Pemilihan di Solo Kemungkinan Hanya Diikuti Satu Calon | Koran Jakarta
Koran Jakarta | April 4 2020
No Comments
Pesta Demokrasi

Pemilihan di Solo Kemungkinan Hanya Diikuti Satu Calon

Pemilihan di Solo Kemungkinan Hanya Diikuti Satu Calon

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Dukungan politik terhadap Gibran Rakabuming yang akan maju dalam pemilihan Wali Kota Surakarta terus menguat. Dukungan di internal PDIP, di mana Gibran terdaftar sebagai kader, terus menggeliat. Jika Gibran, akhirnya didukung PDIP, sangat mungkin ujungnya pemilihan wali kota di Solo hanya diikuti satu pasangan calon.

“Jika melihat konstelasi peta dukungan politik menjelang digelarnya pemilihan wali kota di Solo, peluang Gibran sangat besar. Modal politik yang kini dikantongi Gibran, lebih besar dibanding kandidat calon lain. Salah satunya adalah mengalirnya dukungan dari partai lain, selain PDIP,” kata Direktur Eksekutif Indonesian Democratic Center for Strategic Studies (Indecenters), Girindra Sandino kepada Koran Jakarta, Selasa (18/2).

Menurut Girindra, beberapa partai sudah dengan terang-terangan akan mendukung putra sulung Presiden Joko Widodo tersebut. Partai Demokrat, bahkan langsung dari SBY sendiri siap dukung Gibran. Prabowo Subianto, Ketua Umum Gerindra juga sudah memberi restu politiknya. Begitu juga dengan Golkar, PKS, PPP, dan partai lainnya.

Namun memang tiket politik dari PDIP, kata Girindra, belum sepenuhnya digenggam. Sepertinya menjelang pemilihan, restu dari Megawati akan didapat Gibran. Jika melihat peta dukungan politik yang ada, besar kemungkinan, pemilihan wali kota di Solo, hanya akan diikuti oleh satu pasangan calon yakni Gibran Rakabuming. Tinggal kotak-katik siapa yang akan jadi pendampingnya sebagai calon wakil wali kota.

“Sangat mungkin Pilwakot di Surakarta atau Solo ini hanya diikuti oleh Gibran. Soal siapa yang akan jadi pendampingnya, ini akan jadi bagian dari kompromi partai-partai pendukungnya,” katanya.

Peran Pengawasan

Dengan hanya satu pasangan calon, lanjut Girindra, maka kans Gibran bisa menang dalam kontestasi pun terbuka lebar. Hanya saja yang harus dipastikan adalah kontestasi meski hanya diikuti oleh calon tunggal, berjalan dengan fair. Dalam konteks ini, peran pengawasan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sangat penting.

“Makanya saya minta Bawaslu memberi perhatian khusus pada pelaksanaan Pilkada serentak 2020, terutama pada pemilihan wali kota Solo, di mana putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming diprediksi maju sebagai calon wali kota,” ujarnya. ags/N-3

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment