Koran Jakarta | October 20 2019
No Comments
VARIA

Obesitas Mengakibatkan Mudah Terserang Penyakit

Obesitas Mengakibatkan Mudah Terserang Penyakit

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Obesitas atau kegemukan dapat membuat anak-anak mudah terserang penyakit. Secara tidak lang­sung, anak dengan obesitas juga akan mengalami gangguan konsentrasi dan mudah lelah yang berdampak pada menu­runnya kemampuan belajar dan ketidakmampuan untuk memobilisasi diri sendiri.

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, Michael Triangto, mengatakan penanganan obesitas biasanya dengan cara mengurangi asupan kalori melalui program diet yang sehat dan meningkatkan aktivitas fisik. Tapi, hal tersebut hanya berlaku untuk penderita obesitas berusia dewasa.

“Hal itu tidak dapat langsung diaplikasikan pada anak ka­rena mereka bukanlah miniatur orang dewasa. Oleh sebab itu, perlu disiapkan strategi khusus dalam mengatasi kasus ini, dan bukan hanya diselesaikan dengan jalan operasi un­tuk mengatasi kegemukan atau bariatrik,” ujar Michael, di Jakarta, Minggu (15/9).

Ia menyebut beberapa strategi tersebut yakni mengubah pola makan untuk anak, mengingat mereka masih membu­tuhkan pertumbuhan tubuh yang optimal. Ia juga meminta para orang tua agar memotivasi anak agar melakukan pe­ningkatan aktivitas fisik dalam bentuk permainan. “Sang anak perlu juga memiliki pemahaman terkait menjaga berat badan,” tandasnya. ruf/E-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment