Koran Jakarta | September 23 2019
No Comments

Penalti Vettel Lebih Berat

Penalti Vettel Lebih Berat

Foto : AFP/ ANDREJ ISAKOVIC
A   A   A   Pengaturan Font

MONZA - Penalti kepada pebalap Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel, pada GP Italia bebe­rapa waktu lalu lebih berat ketimbang pen­alti yang dijatuhkan kepada Lance Stroll karena cara tidak aman yang dilakukan Vettel saat kembali ke lintasan te­lah menyebabkan tabrakan. Hal tersebut di­ungkapkan direktur balap F1 Michael Masi dalam laman Sport 24.

Pebalap Jerman itu memutar SF90-nya di udara jernih Ascari pada lap enam sebelum masuk kembali ke lintasan untuk langsung memotong jalur Stroll yang membalap untuk tim SportPesa Racing Point.

Stroll berusaha disalip Vettel yang akibat­nya kedua mobil pebalap mengalami keru­sakan sayap depan, sebelum Stroll melaku­kan hal sama seperti Vettel dengan kembali ke lintasan secara tidak aman, di depan Pierre Gasly sehingga pebalap ini terpaksa masuk gravel trap (jalur aman berpasir).

Sementara Vettel terkena penalti sepuluh detik stop/go dan pengurangan tiga poin, Stroll hanya menerima penalti drive-through yang bahkan dianggap pebalap Kanada ini ti­dak adil.

Namun, Masi menjelaskan bahwa Vettel melakukan dua pelanggaran - masuk kembali lintasan dengan cara tidak aman dan menye­babkan tabrakan, sedangkan Stroll hanya ma­suk lagi lintasan secara tidak aman tapi tidak melakukan kontak dengan Gasly.

Vettel sendiri mengaku tidak melihat Stroll muncul, tapi Masi bersikeras bahwa dalam peristiwa seperti itu pebalap dan tim harus le­bih waspada.

“Kalau ragu, berhati-hatilah,” kata Masi. “Mereka semua dilengkapi GPS, semua pemo­sisian, jelas disiarkan langsung. Mereka diberi semua gambar yang sama yang kita semua dapatkan. Tanggung jawab ada pada penge­mudi pertama dan yang kedua ada pada tim yang membantu mereka.” AFP/S-2

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment