PNS Harus Berdaya Saing Guna Mewujudkan Indonesia yang Lebih Maju | Koran Jakarta
Koran Jakarta | February 26 2020
No Comments
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi, Tjahjo Kumolo, Terkait Seleksi CPNS

PNS Harus Berdaya Saing Guna Mewujudkan Indonesia yang Lebih Maju

PNS Harus Berdaya Saing Guna Mewujudkan Indonesia yang Lebih Maju

Foto : antara
A   A   A   Pengaturan Font
Tahun 2019, pemerintah kembali membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Hari Senin (14/1), Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo, menerima secara resmi naskah soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang diserahkan langsung oleh Menteri Pendidikan Nasional dan Kebudayaan Nadiem Makarim di Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi di Jakarta.

 

Seperti diketahui, naskah tentang SKD ini akan digu­nakan untuk tes tahapan se­lanjutnya. Dalam sambutan saat menyerahkan naskah tersebut, Menteri Pendidikan Nasional dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, mengatakan penyusunan naskah soal SKD dilakukan secara ketat.

Untuk mengupas itu lebih lan­jut, usai pertemuan Koran Jakarta sempat mewawancarai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi, Tjahjo Ku­molo, di kantornya, Senin kemarin. Berikut petikan wawancaranya.

Pemerintah kembali mem­buka pendaftaran CPNS. Berapa formasi yang disediakan?

Sebelumnya perlu saya jelaskan, rekrutmen CPNS ini tujuannya untuk mendapatkan sumber daya manusia (SDM) yang berkuali­tas. Mengenai jumlah formasi yang terse­dia, ada 154.029 formasi dalam rekrutmen CPNS kali ini yang terdiri dari 37.584 formasi di instansi pusat dan 116.445 di instansi daerah.

Berapa orang yang telah mendaftar?

Berdasarkan data dari SSCASN Badan Kepegawaian Negara (BKN) tercatat 4.197.218 calon peserta yang telah melakukan pendaftaran.

Sudah ada yang lolos dalam tahapan tes administrasi?

Ya ada 3.364.897 peserta telah lolos verifikasi adminis­trasi.

Wah banyak juga ya?

Ya, angka ini menunjukan be­sarnya antusiasme dan perhatian publik terhadap rekrutmen CPNS.

Selanjutnya, tes apa yang akan dijalani oleh peserta CPNS yang telah lolos tes administrasi?

Tahapan tes selanjutnya adalah tahapan Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD. Tahapan tes SKD ini akan dimulai pada 27 Januari sampai dengan 28 Februari 2020. Tes ini adalah ujian berbasis komputer. Materinya meliputi tes wawasan kebangsaan, tes intelegensi umum dan tes karakteristik pribadi.

Naskah SKD yang menyusun Kemendiknas?

Ya. Naskah tes SKD disusun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Karenanya saya me­wakili Pansel Nasional CPNS, perlu mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pendidikan dan Kebu­dayaan yang telah bekerja keras menyusun naskah soal SKD.

Selanjutnya apa?

Selanjutnya, Tim Panselnas CPNS akan melakukan proses memasukkan naskah tersebut ke dalam sistem CAT BKN. Naskah ini yang akan digunakan dalam pelak­sanaan seleksi nanti. Poses input ini diperlukan kehati-hatian. Jangan sampai data bocor. Harus ada jaminan kerahasian keamanan data.

Harapan Anda terhadap rek­rutmen CPNS kali ini apa?

Kita berharap agar seleksi CPNS tahun anggaran 2019 berlangsung aman, kompetitif, adil, objektif, transparan dan bersih dari praktik kolusi, korupsi dan nepotisme. Se­hingga pada akhirnya lewat rekrut­men CPNS ini bisa menghasilkan CPNS yang berdaya saing, berinteg­ritas, guna mewujudkan kondisi Indonesia yang lebih maju lagi. agus supriyatna/AR-2

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment