Koran Jakarta | December 11 2017
No Comments
Prospek Usaha

Produsen Plastik Optimistis Menghadapi 2017

Produsen Plastik Optimistis Menghadapi 2017

Foto : Koran Jakarta/M. Fachri
USAI RUPS - Direktur Utama PT Impack Pratama Industri, Tbk Haryanto Tjiptodihardjo (kedua dari kanan) berbincang dengan Direktur Keuangan dan Akuntansi Lindawati, Direktur Pemasaran Janto Salim, dan Corporate Secretary Lenggana Linggawati usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Luar Biasa (RUPST) di Jakarta, Jumat (16/6).
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Produsen plastik untuk kebutuhan konstruksi, PT Impack Pratama Industri Tbk (IMPC) tetap optimistis dalam menghadapi tahun ini baik di pasar ritel maupun proyek. Perseroan memproyeksikan penjualan neto pada 2017 akan mengalami kenaikan sebesar 16,6 persen menjadi 1,32 triliun rupiah, dari posisi 2016 sebesar 1,13 triliun rupiah

Perseroan memproyeksikan laba komprehensif tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk juga meningkat 26,7 persen menjadi 130 miliar rupiah, dari capaian 2016 sebesar 102 miliar rupiah.

Direktur Utama IMPC, Haryanto Tjiptodihardjo mengatakan pada tahun ini Perseroan masih akan menjumpai sejumlah tantangan, di antaranya kondisi perekonomian yang belum membaik, daya beli konsumen yang masih lemah, namun tetap berupaya menciptakan peluang- peluang baru baik di pasar ritel maupun di pasar proyek.

“Perseroan masih tetap optimis untuk meraih peluang baru baik di pasar ritel maupun di pasar proyek, tentunya dengan berbagai strategi-strategi yang disiapkan oleh Perseroan,” ungkapnya di Jakarta, Jumat (16/6). Hingga April 2017, Perseroan telah menambah 1 line mesin Alderon type R guna memenuhi permintaan pasar yang meningkat pesat.

Total kapasitas Alderon Retail menjadi 6000 ton per tahun. Sementara itu untuk segmen pasar proyek, Perseroan secara agresif mencari peluangpeluang proyek infrastruktur, pertanian, peternakan, perkebunan, pabrik-pabrik kimia, yakni polycarbonate pada produk pertanian.

Sejak 31 Maret 2017, Perseroan bekerja sama dengan Covestro Thailand Co., Ltd (grup dari Covestro AG, perusahaan multinasional Jerman) dalam mengembangkan IB (Inclusive Business) untuk pasar ASEAN. “Teknologi yang kami tonjolkan adalah Solar Dome Dryer. Teknologi ini dikembangkan oleh Profesor Dr Serm Janjai dari Universitas Silpakorn Thailand,” ucapnya.

 

Pasar Ekspor

 

Terkait ekspansi melalui akuisisi bisnis Sealant dan Adhesive di Malaysia Oci Holdings Berhad Malaysia. Perseroan menambah variasi sealant yang sudah diproduksi Impack Group memberi variasi pilihan ke pasar. Hal ini tentunya sinergi dengan produk produk Impack Group. Untuk pasar ekspor Perseroan saat ini di antaranya Bangladesh, Myanmar, Filipina, Somalia, Bolivia, Cyprus, Singapura, Pakistan, Vietnam, dan Dubai.

Sedangkan rencana akuisisi bisnis distributor atap Polycarbonate & Manufacturer FRP di New Zealand yang merupakan distributor atap PC dan FRP terbesar di New Zealand dengan market coverage ritel dan proyek. Perseroan juga sepakat mengapresiasi para pemegang saham dengan menyiapkan anggaran sebesar 19,33 miliar rupiah sebagai dividen.

Alokasi pembagian dividen berasal dari capaian laba bersih Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2016 sebesar 102,54 miliar rupiah. Sisanya dimasukkan sebagai laba untuk menambah modal kerja Perseroan atau pengembangan, serta ekspansi usaha Perseroan.

Hal tersebut disampaikan dalam Rapat Umum Pegang Saham Tahunan (RUPST). Adapun laba bersih Perseroan tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2016 sebesar 102,54 miliar rupiah tumbuh 33,53 persen dibandingkan pada 2015 hanya mencapai 76,79 miliar rupiah.

Selain itu, para pemegang saham juga menyetujui untuk menjaminkan aset dan atau harta kekayaan Perseroan dengan nilai lebih dari 50 persen dari ekuitas Perseroan sehubungan dengan perolehan pendanaan bagi Perseroan maupun anak Perusahaan Perseroan. 

 

yni/AR-2

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment