Koran Jakarta | December 12 2017
No Comments

PLN Didesak Tingkatkan TKDN

PLN Didesak Tingkatkan TKDN

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA– Kementerian Koordinator Kemaritiman meminta PTPerusahaan Listrik Negara (PLN) mengurangi impor komponen pembangkit. Sebab, impor komponen pembangkit perusahaan kelistrikan tersebut hingga kini masih cukup tinggi sehingga perlu dikurangi.

Direktur Perencanaan PLN, Nicke Widyawati menyebutkan komponen yang masih banyak diimpor meliputi boiler dan turbin yang langsung didatangkan dari Tiongkok, Jepang dan Eropa. “Tadi pak Luhut bilang harus dikurangi komponen impornya dengan menyusun roadmap pennggunaan komponen lokal,” ungkapnya usai menggelar rapat dengan Menko Maritim Luhut B Pandjaitan di Jakarta, Senin (19/6).

Saat ini, tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) pembangkit PLN sekitar 32 persen dari total pembangkit, masih jauh dari ketetapan pemerintah sebesar 40 persen. Karenanya, PLN diminta mengejar ketertinggalan itu agar sesuai dengan ambang batas tersebut.

Luhut, terang Nicke, menginstruksikan PLN menyiapkan road map TKDN agar bisa dipetakan peralatan yang bisa diproduksi lokal untuk selanjutnya disiapkan skema proses produksinya. PLN juga diminta untuk bersinergi dengan Badan Pengkajian Penerapan Teknologi. ers/E-10

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment