesin cuci biasa hanya mendeteksi berat dan dimensi volume cucian, kelengkapan AI beserta berbagai sensor yang ditanam LG membuat mesin cuci ini dapat mengenali tipe bahan pakaian.

“Mesin cuci ini misalnya, mampu mengenali perbedaan bahan pakaian kaus dan celana dibanding dengan seprai atau kombinasi bahan pakaian lain,” ujar Dan Song.

Kerja pengenalan tipe bahan pakaian ini kemudian akan dibandingkan dengan data yang jumlahnya lebih dari dua puluh ribu kombinasi detail pengenalan dari penggunaan mesin cuci yang dibenamkan didalamnya.

Dengan hasil pengenalan yang telah tersimpan, akan mendorong mesin cuci memilih program pencucian paling optimal secara otomatis. Termasuk dalam program ini yaitu pengaturan pergerakan tabung, temperatur dan durasi pencucian. Sementara Direct Drive pada mesin cuci ini merujuk pada penggunaan motor khusus yang dicipta LG dan terus mengalami penyempurnaan sejak 20 tahun lalu.

Dengan meniadakan karet penghubung antara tabung dan motor penggeraknya, motor ini memiliki keunggulan pada efisiensi sekaligus pengoperasian dengan tingkat kesenyapan lebih baik. Mesin cuci ini membuat pengguna tidak direpotkan dengan seberapa banyak jumlah deterjen yang dibutuhkan. Pasalnya fitur ezDispense secara otomatis mengatur aliran deterjen dan cairan pelembut pakaian pada waktu yang tepat di tengah proses pencucian.

Bila kemudian pengguna bermaksud mengeringkan cucian dengan mesin pengering yang kompatibel, fitur LG Smart Pairing dari mesin cuci ini akan mengirimkan informasi dan melakukan pengaturan pada mesin pengering untuk mendapatkan hasil optimal. Sentuhan kenyamanan pun dihadirkan melalui opsi keterhubungan mesin cuci AI DD ini dengan Amazon Alexa.

Melalui aplikasi mobile ThinQ, mesin cuci ini akan memberi notifikasi saat deterjen dalam mesin cuci tinggal sedikit. Tak hanya itu, pengguna bahkan dapat mengaktifkan Amazon Dash Replenishment melalui aplikasi ThinQ ini.

Hal yang akan membuatnya dapat melakukan pembelian otomatis pada berbagai suplayer deterjen dan pelembut pakaian yang diatur sebelumnya. Mesin cuci yang mendapat penghargaan CES Innovation Award 2020 juga memiliki teknologi TurboWash 360 yang berbentuk gelombang air kuat yang memutar cucian ke berbagai sisi yang berguna untuk mendorong deterjen masuk hingga ke bagian dalam pakaian sekaligus menyingkat keseluruhan waktu pencucian hingga di bawah 30 menit.

Pada bagian lain, 3D Multi Spray hadir berwujud semburan air bertekanan tinggi dari lima arah bekerja secara simultan pada proses pencucian. Keberadaannya memberi dukungan melepaskan noda pada cucian. hay/R-2

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment