Koran Jakarta | June 16 2019
No Comments
PREDIKSI RUPIAH

Pengaruh Faktor Eksternal

Pengaruh Faktor Eksternal

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

 

 

JAKARTA- Kurs rupiah pada perdagangan Rabu (12/6) diperkirakan masih terus terapresiasi karena pengaruh dari faktor eksternal khususnya meningkatnya ekspektasi penurunan suku bunga oleh Federal Reserve meskipun investor khawatir untuk melepas dollar secara agresif sebelum KTT Kelompok 20 bulan ini.

Nilai tukar rupiah sendiri yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa sore (11/6) menguat seiring meningkatnya ekspektasi pasar akan turunnya suku bunga The Fed. Rupiah menguat 11 poin atau 0,08 persen ke level 14.239 per dollar AS dari sebelumnya 14.250 per dollar AS.

“Komentar dovish baru-baru ini dari pejabat Fed dan data ekonomi yang lemah telah mendukung harapan untuk penurunan suku bunga. Tetapi pasar juga melihat ke pertemuan G20 di Osaka, Jepang, pada 28-29 Juni mendatang,” kata Direktur Utama PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi.

Dari internal, inflasi Mei yang relatif terkendali serta dinaikkannya peringkat surat utang Indonesia oleh lembaga pemeringkat internasional Standard & Poor’s, juga mendorong rupiah bergerak ke teritori positif. 

 

Ant/E-9

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment