Koran Jakarta | September 23 2018
No Comments
Pilpres 2019

Posisi Ketua Tim Kampanye Jokowi Akan Diisi Tokoh Senior

Posisi Ketua Tim Kampanye Jokowi Akan Diisi Tokoh Senior

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy mengatakan bakal calon presiden (capres) Joko Widodo sedang mempertimbangkan tiga nama calon ketua tim kampanye nasional (TKN) Jokowi- Ma’ruf Amin.

Tiga calon ketua TKN itu pernah menduduki jabatan publik yang cukup tinggi. Ketiganya punya rekam jejak yang bagus dalam pengelolaan komunikasi dengan berbagai kalangan, baik di sektor ekonomi, hukum, maupun keormasan.

“Saya sudah berbicara dengan Pak Jokowi beberapa hari yang lalu. Beliau masih mempertimbangkan tiga nama,” kata Romahurmuziy saat ditemui di Gedung Joeang, Jakarta Pusat, Minggu (19/8).

Selain itu, kata Romi, ketiganya merupakan tokoh senior dengan usia yang cukup matang, di atas 60 tahun. “Saya sebut sebagai senior citizen sehingga mereka memiliki cukup wibawa untuk memimpin tim kampanye nasional,” ujar Romi.

Meski demikian, Romi belum mau membocorkan tiga nama yang sedang dipertimbangkan Jokowi ini. “Insya Allah akan semakin menguatkan dukungan masyarakat bahwa Pak Jokowi memang didukung dibantu oleh warga negarawarga negara Indonesia yang memiliki pengalaman sektor publik yang luas,” tegas Romi.

Sebelumnya, beredar tiga nama yang diprediksi sebagai calon Ketua TKN Jokowi- Ma’ruf. Ketiganya yakni, mantan Wakil Ketua PBNU, As’ad Ali, Mantan Ketua PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin, dan Mantan Menko Perekonomian, Chaerul Tanjung.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Partai NasDem, Johnny G Plate, mengungkapkan Koalisi Indonesia Kerja (KIK) sudah hampir merampungkan susunan tim kampanye nasional pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin.

Menurut dia, susunan tim hanya tinggal melengkapi nama ketua tim yang saat ini masih menunggu keputusan Jokowi-Ma’ruf.

“Hari ini dapat kami sampaikan bahwa tim kampanye nasional sudah hampir rampung seluruhnya dan tinggal menunggu daftar atau calon ketua tim kampanye nasional yang nanti akan disampaikan oleh pasangan calon,

Pak Jokowi dan Kiai Ma’ruf,” kata Johnny disela-sela pertemuan dengan para sekjen KIK di Rumah Cemara 19, Jakarta, Minggu. Rencananya, tim KIK akan mendatangi Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menyerahkan dokumen terkait tim kampanye nasional pada Senin.

“Kami harapkan besok bisa disampaikan ke KPU, siang sekitar jam 2 nanti kita akan berangkat dari Posko Cemara ke kantor KPU,” kata dia. Dalam format susunan tim kampanye, ada dua posisi baru yang ditambah, yaitu koordinator pemenangan pilpres dan pengarah teritorial.

Terkait koordinator pemenangan pilpres akan diisi oleh para ketua badan pemenangan Pemilu 2019 dari partai koalisi.

“Dan ada pengarah teritorial yang akan diisi oleh gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, wali kota, wakil wali kota atau kepala daerah dari unsur partai koalisi,” katanya. Total keseluruhan anggota tim kampanye nasional Jokowi- Ma’ruf mencapai 112 orang.

Johnny berharap ketua yang ditunjuk bisa memimpin tim kampanye nasional dan menyukseskan Pilpres 2019 dengan baik. “Tentu yang diharapkan adalah ketua tim nanti adalah seorang konduktor yang akan mengorkestra pilpres ini dengan baik,” kata dia. rag/Ant/P-4

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment