Koran Jakarta | August 25 2019
No Comments

Pen Tablet Baru untuk Kreator Konten

Pen Tablet Baru untuk Kreator Konten

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Saat bekerja pada konten kreator seperti desainer grafis, animator, illustrator, arsitek, dan sejenisnya membutuhkan teknologi untuk menghasilkan karye dengan baik. Teknologi pen tablet telah membantu mereka dalam menghasilkan karya secara mudah dan cepat. Pen tablet berfungsi sebagai alat untuk mirroring dalam mengambar. Dengan tehubung dengan PC, ponsel atau tablet, pengguna dapat mengambar langsung pada layar atau pada papan, sehingga tidak perlu lagi menggunakan mouse dalam menggambar.

Di Indonesia, Huion meluncurkan tiga pen tablet atau juga biasa disebut sebagai tablet grafis, yang terdiri dari seri Inspiroy HS64, Kamvas Pro 16, dan Kamvas Pro 22, yang menyasar segmen pemula hingga profesional.

“Bagi pengguna professional yang biasa bekerja dengan komputer, Huion HS64 bisa meningkatkan mobilitas mereka untuk bekerja,” kata Sales and Marketing Manager PT. Bintang Indah Cemerlang, Bara Adhyaksa, di Jakarta baru-baru ini.

Khusus seri HS64 hadir dalam edisi spesial berupa pen tablet yang memiliki tampilan dengan karakter dari Chips & Co besutan Ciayo. Nantinya, edisi spesial ini akan dijual secara global sekaligus sebagai upaya mengangkat karakter Chips & Co agar makin dikenal luas ke seluruh dunia.

Seri HS64 merupakan tablet kreatif pertama yang dapat digunakan hanya dengan menyambungkan kabel data ke smartphone berbasis Android. Ini tentu memudahkan, khusus ya pengguna awam yang hendak memulai menggambar secara digital tanpa perlu memiliki komputer desktop atau laptop.

HS64 memiliki ukuran 106mm x 102mm, berupa pena digital yang memiliki pressure level sebesar 8192. Dengan tingkat tekanan tersebut, pengguna bisa menggambar seperti layakanya diatas kertas, dimana tekanan pada pena akan mempengaruhi ketebalan garis yang dibuat.

Pena digital tidak membutuhkan baterai, sehingga lebih praktis. Perangkat ini dapat terhubung ke perangkat PC/ Laptop maupun smartphone, dengan platform Windows, MacOS maupun Android.

Seri ini dibanderol pada harga 799.000 rupiah. Selain produk HS64 yang mulai dipasarkan di Indonesia sejak 1 Agustus 2019, Huion juga memilki beberapa produk lain yaitu dua model pen display, Kamvas Pro 16 dan Kamvas Pro 22.

Berbeda dengan pen tablet HS64 yang hanya berupa papan dan pena, Kamvas Pro memiliki layar interaktif dengan ukuran 16 inci dan 22 inci dengan resolusi FullHD, SRGB 120 persen, dan 16,7 juta warna. Kamvas Pro juga memiliki pena digital dengan pressure level 8192.

Pada samping layarnya terdapat pula 6 tombol pintas untuk Kamvas Pro 16 dan 10 tombol pintas untuk Kamvas Pro 22. Untuk Kamvas Pro 16 dan Kamvas Pro 22 dibanderol dengan harga 6,999 rupiah sementara 16,250 juta rupiah.

Sementara, kerja sama antara Huion dan Ciato ini sebagai salah satu upaya mendukung sektor industri kreatif di Indonesia. Ciayo sendiri merupakan perusahaan kreatif asal Indonesia yang banyak menghasilkan karya-karya di dunia komik digital, penciptaan game, dan karakter.

Sebagai perusahaan kreatif, Cciayo merasa bahwa kolaborasi dengan Huion sangat baik untuk mendekatkan karakter CHIPS & Co. dengan para penikmat kreatifitas di Indonesia.

Selain itu, kolaborasi ini menjadi langkah pertama dalam membuka potensi IP (Intellectual Property) Indonesia atau HAKI dalam bisnis lisensi karakter. Dengan makin banyaknya kreator-kreator IP lokal, kolaborasi ini dapat mendongkrak nilai produk agar jadi lebih bernilai. hay/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment