Peringati HUT Polwan, Kapolri Pimpin Doa bagi Prajurit Gugur | Koran Jakarta
Koran Jakarta | February 19 2020
No Comments

Peringati HUT Polwan, Kapolri Pimpin Doa bagi Prajurit Gugur

Peringati HUT Polwan, Kapolri Pimpin Doa bagi Prajurit Gugur

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Kepala Kepolisian RI (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian menghadiri hari ulang tahun (HUT) ke-71 Polisi Wanita (Polwan) di Lapangan Polda Metro Jaya. Dalam ke­sempatan itu, Kapolri memimpin doa atas gugurnya para personel Polri dan TNI saat bertugas di Papua.

“Mengirimkan doa untuk petugas yang dikirim ke Papua yang kemarin situasinya masih mengalami gangguan. Kita juga menyampaikan doa terutama kepada prajurit TNI dan Polri yang terluka maupun gugur. Satu di antaranya ada­lah personel TNI AD, Anggota Kodam Sriwijaya. Semoga Almarhum mendapat tempat terbaik dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan yang terluka diberi kes­embuhan,” kata Tito ditemui di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Minggu (1/9).

Tito mengatakan HUT Polwan ini berkaitan dengan peris­tiwa bersejarah, yakni agresi militer Belanda yg pertama ta­hun 1947. Saat itu, banyak pengungsi khawatir adanya pe­nyusupan.

“Adanya hanya polki. Polki melakukan penggeledahan kepada wanita-wanita dikhawatirkan adanya penyusupan, maka diminta bantuan istri dari polki untuk penggeledahan. Akhirnya, sejumlah orgnisasi meminta agar dibentuk polisi wanita (polwan) untuk melaksanakan tugas khusus tersebut,” ujar Tito.

Maka, lanjut Tito, pada tanggal 1 September 1947, ditun­juk empat wanita pertama untuk mengikuti sekolah inspek­tur. “Dari empat orang tersebut terakhir berpangkat kombes. Ini awal lahirnya polwan.  jon/P-6

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment