Pemprov Jabar Terus Salurkan Bantuan Korban Bencana | Koran Jakarta
Koran Jakarta | February 26 2020
No Comments

Pemprov Jabar Terus Salurkan Bantuan Korban Bencana

Pemprov Jabar Terus Salurkan Bantuan Korban Bencana

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat memasti­kan bantuan korban bencana akan tetap disalurkan meski­pun masa tanggap darurat untuk daerah bencana di Jawa Barat telah berakhir.

“Masa tanggap darurat sudah selesai, tapi bukan berarti bantuan selesai. Sebagian masih belum normal, sebagian tahap recovery, jadi bantuan akan terus disalurkan sampai semua beres,” kata Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, di Bandung, Jawa Barat, Jumat (10/1).

Ia juga menegaskan anggaran kebencanaan atau tanggap darurat akan mudah disalurkan bagi wilayah yang membu­tuhkan. Apalagi Jabar merupakan daerah dengan tigkat ke­bencanaan yang cuku tinggi. “Jabar itu setahun bisa 1500 kali laporan kebencanaan, hampir 100 persen terkait dengan air, banjir, longsor, dan lainnya. Banyak masyarakat yang hidup di lahan miring atau pinggir sungai juga,” kata dia.

Karena lebih banyak bencana metrohidrologi, maka upaya mengurangi risiko terus dilakukan. Salah satunya dengan memaksimalkan terowongan air di kawasan Curug Jompong, Kabupaten Bandung.

“Sudah terbukti, terowongan ini mampu mengurangi banjir di kawasan Bandung, sekitr Citarum. Padahal curah­bhujan sangat tinggi,” tuturnya. tgh/E-3

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment