Koran Jakarta | July 21 2017
No Comments
Indonesia Terbuka 2017

Owi/Butet Selamatkan Wajah Indonesia

Owi/Butet Selamatkan Wajah Indonesia

Foto : ANTARA/Wahyu Putro A
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Ganda campuran andalan Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, berhasil menyelamatkan wajah Indonesia di ajang Kejuaraan Bulu Tangkis Indonesia Terbuka 2017.

Menjadi tumpuan untuk meraih gelar, Tontowi/Liliyana pada laga final di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (18/6), berhasil menumbangkan unggulan pertama dari Tiongkok, Zheng Siwei/Chen Qingchen, dengan skor 22-20, 21-15.


Juara Olimpiade Rio de Janeiro 2016 itu berhasil memenuhi harapan publik Indonesia yang memadati JCC sejak siang hari.

Sorak-sorai penonton yang memberikan dukungan bagi Owi/Butet, sapaan akrab Tontowi/Liliyana, seakan-akan terus memompa semangat wakil Merah Putih tersebut.


Kejar-mengejar skor terjadi di set pertama. Skor sempat imbang 17-17. Sempat terjadi deuce, hingga akhirnya Owi/Butet memenangkan set pertama dengan skor 22-20.

Memasuki set kedua, Owi/Butet sempat tertinggal. Namun, berkat kegigihan dan ketenangan, mereka mampu menyamakan kedudukan menjadi 14-14. Setelah itu, pasangan Indonesia ini tampil di atas angin hingga akhirnya mengunci kemenangan dengan skor 21-15.


Owi/Butet memenangkan pertandingan dalam waktu 45 menit. Ini menjadi satu-satunya gelar yang diraih Indonesia di Indonesia Open 2017.

Sebelumnya, Tontowi/Liliyana pernah dua kali melangkah ke final, namun selalu gagal meraih gelar.

Pada tahun 2012, mereka dikalahkan oleh Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam dari Thailand dan pada 2011, mereka takluk dari wakil Tiongkok, Zhang Nan/Zhao Yunlei.


Hapus Puasa Gelar


Hasil itu sekaligus juga mengakhiri puasa gelar bagi Indonesia yang telah berlangsung sejak 2014.

Seusai pertandingan, Liliyana mengatakan kemenangan ini menjadi semangat dan motivasi baginya untuk kembali berprestasi. “Kemenangan ini menjadi penyemangat bagi kami untuk kembali berprestasi. Terima kasih atas dukungan semua penonton.

Dukungan keluarga, PBSI dan puji syukur kepada Tuhan,” ujar Liliyana.


Hal yang sama juga diungkap Tontowi. Sambil menggendong anaknya, pebulu tangkis kelahiran Banyumas, Jawa Tengah, itu mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan kepada mereka. “Terima kasih kepada atas dukungan semuanya, keluarga saya, bapak, ibu, istri, dan anak saya,” ujar Owi.


Dengan kemenangan itu, Owi/Butet berhak atas hadiah uang sebesar 79 ribu dollar AS. Bagi Liliyana, gelar itu menjadi yang ketiga kalinya. Dia sebelumnya pernah menjadi juara Indonesia Terbuka ketika masih berpasangan dengan Nova Widianto dan Vita Marissa.

Saat berpasangan dengan Nova, Liliyana mampu merebut gelar juara Indonesia Terbuka edisi 2005.

Sementara dengan Vita, dia memenangi titel Indonesia Terbuka 2008 di sektor ganda putri.


Di ajang ini, Tiongkok mendominasi perolehan gelar dengan merebut juara di nomor ganda putri dan ganda putra. Sedangkan India meraih satu gelar tunggal putra dan Jepang juga satu gelar di tunggal putri. ben/ion/S-2

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment