Koran Jakarta | Informasi Berita Terkini Hari Ini
Koran Jakarta | July 4 2020
iklan koran jakarta

DBD Makin Meningkat

Sabtu 4/7/2020 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font
Data Kemenkes menunjukkan kasus DBD di Indonesia dari minggu pertama hingga ke-27 sudah mencapai lebih dari 70.000 kasus. Data Kemenkes menunjukkan kasus DBD di Indonesia dari minggu pertama hingga ke-27 sudah mencapai lebih dari 70.000 kasus.   JAKARTA – Kasus demam berdarah dengue...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

DBD Makin Meningkat

Sabtu 4/7/2020 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font
Data Kemenkes menunjukkan kasus DBD di Indonesia dari minggu pertama hingga ke-27 sudah mencapai lebih dari 70.000 kasus.

 

JAKARTA – Kasus demam berdarah dengue (DBD) sema­kin meningkat di tengah pan­demi Covid-19. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), wilayah yang paling banyak kasus DBD adalah wilayah dengan kasus Co­vid-19 tertinggi. Fenomena ini menunjukkan bahwa seseorang yang terinfeksi Covid-19 juga berisiko terinfeksi DBD.

“Wilayah dengan angka ka­sus Covid-19 sekaligus DBD yang tinggi, antara lain Jawa Barat, Lampung, Nusa Teng­gara Timur (NTT), Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Sulawesi Selatan,” ungkap Tim Komunikasi Publik Gugus Tu­gas Percepatan Penanangan Covid-19, Reisa Broto Asmoro, dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (3/7).

Reisa mengatakan, dari hari ke hari, kasus DBD terus me­ningkat, bahkan situasinya su­dah semakin berbahaya. Data Kemenkes menunjukkan kasus DBD di Indonesia dari minggu pertama hingga ke-27 sudah mencapai lebih dari 70.000 ka­sus. Jumlah tersebut tersebar di 34 provinsi dan 465 kabu­paten/kota dengan jumlah ke­matian hampir 500 orang.

“Penambahan kasus baru dan kematian terus bertam­bah. Puncaknya biasanya menjelang pertengahan tahun seperti sekarang,” kata dia.

Reisa mengatakan, dalam menangani pencegahan pe­nyakit ini, kinerja para petu­gas terhambat akibat pandemi Covid-19. Begitu juga dengan kegiatan masyarakat, seperti membersihkan lingkungan sekitar karena harus membatasi kegiatan yang melibatkan banyak orang.

Kasus Baru

Sementara itu, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Korona, Achmad Yurianto, mengingatkan kasus Covid-19 di Tanah Air sudah melewati angka 60.000 orang. Angka Covid-19 60.000 orang itu terlampaui setelah Jumat pukul 12.00 WIB, dinyatakan adanya penambahan kasus baru sebanyak1.301 orang.

“Kami mendapatkan data konfirmasi positif 1.301 orang, sehingga totalnya menjadi 60.695 orang,” ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Penangan­an Virus Korona, Achmad Yuri­anto, dalam konferensi pers dari Graha BNPB.

Setidaknya ada lima provinsi yang mencatat kasus baru Cov­id-19 dalam jumlah tinggi. Jawa Timur kembali menjadi provinsi dengan penambahan terbanyak dengan 353 kasus baru. Berikut­nya, Sulawesi Selatan dengan 180 kasus baru. Kemudian, ada DKI Jakarta dengan 140 kasus baru, Jawa Tengah dengan 134 kasus baru, dan Kalimantan Se­latan dengan 110 kasus baru.

Di tempat terpisah, Menteri Kesehatan ( Menkes), Terawan Agus Putranto, menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor HK.02.01/ MENKES/382/2020, yang mengatur tentang Pro­tokol Pengawasan Pelaku Per­jalanan dalam Negeri di Ban­dara Udara dan Pelabuhan dalam Rangka Penerapan Ke­hidupan Masyarakat Produktif dan Aman terhadap Covid-19.

Selain menunjukkan hasil pemeriksaan Reverse Tran­scription-Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) negatif atau surat keterangan hasil pemerik­saan rapid test antigen/antibodi nonreaktif kepada pihak mas­kapai/operator pelayaran/agen perjalanan secara elektronik maupun non-elektronik, calon penumpang juga wajib memi­liki kartu kewaspadaan sehat atau health alert card (HAC).

Kartu kewaspadaan ke­sehatan atau health alert card (HAC) diperoleh dengan mengunduh aplikasi electronic Health Alert Card (eHAC) me­lalui Google Play/ App Store atau dengan mengakses me­lalui inahac.kemkes.go.id dan diisi pada saat keberangkatan, baik secara elektronik maupun non-elektronik. n jon/P-4

Tampilkan Semua

PANTAI SEMINYAK

Sabtu 4/7/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
PANTAI SEMINYAK I Dua orang wisatawan mancanegara berada di kawasan Pantai Seminyak, Badung, Bali, yang masih ditutup dari kunjungan wisatawan, Jumat (3/7). Pemerintah Kabupaten Badung akan membuka kembali kawasan wisata pantai di...
Selengkapnya

30 ASN Pemprov Jateng Positif Covid-19

Jumat 3/7/2020 | 20:46
A   A   A   Pengaturan Font
SEMARANG  – Sebanyak 30 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Jateng positif Covid-19. Sebagian besar kondisinya baik, namun ada yang  sudah meninggal dunia. Namun, identitas pasien yang meninggal dunia tidak...
Selengkapnya

Tak Ada Toleransi Bagi Peserta Didik Baru Terbukti Manipulasi Data

Jumat 3/7/2020 | 20:36
A   A   A   Pengaturan Font
SEMARANG - Peserta didik baru yang terbukti memanipulasi data dalam verifikasi PPDB SMA/SMK Negeri tidak akan diberi toleransi, terutama terkait manipulasi Surat Keterangan Domisili (SKD) atau data lain yang tidak sesuai setelah...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Mondial

Kapal Perang Amerika Awasi Pergerakan Kapal Survei Tiongkok

Sabtu 4/7/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

BEIJING – Pejabat militer Amerika Serikat (AS) mengatakan sebuah kapal perang Angkatan Laut AS pekan ini menggelar operasi rutin di dekat kapal survei geologi mi­lik Tiongkok, di Laut Tiongkok Selatan (LTS). Operasi itu dila­lukan setelah pada Juni kapal survei Tiongkok itu memasuki sebuah perairan yang berpo­tensi menjadi lokasi eksplorasi minyak oleh Vietnam.

Manuver di sekitar perairan Kepulauan Spratly itu seperti mengulang peristiwa di lepas pantai utara Borneo, Malaysia, pada bulan April lalu, ketika sebuah kapal survei Tiongkok dan armada kapal Penjaga Pantai Tiongkok (CCG) mem­bayangi upaya eksplorasi min­yak Malaysia, sebagai upaya nyata untuk mencegah negara itu mengeksploitasi sumber daya alam di wilayah perairan yang disengketakan itu. In­siden itu mendorong Angkatan Laut AS mengirim kapal-kapal perang ke pesisir di sekitar lo­kasi survei kapal Tiongkok.

Armada Ketujuh AS pada Kamis waktu setempat me­nyampaikan lewat Twitter bahwa kapal USS Gabrielle Gif­fords sedang melakukan op­erasi rutin di LTS. Mereka bah­kan memublikasikan foto yang menunjukkan kapal itu berada di dekat kapal survei Tiongkok, Hai Yang Di Zhi 4 Hao. Dalam foto lain juga menunjukkan se­buah kapal yang tampak sep­erti milik Satuan Penjaga Pan­tai Vietnam tengah berlayar beriringan bersama dengan USS Gabrielle Giffords dan Hai Yang Di Zhi 4 Hao.

Pada pertengahan Juni, kapal survei itu diketahui berlayar ke Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Vietnam, dalam upaya untuk menekan Hanoi agar tidak mengek­splorasi minyak dengan mitra internasional mereka di blok minyak, di lepas pantai teng­gara negara itu.

Kapal itu berangkat pada 20 Juni, tetapi perangkat lu­nak pelacakan kapal yang di­gunakan oleh BenarNews dan BenarNews (RFA) menunjuk­kan bahwa pada Selasa (30/6). Hai Yang Di Zhi 4 Hao berada sekitar pada 205 mil laut atau 330 kilometer dari pantai Viet­nam. n SB/ benarnews/P-4

Tampilkan Semua

Beijing Tunjuk Zheng sebagai Kepala Keamanan Hong Kong

Jumat 3/7/2020 | 19:07
A   A   A   Pengaturan Font
Pemerintah Tiongkok telah menunjuk Zheng Yanxiong, 57, sebagai kepala kantor keamanan nasional di Hong Kong. Demikian dilaporkan kantor berita resmi pemerintah, Xinhua, Jumat (3/7). Zhen merupakan pejabat yang vokal menentang aksi protes...
Selengkapnya

Anak-anak Lebih Tangguh Hadapi Serangan Covid-19

Jumat 3/7/2020 | 12:36
A   A   A   Pengaturan Font
Anak-anak bukan kelompok paling lemah dikaitkan dengan pandemi Covid-19. Serangan virus korona pada sebagian besar anak, biasanya hanya menunjukkan gejala ringan bahkan tanpa gejala. Penyebabnya masih terus diteliti. BERLIN - Anak-anak...
Selengkapnya

AS Borong Remdesivir

Jumat 3/7/2020 | 10:34
A   A   A   Pengaturan Font
WASHINGTON DC - Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengumumkan awal pekan ini bahwa mereka telah memiliki perjanjian dengan perusahaan Gilead yang berkedudukan di California untuk menyiapkan sebagian besar produksi Remdesivir bagi warga AS...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Polkam

Menteri PUPR Tegaskan Penentuan Tarif Tol Dibicarakan dengan BUJT

Rabu 24/6/2020 | 16:00
A   A   A   Pengaturan Font

 

Jakarta,- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Basuki Hadimuljono menegaskan bahwa penetapan tarif tol bukan keputusan sepihak pemerintah dan harus dibicarakan dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) karena menyangkut kepercayaan pasar terhadap investasi di Indonesia.

"Kalau untuk penetapan tarif tol, karena ini punya investor bukan milik pemerintah maka saya harus berbicara dengan para BUJT terkait tarif tersebut," ujar Menteri Basuki dalam Rapat Kerja Komisi V DPR RI di Jakarta, Rabu.

Menurut Menteri PUPR, penentuan tarif tol bukan keputusan pemerintah sepihak, karena menyangkut kepastian investasi.

Misalnya ketika meminta pemerintah untuk melakukan diskon tarif tol, maka harga saham investor tol akan langsung turun.



"Mengingat hal ini menyangkut kepercayaan pasar terhadap investasi di Indonesia," kata Menteri Basuki.

Sebelumnya tarif Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) yang dirasa masyarakat Kalimantan Timur terlalu memberatkan menjadi sorotan khusus Anggota Komisi V DPR RI Irwan Fecho.

Lebih lanjut, politisi F-Demokrat tersebut juga menyampaikan lewat surat titu kepada Menteri PUPR. Seperti diberitakan sebelumnya, besaran tarif Tol Balsam yang ditetapkan Menteri PUPR lebih besar dari usulan tarif sebelumnya. PT. Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) mengusulkan tarif Rp 1.000 per kilometer.



Pada tiga tol sepanjang 64,87 km itu, tarif terjauh untuk kendaraan Golongan I dengan jenis sedan, jip, pikap atau truk kecil dan bus adalah Rp64.870.

Namun, tarif dalam SK Menteri justru Rp75.500 yang jatuhnya Rp1.179 per km. Sedangkan, Golongan II-III adalah Rp 1.935 per kilometernya. Untuk Golongan IV-V adalah Rp2.582 per km-nya.AntP-4

Tampilkan Semua

Wawancara Deddy Corbuzier dengan Siti Fadilah Langgar Prosedur

Selasa 26/5/2020 | 12:05
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) menyatakan wawancara yang dilakukan presenter Deddy Corbuzier dengan Menteri Kesehatan RI periode 2004-2009 Siti Fadilah Supari, pada Rabu (20/5/2020), di RSPAD Gatot Soebroto,...
Selengkapnya

30% Dana Bantuan Negara Diusulkan untuk Perempuan

Senin 24/2/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Untuk bisa menyiapkan calon pemimpin bangsa yang berintegritas, khususnya dari kalangan perempuan maka partai harus anggarkan dana khusus kederisasi kaum hawa. JAKARTA - Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) mengusulkan 30...
Selengkapnya

Panwas Pilkada Soppeng Dilindungi Asuransi

Jumat 7/2/2020 | 07:00
A   A   A   Pengaturan Font
MAKASSAR - Panitia pengawas (Panwas) pemilihan ke­pala daerah (Pilkada) Kabupaten Soppeng mendapat per­lindungan asuransi dari Badan Penyelenggara Jaminan So­sial Ketenagakerjaan. Sebanyak 611 pengawas didaftarkan pada dua...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
Ekonomi

PT SER Beberkan Alasan Enggan Hadiri RUPS PT ADS

Jumat 3/7/2020 | 21:09
A   A   A   Pengaturan Font

 

JAKARTA – Kuasa Hukum PT Surya Energi Raya (SER) Diki Andikusumah memberikan penjelasan soal ketidakhadiran pihak SER, selaku mitra Strategis Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dalam mengelola participating interest (PI) Blok Cepu tidak menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT. Asri Dharma Sejahtera (ADS) yang digelar pada 30 Juni lalu.

Menurutnya, hubungan kerja sama antara SER dan Pemkab Bojonegoro didasari hubungan setara antara mitra bisinis yang bersinergi dengan tujuan mengembangkan ADS, sebuah badan usaha milik daerah (BUMD) untuk kemudian menghasilkan keuntungan bagi para pemegang saham dan secara tidak langsung juga dapat memberikan kontribusi pendapatan daerah bagi Kabupaten Bojonegoro.

“Perjanjian itu berawal dari penandatanganan kesepakatan kerjasama antara SER dan Pemkab Bojonegoro pada 2009 mengenai Investasi Pengelolaan participating interest Blok Cepu, yang mengatur bahwa SER akan menanggung seluruh dana dan resiko keuangan dalam pengelolaan tersebut, termasuk kebutuhan sumber daya,” kata Diki dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat (3/7)

Terkait permasalahan RUPS pada 30 Juni lalu yang didasari atas Surat Undangan RUPS Luar Biasa dengan agenda pengisian Direksi dan Dewan Komisaris tertanggal 16 Juni 2020 yang dikirimkan oleh Pemkab Bojonegoro kepada SER. Dia memaparkan, pada tanggal dikirimkannya surat tersebut masih terdapat anggota Dewan Komisaris ADS yang juga terpilih sebagai Pengurus sementara ADS, dalam hal kosongnya seluruh anggota Direksi ADS.

Sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku, lanjut Diki, RUPS harus diadakan melalui mekanisme dan pemanggilan yang patut dan sah. Apabila permintaan pengadaan RUPS berasal dari salah satu pemegang saham, terutama Pemkab Bojonegoro, maka Pemkab harus mengajukan permintaan RUPS kepada kepada Pengurus perseroan dalam hal ini Pengurus ADS melalui surat tercatat.

Menurut Diki, perundang-undangan memberikan pengecualian terhadap ketentuan pemanggilan yang patut dan sah di atas. “RUPS tetap dapat terselenggara dan keputusannya dianggap sah apabila seluruh jumlah saham hadir dan menyetujui RUPS yang diadakan tersebut,” ujarnya.

Pihak SER disebutnya mengetahui bahwa pemanggilan RUPS pada 30 Juni 2020 yang dilakukan oleh Pemkab Bojonegoro itu bukan merupakan panggilan yang patut dan sah serta merujuk kepada pertemuan di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Kepentingan Diakomodir

Diki meneruskan, kemudian menyepakati bahwa RUPS 30 Juni 2020 tetap dapat dilakukan dengan syarat bahwa kepentingan masing-masing pihak baik SER dan Pemkab Bojonegoro diakomodir dengan menyepakati susunan agenda rapat beserta isinya sebelum dimulainya RUPS 30 Juni 2020.

Jadi, kata Diki Andikusumah, seperti diketahui bahwa selama ini pihak Pemkab Bojonegoro menginginkan agar agenda pengangkatan Anggota Direksi dan Komisaris dari ADS dilaksanakan terlebih dahulu, sedangkan di sisi lain pihak SER merasa bahwa pengembalian investasi melalui penarikan kembali Saham Seri C dan pembagian dividen Saham Seri B untuk Pemkab Bojoneoro dan SER perlu dilakukan terlebih dahulu.

Menurut Diki Andikusumah, tawaran kompromi dari SER terkait agenda pengangkatan anggota Direksi dan Dewan Komisaris hanya berlaku apabila Pemkab Bojonegoro menyetujui sejumlah agenda terkait persetujuan Laporan Tahunan untuk Tahun Buku 2017 dan 2018.

Pengembalian investasi melalui penarikan kembali Saham Seri C dan pembagian dividen Saham Seri B untuk Pemkab Bojoneoro dan SER, disusul dengan Persetujuan Perubahan Anggaran Dasar Perseroan terkait Pasal Kewenangan Direksi untuk disesuaikan dengan perjanjian kerja sama.

Jadi, usulan susunan agenda itu diajukan SER murni untuk melaksanakan ketentuan perjanjian kerja sama dengan Pemkab Bojonegoro dan melindungi kepentingan SER yang telah berinvestasi sangat banyak di dalam kerja sama ini.

Namun dikatakannya, dalam negosiasi mengenai susunan agenda RUPS pada 30 Juni lalu, Pemkab Bojonegoro kemudian tidak memenuhi komitmennya dan terkesan masih memaksakan bahwa agenda Pengangkatan Direksi dan Komisaris harus menjadi mata acara yang pertama dan tidak boleh didahului oleh mata acara lain sebagaimana tersurat di dalam revisi skenario RUPS 30 Juni 2020 yang dikeluarkan Pemkab Bojonegoro dan baru diinformasikan kepada SER secara dadakan pada malam hari tanggal 29 Juni 2020. mad/E-10

 

Tampilkan Semua

TSS Perkuat Jalur Pelayaran Internasional Pelabuhan Priok

Jumat 3/7/2020 | 21:06
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Pemberlakuan Traffic Separation Scheme (TSS) atau Bagan Pemisah Alur Laut mulai 1 Juli 2020 diyakini akan meningkatkan lalu lintas kapal, dan PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) / IPC siap menangkap potensi peningkatan...
Selengkapnya

Pertamina Pastikan Komisaris PPN Tidak Rangkap Jabatan

Jumat 3/7/2020 | 21:03
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – PT Pertamina (Persero), sebagai pemegang saham PT Pertamina Patra Niaga (PPN), menetapkan H Anwar sebagai anggota Komisaris PPN. Anwar juga telah mengundurkan diri sebagai Hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. VP...
Selengkapnya

Stimulus Pemulihan Ekonomi Diharapkan Tersalur ke 4,8 Juta UMKM

Jumat 3/7/2020 | 19:18
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) menargetkan sebanyak 4,8 juta UMKM bisa mendapatkan dana stimulus Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dialokasikan sebesar 1 triliun...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

Sepeda Konversi yang Menawan

Jumat 26/6/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Dari laman Trendhunter.com terkuak bahwa kini penggemar sepeda bisa menikmati kegiatan bersepeda atau belanja dengan mengendarai sepeda konversi yang menawan. Sepeda konversi ini bisa dikembangkan bagian tengahnya untuk penyimpanan barang ketika belanja atau berkegiatan lainnya.

Jika bepergian untuk bekerja dengan sepeda, lalu  membutuhkan tumpangan yang andal dan ringkas lalu ingin membeli bahan makanan, membawa anak-anak ke taman, atau memindahkan barang-barang yang lebih berat,  maka diperlukan sepeda kargo yang selalu dapat diandalkan. Convercycle Bike menyajikan disain yang cerdik yang merupakan  gagasan dari disainer produk David Maurer-Laube, yang muncul dengan ide tersebut ketika belajar di Universitas Seni dan Desain di Offenbach. Ini adalah solusi 2-in-1 di kota dan sepeda lengkap.

Convercycle Bike adalah solusi transportasi perkotaan yang tampaknya sederhana bagi penumpang yang ingin menghindari angkutan umum atau mobil. Sepeda ini  sebenarnya menyembunyikan desain dua-dalam-satu yang pasti akan didambakan oleh kaum urban. Sepeda  ini memiliki bagian bagasi tersembunyi yang dapat dibuka ketika diminta sebuah  tempat bagi pengendara untuk menyimpan hingga 60 kilogram perlengkapan. Unit ini dapat digeser ke mode kargo dengan satu gerakan cepat dan akan menjadi kabar baik  bagi konsumen metropolitan yang mencari cara untuk mempertahankan pergerakan kegiatannya   dalam hal transportasi sehari-hari.

Convercycle Bike telah dirancang dalam versi sepeda standar serta variasi listrik yang akan menawarkan kecepatan maksimum 24km per jam.  Convercycle eBike hadir dengan motor 250W dan baterai yang dapat dilepas. Tergantung pada mode dukungan beban dan motor, sepeda listrik dapat mencapai jarak antara 60 hingga 100 kilometer.

Convercycle Bike  terlihat seperti sepeda standar, tetapi bagian belakang terangkat dan meluas untuk mengubahnya menjadi sepeda kargo saat dibutuhkan. Versi kargo dapat memuat dua peti air besar. Ruang penyimpanan cocok untuk segala hal, mulai dari kursi anak-anak hingga koper dan tas belanjaan.

Sepeda ini  dilengkapi dengan hub roda gigi 5-kecepatan Shimano Nexus, rem cakram profesional dan roda 28 inci serta pegangan ergonomis. Pengguna dapat memilih bingkai dan ukuran rel sadel, yang berarti bahwa sepeda cocok untuk orang yang lebih tinggi atau orang pendek. ars

Tampilkan Semua

Mewujudkan Bengkulu yang Maju, dan Berdaya Saing

Senin 24/2/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Gubernur Bengkulu saat ini, Rohidin Mersyah bertekad untuk mewu­judkan Bengkulu yang ma­ju, sejahtera dan bermartabat dan berdaya saing tinggi. Un­tuk mengupas itu lebih lan­jut Koran Jakarta berkesempa­tan...
Selengkapnya

Layanan Kereta Api Cibatu-Garut Gratis di Awal Operasional

Jumat 31/1/2020 | 17:55
A   A   A   Pengaturan Font
GARUT – PT Kereta Api Indonesia (KAI) siap menggratiskan layanan transportasi kereta api Stasiun Cibatu-Garut di Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada awal operasional sebagai bentuk pelayanan dan menarik minat masyarakat untuk...
Selengkapnya

Pemkot Bandung Bangun Kolam Retensi di Jalan Bima Guna Cegah Banjir

Jumat 31/1/2020 | 09:44
A   A   A   Pengaturan Font
BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mulai membangun kolam retensi di Jalan Bima yang dirancang untuk mampu menampung air untuk menahan luapan dari Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Citepus. Wali Kota Bandung, Oded M Danial,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Otomotif

Sedan "Hybrid" Pertama Maserati Ghibli Hadir Tahun Ini

Senin 15/6/2020 | 14:16
A   A   A   Pengaturan Font

 

Jakarta- Perusahaan mobil mewah Italia, Maserati akan mengenalkan mobil hybrid pertamanya, Ghibli Hybrid, pada tahun ini.

Ghibli Hybrid akan menjadi tonggak mobil ramah lingkungan yang menandai era baru Maserati.

Dalam siaran pers di laman resmi perusahaan yang dikutip Senin, Maserati mangatakan bahwa "hibridisasi adalah katalisator perubahan, dengan elemen-elemen berbeda yang saling berbenturan dan bersatu, bertemu, saling menemukan dan berevolusi, untuk memunculkan sesuatu yang lebih baik dari sebelumnya."

"Dari inspirasi itu, muncul Ghibli Hybrid baru, yang pertama dalam barisan kendaraan di era baru Maserati," tambah pernyataan itu.

Perusahaan berlogo trisula "lightning-rod" itu tidak mengungkap sedikit pun spesifikasi Ghibli Hybrid. Mereka juga tidak memberikan bocoran foto mobil terbaru itu.

Mereka hanya menyebutkan bahwa mesin yang dipakai Ghibli Hybrid akan menjadi sejarah bagi Maserati, juga pengembangan otomotif berkinerja tinggi.

Sebelumnya, Ghibli Hybrid direncanakan hadir pada April 2020, namun pandemi COVID-19 yang menerjang dunia membuat mereka menunda rencana itu.

Beberapa media otomotif Eropa menyebut bahwa Maserati Ghibli akan hadir pada akhir tahun .Ant/P-4

 

Tampilkan Semua

MG Motor Donasi 10.000 APD untuk Tenaga Medis

Kamis 21/5/2020 | 18:50
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Meski baru masuk pasar otomotif Indonesia pada awal tahun ini, namun Morris Garage (MG) Motor Indonesia turut berkontribusi memberikan bantuan langsung kepada warga dan tenaga kesehatan di tengah pandemi Covid-19...
Selengkapnya

Pembelian Honda secara “Online” Meningkat

Kamis 21/5/2020 | 17:20
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – PT Honda Prospect Motor mencatatkan peningkatan pembelian mobil secara online atau daring sebesar 20 persen dari seluruh total penjualan pada April 2020 atau bertepatan dengan pemberlakuan aturan Pembatasan Sosial...
Selengkapnya

MPV dengan VIP Wall Anti Covid-19

Rabu 13/5/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Di tengah wabah virus korona seperti sekarang ini pengguna kendaraan membutuhkan pengaman khusus untuk mengindari penularan Covid-19. Perusahaan modifikasi PT Lombardi Auto Indonesia Mobil melakukan desain ulang sedemikian rupa agar...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Telko

Hadapi New Normal, BAKTI Siapkan 2.000 Titik Akses Internet

Kamis 4/6/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Badan Aksesibilitas Teknologi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyiapkan 2.000 titik akses internet di lokasi baru sebagai respons New Normal, dimana hal itu kegiatan bekerja dari rumah (WFH) dan belajar dari rumah di tengah pandemi COVID-19. 
 
“Kita coba solusikan secara cepat dengan menyiapkan lokasi baru akses internet sebanyak 2.000 titik. Karena inilah solusi jangka pendek yang bisa kita lakukan khususnya dalam periode sekarang pandemi COVID-19 ini,” kata Direktur Utama BAKTI Anang Latif pada Web dan Seminar (Webinar) yang mengambil tema "Solusi Bakti Kominfo di Tengah Pandemi" di Jakarta, Kamis (4/6).
 
Ia menambahkan, saat ini pihaknya sedang menyusun titik-titik dimana saja yang menjadi  prioritas dari 2.000 titik ini, sehingga rencananya pasca pandemi covid-19 ini, tim akan dibentuk untuk segera menyusun dan bergerak ke lapangan. 
 
Sejauh itu, kata Anang, BAKTI telah menyelesaikan pembangunan peningkatan sebanyak 600 BTS USO 2G menjadi 4G. Saat ini total 1.000 BTS USO telah ditingkatkan ke 4G. BAKTI menargetkan untuk menyelesaikan peningkatan 600 BTS USO pada akhir Juni ini. 
 
“Dengan harapan bahwa adanya layanan 4G ini memudahkan mereka melakukan aktivitas semuanya dari rumah, WFH, belajar dari rumah, dan lain-lain. Tentunya ini memeratakan kesempatan tidak hanya kita yang ada di kota besar, namun juga bisa dirasakan di daerah 3T dan perbatasan,” katanya.
 
Dalam upaya percepatan penanganan COVID-19, jelas Anang, BAKTI juga telah melakukan optimalisasi jaringan di daerah 3T (terpencil, terluar, dan tertinggal) untuk mendapatkan kemampuan ICMS (Integrated Management Content System). 
 
Selain, Dirut BAKTI Kominfo Anang Latif, Webinar yang diselenggarakan PWI Jaya itu itu juga menghadirkan pembicara yaitu Pengamat Telekomunikasi/Direktur Eksekutif Information and Communication Technology (ICT) Institut, Heru Sutadi. Webinar juga diikuti tak kurang dari 100 wartawan dari berbagai daerah di Indonesia.
 
Banyak Trobosan

Sementara itu, Heru Sutadi menilai, BAKTI sudah melakukan banyak terobosan dengan hadirnya internet di daerah 3T. Heru mengatakan, new normal di Indonesia dapat menjadi momen pemanfaatan teknologi untuk menjalankan kehidupan dan ekonomi baru yang berjarak.
 
"Kami meyakini kalau masyarakat harus lebih adaptif terhadap teknologi digital agar dapat terus produktif menjalani aktivitas, sembari mencegah penularan pandemi lebih luas. Yang jelas berkerumun masih berisiko. Tetap harus mengurangi kumpul-kumpul. Teknologi digital dengan internetnya masih menjadi solusi new normal, termasuk cashless payment,” tutupnya. mza
Tampilkan Semua

INFINIX Luncurkan Produk Baru dengan Baterai Jumbo

Selasa 2/6/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Sebagai salah satu Global brand yang selalu up to date dalam menyediakan teknologi smartphone muktahir kepada konsumen, INFINIX Indonesia kini sudah berhasil membuka awal tahun 2020 sampai saat ini dengan beragam produk baru...
Selengkapnya

WhatsApp Nantinya Bisa Aktif di Dua Perangkat

Selasa 5/5/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - WhatsApp dikabarkan tengah mengembangkan fitur yang memungkinkan aplikasi perpesanan itu bisa dijalankan atau aktif bersamaan setidaknya di dua perangkat berbeda. “Sejak tahun lalu, WhatsApp mengembangkan fitur baru yang...
Selengkapnya

Aplikasi Daring untuk Hadapi Pandemi Covid-19

Selasa 5/5/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Teknologi digital hadir untuk membantu dalam upaya mencegah penyebaran virus korona atau Covid-19. Aplikasi-aplikasi perang melawan Covid-19 dikembangkan oleh Indosat Ooredoo Digital Camp (IDCamp) yang dimulai pada akhir Maret lalu....
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Properti

Ruang Kerja Nyaman saat “Work From Home”

Senin 20/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Skema work from home (WFH) menjadi pola kerja yang banyak dilakukan di tengah wabah Covid-19. Rumah pun mendadak bertambah fungsi sebagai ruang kerja. Untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut, penghuni dapat memanfaatkan berbagai sudut ruang di dalam rumah sebagai ruang kerja. Pindahnya ruang kerja dari kantor ke rumah tidak dipungkiri membawa sejumlah konsekuensi. Para pekerja perlu beradaptasi “di tempat baru” untuk menyelesaikan pekerjaannya yang biasa dilakoni kurang lebih selama delapan jam per hari.

Alhasil, mereka pun membutuhkan ruang kerja yang nyaman untuk menyelesaikan pekerjaannya. Dilansir dari laman Dezeen, ruang kerja di dalam rumah dapat memanfaatkan bagian rumah yang menghadap ke jendela, sehingga saat bekerja, para pekerja dapat memandang lingkungan di luar ruangan. Konsep ruang kerja semacam ini membuat kerja tidak membosankan, menumbuhkan ide baru serta menciptakan suasana yang tidak terpisah dengan lingkungan sekitar.

Dalam konsep tersebut, penghuni dapat meletakkan tempat tidur di belakang meja kerja yang digunakan untuk melepas lelah saat jeda kerja. Di tempat tersebut juga dapat digunakan untuk membaca buku secara lebih santai. Perlu Sentuhan YLAB Arquitectos, studio arsitek di Bercelona, Spanyol, merekomendasikan ruang kerja dapat dibuat dengan meja yang menempel pada lemari dinding. Meja kerja tersebut terlihat disembunyikan di lemari dinding. Saat akan digunakan, meja yang bergabung dengan lemari dibuka serta dilenngkapi dengan kursi kerja.

Sementara itu, IDIN Architects, studio arsitek di Bangkok, ailand, menggunakan meja kerja yang terdapat dalam tempat tinggal sebagai ruang kerja.

Selain leluasa, meja kerja yang terhubung dengan dapur mampu memberikan kedekatan di antara anggota keluarga. Lantaran ruangan yang ditujukan untuk pasangan muda ini dengan bebas dapat melongok aktivitas pasangannya untuk mempererat hubungan pribadi.Widger Architecture, studio desain interior di London, Inggris, menggunakan bagian loteng at untuk ruang kerja.

Ruang tersebut ditutup dengan kayu lapis warna cerah untuk bagian langit-langit dan dinding. Material serupa digunakan untuk membuat meja build in.

Sebagai padanannya, material dekorasi (seperti lampu, bingkai kursi, dan jendela) menggunakan warna hitam. Padanan warna tersebut menjadikan ruang kerja yang terletak di loteng tidak terasa pengap serta menjadikan ruang terasa lebih hidup. Jendela yang menempel pada dinding loteng memberikan salah satu keuntungan.

Karena loteng yang identik sebagai ruang bukan digunakan untuk beraktivitas mampu memberikan kehidupan untuk penghuninya. Alhasil, dengan sedikit sentuhan desain serta memahami makna ruangan, tempat tinggal pun dapat menjadi ruang kerja yang nyaman terutama selama WFH. din/S-2

Tampilkan Semua

Pandemi Covid-19 Bakal Pengaruhi Desain Interior

Senin 20/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pandemi Covid-19 dinilai bakal mampu menelurkan ide baru dan memengaruhi adanya perubahan dalam desain interior, baik untuk hunian maupun perkantoran. Selain itu, adanya pola hidup untuk selalu menjaga kebersihan juga akan menjadi...
Selengkapnya

Desain Pasar Mikro untuk Minimalisir Penyebaran Korona

Selasa 7/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pasar saat ini menjadi lokasi yang patut dihindari seiring dengan merebaknya wabah virus Korona atau Covid-19.  Mengingat pasar merupakan lokasi yang tidak dapat dihindari oleh masyarakat di tengah wabah virus, dipandang perlu...
Selengkapnya

Bangunan untuk “Rumah Sakit Darurat”

Senin 30/3/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Seiring dengan merebaknya wabah virus Korona atau Covid-19, banyak bangunan yang berubah fungsi menjadi “rumah sakit dadakan”. Perubahan fungsi ini tentu harus memenuhi standar rumah sakit agar modifikasi yang dilakukan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Olahraga

Lionel Messi Batalkan Negosiasi Kontrak Baru dengan Barcelona

Jumat 3/7/2020 | 20:23
A   A   A   Pengaturan Font

BARCELONA - Kapten Barcelona Lionel Messi dilaporkan membatalkan negosiasi untuk memperpanjang kontraknya dengan klub dan siap meninggalkan raksasa Katalunya tersebut ketika kontraknya habis pada 2021. Hal tersebut diungkap radio Spanyol Cadena Ser, Jumat (3/7).

Laporan itu mengatakan bahwa Messi dan ayahnya Jorge telah mulai melakukan negosiasi memperpanjang kontrak terakhirnya dengan klub, yang ditandatangani pada 2017, tetapi ia sekarang tidak lagi ingin bertahan di Camp Nou.

Laporan tersebut menambahkan bahwa Messi marah soal laporan media yang tampak membuatnya bertanggung jawab atas sejumlah peristiwa di klub, seperti pemecatan Ernesto Valverde pada Januari dan bahwa ia frustrasi karena skuat saat ini kurang berkualitas.

Perwakilan Messi dan Barcelona sampai saat ini belum memberikan respons terkait kabar tersebut. Pemain yang baru menginjak usia 33 tahun bulan lalu telah mencetak gol ke-700 dalam karier profesionalnya pada Rabu melawan Atletico Madrid, tetapi pencapaiannya berakhir dengan kekecewaan ketika Barca bermain imbang 2-2.

Hasil imbang tersebut menjadi pukulan terbaru dalam upaya Barcelona untuk mempertahankan gelar liga Spanyol. Barca saat ini tertinggal empat poin dari Real Madrid di klasemen La Liga dengan lima pertandingan tersisa setelah Los Blancos mengalahkan Getafe 1-0 pada Jumat.

Messi memang dikenal memiliki kepribadian yang pendiam di luar lapangan, tetapi sang pemain mulai vokal dalam melontarkan kritiknya terhadap klub pada tahun lalu.

Pada Januari ia mengkritik direktur olahraga Eric Abidal, yang katanya menyiratkan bahwa Messi menjadi penyebab Valverde dipecat.

Dalam sebuah wawancara pada Februari dengan surat kabar Mundo Deportivo, ia menyatakan bahwa timnya tidak cukup baik untuk memenangkan Liga Champions musim ini.

Kemudian pada April, Messi mengkritik dewan klub karena menyiratkan bahwa para pemain tidak bersedia menerima pemotongan gaji untuk membantu kesulitan keuangan tim selama masa pandemi virus korona. (ion/AFP/S-2)

Tampilkan Semua

Heidenheim Tahan Imbang Bremen Leg Pertama “Playoff” Bundesliga

Jumat 3/7/2020 | 14:17
A   A   A   Pengaturan Font
Heidenheim Tahan Imbang Bremen Leg Pertama “Playoff” Bundesliga BREMEN - Heidenheim menahan imbang tuan rumah Werder Bremen dengan skor 0-0, pada pertandingan playoff leg pertama promosi/degradasi yang dimainkan di Stadion...
Selengkapnya

Udinese Rusak Asa Roma Tembus Zona Liga Champions

Jumat 3/7/2020 | 14:09
A   A   A   Pengaturan Font
ROMA - Udinese merusak asa AS Roma untuk menembus zona Liga Champions setelah menaklukkan klub ibu kota itu dengan skor 2-0 pada pertandingan Liga Serie A Italia yang dimainkan di Stadion Olimpico, Roma, Jumat (3/7) dini hari WIB. Kevin...
Selengkapnya

Real Sociedad Benamkan Espanyol di Dasar Klasemen La Liga

Jumat 3/7/2020 | 13:58
A   A   A   Pengaturan Font
SAN SEBASTIAN - Real Sociedad membuat Espanyol semakin terbenam di dasar klasemen La Liga Spanyol setelah menundukkan tamunya itu dengan skor 2-1 pada laga pekan ke-33 di Stadion Reale Arena, San Sebastian, Kamis waktu setempat atau...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Perspektif

Mewaspadai Pasar Tradisional

Jumat 3/7/2020 | 13:27
A   A   A   Pengaturan Font

Langkah penanggulangan pandemi Covid-19 terus dilakukan pemerintah dengan berbagai strategi, namun angka penambahan kasus yang posistif terus meninggi di sejumlah provinsi. Hingga 1 Juli 2020, kasus positif korona di seluruh provinsi di Tanah Air bertambah 1.385 pasien yang positif, sehingga total menjadi 57.770 orang.

Meski demikian, berbagai kelonggaran dalam kegiatan warga diberikan dengan alasan kita harus berdamai dengan korona. Karena itu, saat ini istilah hidup dalam suasana kenormalan baru atau new normal diterapkan. Memang kegiatan ekonomi dan sosial, serta pendidikan, dan keagamaan telah lebih tiga bulan terhenti, walau tidak total.

Dalam era new normal, masyarakat dibolehkan melakukan kegiatan ekonomi, perdagangan, ibadah, dan sebagainya, kecuali pendidikan yang masih dilakukan secara daring. Tetapi, masyarakat juga diingatkan untuk tetap menaati protokol kesehatan yang paling mendasar yakni menggunakan masker, menjaga jarak fisik, dan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir setelah melakukan kegiatan.

Kelonggaran bukan saja di mal, perkantoran, transportasi, fasilitas umum, tetapi juga di pasar tradisional. Sayangnya, kegiatan ekonomi perdagangan di pasar tradisional tak ketat melaksanakan protokol kesehatan. Apalagi jika kita perhatikan setiap pagi di pasar tradisional, bukan saja antarpedagang yang tidak menjaga jarak, tetapi juga pembeli. Ini tentunya sangat rawan dan potensial menjadi klaster baru penyebaran virus.

Potensi penyebaran virus dari pasar tradisional ini dapat dilihat dari data di DKI Jakarta pada awal penerapan kebijakan PSBB transisi atau memasuki new normal. Ketika itu, sebanyak 79 pedagang pasar di 12 pasar tradisional terinfeksi virus korona. Karena itu, pasar-pasar tersebut sempat di tutup beberapa hari guna membersihkan virus.

Bila kita amati kehidupan di pasar tradisional dari pagi sekali hingga siang, para pedagang dan pembeli relatif mengabaikan protokol kesehatan. Mereka seperti tak merasa ada sesuatu yang bahaya di sekitar mereka. Mungkin saja mereka kurang mendapatkan sosialisasi yang intensif mengenai potensi penyebaran virus oleh petugas, dan juga dasarnya memang mereka kurang paham.

Sejumlah pedagang bahkan merasa tak masalah alias cuek terhadap korona ini. Beberapa pedagang ada yang menyatakan korona memang bahaya, tapi lebih berbahaya jika tak berjualan, tak ada uang, dan kelaparan. Karena itu, dalam konteks pencegahan, tak ada salahnya pihak terkait lebih intensif mengawasi pasar tradisional dan melakukan sosialisasi intensif bagaimana mencegah penularan virus korona.

Kita menyambut gembira pernyataan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, yang ketika mengumumkan perpanjangan transisi PSBB di Jakarta, akan diteruskan hingga 14 hari ke depan, yakni hingga 16 Juli 2020 dan pasar tradisional dan juga KRL, akan diawasi secara ketat. Semua itu untuk mencegah penularan virus dari tempat berkerumunya warga di KRL dan pasar. Anies Baswedan menegaskan masih perlu ada peningkatan kedisiplinan masyarakat.

Meski demikian, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan pengendalian pasar tradisional di Jakarta merupakan yang paling kompleks. Sebab, pasar merupakan tempat interaksi banyak orang dari berbagai daerah.

Dalam ruang ini, kita ingin mengingatkan lagi kepada masyarakat, khususnya kaum ibu dan mereka yang sering belanja di pasar tradisional untuk memperhatikan protokol kesehatan, demi kepentingan semua. Begitu juga kepada aparat terkiat hendaknya terus memberikan sosialisasi dan arahan yang jelas kepada pedagang bahwa wabah Covid-19 di Indonesia masih cukup besar dan kita belum dapat mengatasinya dengan cepat.

Kelengahan kita, apalagi sikap yang tak mau peduli atas kepentingan banyak orang dengan mengabaikan protokol kesehatan, dampaknya akan sangat besar bagi kita semua, dan tentunya “perang terhadap Covid-19” akan semakin lama. ν

Tampilkan Semua

Lambatnya Pencairan Insentif Tenaga Medis

Selasa 30/6/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Insentif yang dijanjikan pemerintah untuk tenaga medis yang merawat pasien yang terjangkit virus korona, Covid-19, belum sepenuhnya cair dan direalisasikan. Dari dana yang dianggarkan 5,9 triliun rupiah, insentif yang baru dicairkan...
Selengkapnya

Menyoal Kinerja Menteri di Era Korona

Senin 29/6/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Belum genap setahun usia Kabinet Kerja II Pemerin­tahan Presiden Joko Widodo – KH Ma’ruf Amin, su­ara-suara yang menginginkan adanya perombakan kabinet atau reshuffle terus digaungkan. Alasannya, ada be­berapa...
Selengkapnya

Jalani WFO secara Aman Selama Masa “New Normal”

Senin 29/6/2020 | 04:44
A   A   A   Pengaturan Font
Pertanyaan: Bu Rossa, seperti kita ketahui saat ini tingkat penyebaran virus korona di Indonesia masih tinggi, namun new normal membuat saya suka tidak suka tetap harus masuk kantor. Sejujurnya, saya khawatir karena tinggal bersama...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita perspektif lainnya
Rona

Widyawati Rajin Jalan Kaki agar Tetap Bugar

Jumat 3/7/2020 | 18:24
A   A   A   Pengaturan Font

Menjelang usia kepala tujuh, aktris kawakan Widyawati tetap rajin berolahraga agar bugar, terutama berjalan kaki.  Terlebih selama pandemi, dia memiliki waktu luang untuk menggerakkan tubuh.  "Saya jalan pagi. Tapi enggak keluar rumah. Di dalam rumah saja keliling halaman dan masuk rumah. Tapi langkahnya tetap dihitung," kata Widyawati kepada Antara.

Mengandalkan aplikasi di handphone, aktris 69 tahun itu menargetkan jalan kaki sebanyak 3.000 langkah. Olahraga dilanjutkan setelah makan siang dan malam, setidaknya 1.000 langkah.  "Kadang malas, tapi paling enggak berusaha agar keringat tetap keluar," kata istri mendiang aktor Sophan Sophiaan itu.

Jauh sebelum pandemi, Widyawati juga hobi berolahraga di bawah sinar matahari pagi. Kebiasannya ini terbatasi bila sibuk syuting. Namun saat ini dia bisa melakukannya setiap hari. "Dulu saya olahraga menghadap matahari tanpa alas kaki di tanah atau rumput. Ini bersatu dengan alam. Gerakannya biasa banget," kata dia.  Kalau bisa sampai 200 kali gerakan, tapi biasanya hanya 100-150 kali.

Meski ruang gerak terbatas, Widyawati bersyukur masih dikaruniai kesehatan selama pandemi virus korona. "Kadang badan enggak enak. Tapi saya mengatasinya dengan tidur cukup, minum obat flu, makan lebih banyak. Tak lupa konsumsi vitamin natural kayak sayur dan buah,” tuturnya. Hay/G-1

Tampilkan Semua

Inilah Juri Oscar Pertama Asal Indonesia

Jumat 3/7/2020 | 18:14
A   A   A   Pengaturan Font
Amelia Hapsari, Direktur Program lembaga nirlaba dokumenter In-Docs, terpilih menjadi anggota Academy of Motion Picture Arts and Sciences yang menyelenggarakan Piala Oscar. Kiprahnya di In-Docs, yang aktif menyelenggarakan forum...
Selengkapnya

Bersyukur, Boleh Dua Kali Mendonorkan Plasma

Jumat 3/7/2020 | 13:31
A   A   A   Pengaturan Font
Aktor india, Zoa Morani, menyumbangkan plasma dua kali setelah pulih dari Covid-19. “Saya bersyukur atas kesempatan untuk membantu,” katanya. Plasma diperlukan untuk membantu pemulihan pasien Covid-19. Dia menyerahkan dua...
Selengkapnya

Robot-robot Canggih untuk Menjaga Jarak Sosial

Jumat 3/7/2020 | 13:29
A   A   A   Pengaturan Font
Robot dapat membantu tugas-tugas khusus selama pandemi, sehingga masyarakat dapat menjaga jarak. Penggunaan robot dapat mengurangi kontak antarmanusia yang berpotensi menyebabkan penularan.   Di Singapura sebuah Robot Boston...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
beriklan di koran jakarta
Megapolitan

Usai Revitalisasi, Masjid Amir Hamzah TIM Gelar Shalat Jumat

Jumat 3/7/2020 | 21:22
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan penggunaan Masjid Amir Hamzah di dalam kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM) usai revitalisasi beberapa waktu lalu.

Peresmian masjid itu turut disaksikan Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla, Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria dan Direktur Utama PT Jakarta Propertindo Dwi Wahyu Daryoto.

Usai diresmikan, Masjid Amir Hamzah langsung dipergunakan untuk Shalat Jumat oleh ratusan warga.

"Hari Jumat ini, kita mulai memanfaatkan gedung masjid yang selesai dikerjakan Jakpro selama satu tahun terakhir," kata Anies.

Anies bersyukur pekerjaan yang diamanahkan kepada Jakpro dapat diselesaikan tepat waktu yang juga bagian dari revitalisasi Pusat Jesenian Jakarta TIM.

"Meskipun kemarin ada pandemi virus corona, tetapi jadwal pembangunan tidak bergeser dan akan menjadi saksi munculnya karya-karya seniman dari TIM," kata Anies.

Selain itu, Masjid Amir Hamzah dapat menjadi ekosistem yang kuat untuk menghasilkan karya dengan ruang yang sudah ada saat ini.

"Bukan hanya tampilan dan bentuk fisik yang bagus, tetapi bangunan ini menjadi tempat yang nyaman untuk menghasilkan ide dan gagasan untuk berkembang," kata Anies.

Sebelum diresmikan, Direktur Jakpro terlebih dahulu memberikan penjelasan terkait perkembangan pekerjaan kepada Jusuf Kalla.

Sementara itu, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid, Eko Wahyu Wibowo mengatakan renovasi masjid tersebut telah direncanakan sejak tahun 2013 lalu. "Alhamdulillah, tahun 2020 ini sudah selesai dan siap untuk digunakan," kata Eko.

Masjid tersebut bukan hanya tempat ibadah, tetapi menjadi tempat menghasilkan ide dan gagasan seperti yang dilakukan Nurcholis Madjid dan Ismail Marzuki. Pin/P-5

Tampilkan Semua

Pemkot Bogor Longgarkan Sektor Ekonomi

Jumat 3/7/2020 | 21:19
A   A   A   Pengaturan Font
BOGOR  - Pemerintah Kota Bogor memasuki fase pra adaptasi kebiasaan baru (Pra- AKB) dalam kerangka pembatasan sosial bersakal besar (PSBB) proporsional di Kota Bogor mulai Jumat (3/7), yang ditandai dengan persiapan pelonggaran sektor...
Selengkapnya

Polda Metro Jaya Terbitkan 214 SIM untuk Tenaga Medis

Jumat 3/7/2020 | 21:18
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Polda Metro Jaya menerbitkan 214 Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk tenaga medis RS Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (3/7), dalam rangka Hari Bhayangkara ke-74. Pelayanan SIM khusus untuk tenaga medis RS...
Selengkapnya

Reklamasi Ancol Gunakan Tanah dari Hasil Pengerukan Sungai

Jumat 3/7/2020 | 21:13
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah menjelaskan reklamasi kawasan pantai barat dan pantai timur Ancol menggunakan tanah yang diambil dari hasil pengerukan sungai di Jakarta. "Penumpukan tanah tersebut pada...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
The Alun-Alun

Hymercar Ayers Rock Kit Mengubah Van Biasa Jadi Mobil Kemah Mewah

Kamis 2/7/2020 | 21:36
A   A   A   Pengaturan Font

Road trip adalah perjalanan menggunakan mobil untuk berkeliling dan singgah di beberapa kota yang dilewatinya. Asiknya lagi dengan menggunakan Camper van yang mewah.

Melakuan road trip dengan mobil yang sudah dirancang khusus biasa dilakukan oleh masyarakat yang memiliki budaya jalan-jalan dan berkemah seperti ini seperti dilakukan oleh bangsa Eropa, New Zealand, atau Amerika Serikat. Menggunakan kendaraan yang bisa disebut rumah mobil ini interiornya sudah dimodifikasi menyerupai tempat tinggal.

Di luar negeri memang banyak area yang khusus untuk parkir mobil-mobil rekreasi ini. Di Indonesia, beberapa lokasi wisata menyediakan area untuk dimanfaatkan oleh wisatawan yang membawa kendaraan seperti itu.

Laman Trendhunter.com mengulas bagaimana kendaraan biasa yang disulap menjadi kendaraan mewah untuk berkemah. Hymercar Ayers Rock adalah pabrikan konversi khusus yang mengubah kendaraan biasa menjadi kendaraan berkemah kelas atas, yang nyaman dan dapat menampung empat orang sekaligus.

Edisi Hymercar Ayers Rock adalah perlengakan yang dibangun di atas mobil van Fiat Ducato. Tidak seperti kendaraan berkemah biasa, Ayers Rock Hymercar dilengkapi dengan dapur ukuran penuh, dengan kompor, penyimpanan kabinet, dan semuanya. Ada kamar mandi lengkap dengan toilet yang berfungsi penuh, wastafel, dan shower, tangki air tawar 100 liter, ketel air panas 11 liter, pemanas Truma Combi 4 LCD dengan sistem udara panas, kulkas 65 liter; dan tangki air limbah 100 liter. Dengan engine Multijet 6-speed standar Ducato - turbodiesel direct rail direct Fiat Chrysler, ini mesin diesel 120 hp MultiJet memenuhi standar suhu Euro 6 d. Meskipun kinerjanya luar biasa, ini sangat ekonomis dan rendah emisi. Sangat baik untuk berkendara jarak jauh dan santai.

Hymercar Ayers Rock Fiat camper menawarkan fleksibilitas tak terbatas, menjadikannya cocok untuk lalu lintas kota sehari-hari dan tur lintas-negara. Keuntungan berikutnya adalah solusi pop-top unik yang mengubahnya menjadi model 4 tempat tidur yang tepat. Berkontribusi pada tingkat kenyamanan yang tinggi, camper van ini memiliki sistem tempat tidur yang nyaman dari semua tempat tidur dan penutup dinding serta langit-langit yang berlapis kain. Semua model tahan musim dingin dengan tambahan opsional yang sesuai dan dengan berbagai fitur keselamatan yang lengkap. ars

Tampilkan Semua

Predator 6.6 Off-Road RV Kendaraan untuk Berkemah yang Spektakuler

Kamis 2/7/2020 | 21:33
A   A   A   Pengaturan Font
Bila akan berkemah dengan tujuan lokasi yang cukup ekstrim, seperti menyusuri lembah dan celah jurang, maka dibutuhkan kendaraan offroad yang memadai. Tidak puas berkemah di daerah yang biasa saja seperti padang rumput, pinggiran hutan...
Selengkapnya

Ini Nikmatnya Menggunakan Kendaraan Camper Van

Kamis 2/7/2020 | 21:28
A   A   A   Pengaturan Font
Tren otomotif bulan Juni 2020 ini mengidentifikasi sejumlah pola, tetapi sangat terpusat pada solusi transportasi off-road dan kendaraan berkemah karena cuaca yang baik untuk melakukan kegiatan luar ruangan setelah sekian lama berdiam di...
Selengkapnya

Model Bisnis Kuliner Baru di Saat Pandemi

Kamis 2/7/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Masa pandemi Covid-19 yang cukup panjang ini telah memunculkan banyak perubahan. Seperti penerapan New Normal dimana orang dalam menjalankan hidup seperti membuka usaha juga melakukan sesuatu yang berbeda. Daftar usaha baru Juni 2020...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita the alun-alun lainnya
Kupas

“Kaget Juga Saya, karena Semua Data Sudah Diinput”

Jumat 3/7/2020 | 06:28
A   A   A   Pengaturan Font
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sidang kabinet paripurna pada 18 Juni 2020, banyak menyentil kinerja berbagai kementerian yang dinilai masih bekerja secara linier atau biasa- biasa saja di tengah pandemi virus korona atau Covid-19.

 

Akibatnya, berbagai agenda yang dicanangkan pemer­intah terkait pencegahan penyebaran Covid-19 dan pemulihan perekonomian tidak sesuai keinginan yang diharapkan.

Presiden lalu mencontohkan sek­tor kesehatan, pemberian bantuan sosial, hingga sektor perekonomian yang dinilainya masih jauh dari harapan. Bahkan, Presiden mengungkapkan kejengkelannya saat memberikan arahan dengan nada tinggi di depan semua jajarannya. Dalam kesempatan itu, Presiden mengancam akan melakukan lang­kah politik reshuffle kabinet hingga pembubaran lembaga bila tidak ada perubahan kinerja demi kepentingan 267 juta rakyat Indonesia.

Sebenarnya seperti apa yang di­inginkan Presiden Jokowi terhadap jajarannya terkait penangan Covid -19, Menteri Sosial (Mensos), Juliari P Batubara, memberikan penjelasan. Berikut petikannya.

Presiden memberikan arahan dengan nada keras, sebenarnya apa yang diharapkan Presiden kepada jajarannya?

Jadi, semuanya diminta untuk bergerak cepat dalam menyele­saikan program penanganan Co­vid-19 dan pemulihan ekonomi.

Presiden juga ikut meny­inggung soal Bansos, meski ada tambahan pernyataan “luma­yan” daripada sek­tor lain, tanggapan­nya seperti apa?

Ya, sektor kesehatan, sektor per­lindungan sosial, dan sektor pemu­lihan ekonomi ini yang selalu dibilang fokusnya Presiden. Ang­garan Kesehatan, misalnya, cuma tersalurkan dan terealisasi 1,53 persen, meskipun semuanya bukan di sana. Lalu disebutkan Kemen­terian Sosial 28 persen. Kaget juga saya, karena semua data diinput, tapi setelah dilihat di situ masuk kartu prakerja, BLT dana desa, diskon listrik, masuk semua di situ dan itu nomenklatur anggaran sektor perlindungan sosial, bukan Kemensos karena ka­lau Kementerian sosial sendiri kurang lebih 60 persen.

Apakah ada arahan khusus ke Kemensos?

Ya, Presiden minta per­cepat penyaluran batuan sosial, itu aja penekannya.

Apakah ada kendala penyaluran?

Kita mengacu pada DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) sebenaranya itu warisan tahun 2015 dari data terpadu yang dikirim BPS yang dulu untuk BLT zaman Pak SBY oleh BPS. Data terpadu itu pengelolaanya diserahkan kepada Kemensos karena juga ada kaitan dengan UU penanganan fakir miskin tahun 2011 , di mana disebutkan di situ untuk wali datanya kemiskinan ini Kemensos. 2015 UU Fakir Miskin juga terkait dengan pemerintah daerah bahwa pengelola data daerah ya pemerin­tah daerah.

Artinya, semenjak 2015 ke sini belum ada verivikasi validasi data secara nasional, yang dilakukan validasi secara daerah bukan nasional, dan dari semua daerah, tidak seluruh daerah rajin meng-update, makanya sudah dianggar­kan Bappenas, Menkeu juga tahun depan sekitar 800 miliar rupiah untuk verivalidasi secara nasional yang anggaran di sini.

Tim yang akan melakukan siapa?

Nanti kita lihat, gabungan saja, tim pendamping PKH, desa, dan BKKBN karena mereka yang wira-wiri di bawah, mereka udah kenal daerahya, perlu pelatihan nanti bisa dari BPS, pendataan seperti apa dan kalau gak ada halangan 2021 kita lakukan.

Target selesai berapa lama?

Target 3–4 bulan, tapi tergantung Covid-19 juga, kalau enggak ketemu vaksin yang gimana?

Presiden sempat menying­gung reshuffle, bagaimana tanggapannya?

Reshuffle kabinet itu prerogratif Presiden, kita hanya fokus kerja saja. muhammad umar fadloli/P-4

Tampilkan Semua

Disiplin Pengunjung dalam Mengikuti Protokol Kesehatan Masih Rendah

Kamis 2/7/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Menghadapi masa new normal ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melakukan peninjauan lapangan penerapan protokol kesehatan di sejumlah lokasi wisata di Provinsi DKI Jakarta dan sekitar...
Selengkapnya

Diperkirakan Ancaman Kebakaran Hutan Tahun Ini Tidak Sebesar Tahun Lalu

Rabu 1/7/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam laporan Prakiraan Musim Kemarau 2020 memperkirakan akan terjadi pada Agustus.   Mereka meminta agar pemerintah daerah dan masyarakat lebih siap dan antisipatif terhadap segala...
Selengkapnya

Ada Menteri yang Merasa saat Ini Situasinya Normal-normal Saja

Selasa 30/6/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberi peringatan keras kepada jajaran menteri kabinet dan pimpinan lembaga negara dalam penanganan wabah virus korona Covid-19.   Presiden menilai langkah-langkah yang dilakukan jajarannya dalam...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra Esok Selalu Ada Harapan Lebih Baik

Sabtu 27/6/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Industri penerbangan Tanah Air telah mengalami masa-masa sangat sulit dalam satu tahun belakangan. Setelah masalah tarif tiket yang dinilai amat mahal pada tahun lalu, sehingga menurunkan jumlah penumpang, terpaan pandemi Covid 19 pada Maret lalu makin menggerus pendapatan maskapai.

Berbagai upaya dan usaha dilakukan untuk membuat perseroan tetap dapat hidup, tidak terkecuali maskapai pelat merah Garuda Indonesia. Untuk mengetahui langkah dan jurus-jurus dalam menghadapi situasi sangat sulit seperti sekarang, berikut disampaikan wawancara wartawan Koran Jakarta, Mohammad Zaki Alatas, dengan Direktur Urama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra.

Belum genap satu semester, berbagai ujian menerpa masa kepemimpinan Bapak. Apa komentar Bapak?

Kondisi saat ini benar-benar berat. Di awali pandemi Covid 19 yang mulai pada Februari lalu, sehingga orang banyak yang tidak ingin berpergian. Kemudian, dilanjutkan larangan mudik Lebaran 2020 hingga pembatalan ibadah haji tahun ini. Padahal, keduanya adalah waktu bagi Garuda Indonesia biasanya mendulang pendapatan. Maka, semua itu menggerus pendapatan perseroan hingga 90 persen. Lalu, sebanyak 70 persen pesawat dikandangkan. Sementara itu, keterisian pesawat sudah di bawah 50 persen.

Jadi benar-benar separah itu ya?

Iya... Beberapa hari setelah saya menjabat Dirut. Saya dilantik 22 Januari. Itu dari kaca ruang kerja, saya masih bisa melihat arus lalu lintas penerbangan supersibuk. Saya bisa memandangi pesawat Garuda Indonesia jenis Boeing 737 dan 777 berseliweran di langit Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Saya bisa melihat pesawat bolak-balik. Tapi belum lama ini, saya melihat hanya awan yang menghampar biru. Saya tidak lagi melihat banyaknya pesawat yang terbang.

Bagaimana sikap Bapak melihat ini semua?

Hidup itu dari harapan, bukan kenyataan. Ketika Anda duduk di sini harus menyebarkan optimisme semua orang. Saya berpegangan bahwa selalu ada harapan yang lebih baik di hari esok. Badai itu pasti berlalu.

Tapi, Bapak pernah mengeluh terkait kondisi saat ini?

Hahahaha….Saya gagah perkasa, bukan berarti tidak mau ngeluh. Tapi ngeluh tidak membawa perubahan. Kalau saya ngeluh di depan anak buah, mereka akan bilang, “Yah, Bos saja ngeluh.” Saya masih optimistis. Mudah-mudahan Gusti Allah membantu. Badai pasti berlalu. Hanya, kapan.

Apakah situasinya bisa kembali normal lagi?

Kalau ini membaik jadi 30 persen, menurut Anda sudah membaik belum? Membaik! Tapi tidak ada artinya! Sebab pada waktu 100 persen, Anda tahu laporan keuangan kami. Masih berjalan 90 persen saja, sudah babak belur. Apalagi tinggal 10 persen. Dari 10 persen menjadi 100 persen, pertanyaan yang menantang buat orang seperti saya dan orang-orang di industri ini, berapa lama menjadi 100 persen?

Yang paling penting 50 persennya kapan. Karena Anda bisa bikin plan basis 50 persen atau 70 persen atau 100 persen? Anda harus punya asumsi yang clear, kira-kira kapan. Sebab kalau Anda bilang, “Oh ini masih akan terjadi Desember 2021.” Pertanyaannya, what is gonna happen? Thai Airlines, perusahaan yang dipuji-puji dan menjadi kebanggaan orang Thailand, ternyata merugi terus. Pemerintah memutuskan membangkrutkan.

Tapi, akankah bisa kembali 100 persen?

Rasanya hari ini kalau bicara target seperti diskusi kusir. Betul kita ada RKP. Rencana kerja dan revisi melihat pertumbuhan, dollar AS, dan lain-lain. Kalau kita bikin rencana probability mendekati kenyataan, sekarang asumsi yang dipakai apa? Dollar AS senilai 15.000 rupiah, ternyata hari ini sudah menjadi 13.000. Swing-nya gila-gilaan.

Garuda Indonesia itu besar dan mempunyai banyak anak serta cucu perusahaan. Apakah ini mengganggu kinerja Bapak?
Yang mesti diselesaikan dulu adalah pandemi Covid-19. Banyak planning tetap kita jalankan. Reorganisasi dan promosi kita jalankan. Salah satu contohnya, kargo tidak perlu rapid test. Kita dorong kargo. Banyak opportunity seperti ekstensi kargo.

Bagaimana dengan beban perusahaan saat ini?

Iya. Sekitar pertengahan bulan lalu, kami telah memgajukan perpanjangan waktu pelunasan Trust Certificates “Garuda Indonesia Global Sukuk Limited” senilai 500 juta dollar AS yang jatuh tempo pada tanggal 3 Juni lalu. Usulan perpanjangan waktu pelunasan global sukuk yang jatuh tempo tersebut diajukan untuk jangka waktu minimal tiga tahun. Itu disampaikan melalui proposal permohonan persetujuan (consent solicitation) kepada pemegang sukuk (sukukholder).

Usulan tersebut disampaikan melalui Singapore Exchange (SGX) dengan informasi keterbukaan di Indonesia Stock Exchange (IDX) dan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kami melakukan permohonan persetujuan (consent solicitation) atas sukuk ini agar Garuda Indonesia dapat memperkuat pengelolaan rasio likuiditas perseroan di skala yang lebih favourable, sehingga kami dapat mengoptimalkan upaya peningkatan kinerja perseroan dengan lebih dinamis.

Hasilnya?

Alhamdulillah, kami berhasil memperoleh persetujuan sukukholders atas Consent Solicitation perpanjangan masa pelunasan global sukuk limited senilai 500 juta dollar AS selama tiga tahun.

Oh ya, kemarin ada informasi, terjadi PHK di Garuda Indonesia?

Nah, ini yang harus diluruskan. Jadi begini, kami sementara merumahkan sekitar 800 karyawan dengan status tenaga kerja kontrak atau Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) selama tiga bulan sejak tanggal 14 Mei lalu. Jadi, yang dirumahkan PKWT dan sementara. Kita berdoa agar Covid-19 segera berlalu agar keuangan lebih baik dan para PKWT dapat bekerja lagi.

Selain dari PKWT adakah pengetatan keuangan di bagian lain?

Tentu ada. Sebelumnya, Garuda Indonesia telah melaksanakan sejumlah upaya strategis berkelanjutan dalam memastikan keberlangsungan bisnis perusahaan, antara lain melalui renegosiasi sewa pesawat, restrukturisasi network, dan efisiensi biaya produksi, juga termasuk penyesuaian gaji jajaran komisaris, direksi, hingga staf secara proporsional, serta tidak memberikan THR kepada direksi dan komisaris.

Terus sebagai upaya bertahan, apa yang dilakukan perusahaan?

Pandemi Covid-19 menuntut kami untuk semakin adaptif dan kreatif berakselerasi mengembangkan opportunity bisnis di era new normal. Salah satunya, kami kembangkan melalui bisnis layanan logistik. Kami memperkenalkan “KirimAja” yang merupakan layanan pengiriman barang berbasis aplikasi digital.

Bisa dijelaskan lebih jauh tentang KirimAja?

KirimAja juga didukung bisnis model berbasis komunitas (community based). Ini tidak hanya semakin mendekatkan layanan kepada masyarakat, namun juga diharapkan dapat memberikan dampak ekonomi kepada agen pengiriman melalui program Sohib KirimAja di seluruh Indonesia.
KirimAja kami harapkan dapat menjadi pilihan tersendiri masyarakat maupun sektor UMKM yang membutuhkan layanan pengiriman barang secara online.

Layanan apa saja yang diberikan KirimAja?


Dilengkapi berbagai fitur seperti reservasi, booking management, real time tracking, tracing, pengecekan tarif pengiriman, hingga pembayaran dengan virtual account, aplikasi pendukung layanan KirimAja menawarkan konsep layanan one stop service untuk kebutuhan pengiriman paket ke seluruh Indonesia.

Ini merupakan usaha Garuda Indonesia untuk bertahan?

Kehadiran KirimAja kami harapkan dapat menjadi langkah berkelanjutan perusahaan untuk “tumbuh” bersama masyarakat dengan mengembangkan model bisnis yang dapat mendukung upaya peningkatkan daya saing layanan kargo dan logistik Garuda Indonesia serta memberi kontribusi nyata terhadap kepentingan ekonomi masyarakat luas.

Sedikit flashback, kira-kira mengapa Bapak yang ditunjuk pemerintah sebagai CEO?

Hahaha..., waktu saya mendapat tawaran itu dari Pak Erick Thohir (Menteri BUMN –red), saya menyampaikan tidak berpengalaman di airlines. Namun, dia hanya berkata, “Don’t worry.” Artinya, saya hanya perlu menemukan peran diri saya. Selain itu juga, berdasarkan pengalaman saya di banyak perusahaan, jangan pernah memaksakan diri menjadi expert di suatu industri karena saya di-hire bukan untuk itu. Saya melihat Pak Erick bukan mencari orang dari airlines, tapi mungkin orang yang akan memberikan different view terhadap Garuda.

Mungkin ada pesan-pesan khusus dari Pak Erick?

Pada saat diskusi, dia menawari saya bisa build a legacy di Garuda. Statement menantang saya. Sebab, jika sekadar membenahi Garuda secara finansial, banyak orang bisa. Tetapi, Pak Erick mempercayakan kepada saya untuk membangun legacy jangka panjang. Pak Erick juga menyampaikan pesan agar kita semua semakin bangga dengan Garuda.

Bagaimana analisis awal saat Bapak menerima amanah sebagai dirut?

Bagi kebanyakan orang yang terlibat di dalam suatu bisnis puluhan tahun, biasanya ada yang missing, meskipun bukan kelemahan, yaitu melihat the other side of the coin. Dalam pemikiran saya, di bisnis maskapai, pertanyaannya apakah kita sudah memahami dan mengerti customer.
Saya berkontemplasi dan menyadari bahwa setiap orang naik pesawat adalah orang yang berbahagia. Naik pesawat membawa kita dari suatu tempat ke tempat lain sebagai sesuatu yang baru dan membahagiakan. Ini memberi kita excitement. Karena itu, menurut saya, industri penerbangan harus membahagiakan.

Lalu, apa yang Bapak titikberatkan dalam pengembangan ke depannya?


Poin penting, apakah Garuda dapat memenuhi experience penumpang. Namun, ini bisa menjadi weakness karena dari awal ketika penumpang pesan tiket sampai tujuan, porsi Garuda untuk mengelola experience penumpang tidak banyak. Hanya ketika penumpang naik pesawat. Travel agent, operator bandara, dan ground service berada di luar kendali Garuda. Karena itu, Garuda mencoba expanding layanan seperti dengan membuat executive lounge dan check-in counter khusus penumpang kelas bisnis.

Hal baru apa yang Bapak akan lakukan?


Ada tiga fokus utama Garuda yang dalam kondisi apa pun kami jaga. Kebetulan, virus korona baru mulai. Pertama, safety. Ini tidak bisa ditawar-tawar. Garuda sebagai registered airline dari IOSA (IATA Operational Safety Audit) akan terus menjaga aspek operational safety di seluruh lini perusahaan. Jadi, bukan hanya capaian on time performance (OTP) yang terjaga, tetapi kualitas keamanan juga telah sesuai dengan standar internasional.

Kedua, service (layanan). Sebagai maskapai full service end-to-end dengan layanan Indonesian style dan bermartabat, terus berinovasi out of the box. Ini untuk memastikan layanan terbaik. Kami tidak ingin layanan Garuda tergolong bagus, tetapi sifatnya mekanistis atau terkesan seperti robot atau predictable. Ketiga, profitability. Ketiga poin ini berurutan berdasarkan prioritas yang tidak bisa dibalik, apa pun kondisinya.

Kira-kira apa peluang Garuda saat ini?

Dalam peluang, banyak riset mengatakan, pergerakan manusia dengan pesawat akan meningkat drastis, khususnya di Indonesia dan regional. Pengguna pesawat akan naik. Ini menjadi peluang besar Garuda. Di samping itu, yang berkaitan dengan kargo, pergerakan barang juga semakin membesar. Apalagi didukung dengan ekosistem e-commerce dan terbukanya akses ke banyak daerah Indonesia.

Tantangannya?

Tantangan hari ini, bagaimana mendiversifikasi diri dalam persaingan yang begitu ketat. Intinya, bagaimana beradaptasi dengan situasi yang terus berubah secara cepat. Salah satu tantangan beratnya adalah pandemi Covid-19 yang terjadi secara global. Penting bagi maskapai seperti Garuda untuk adaptif terhadap situasi ini. Perlu antisipasi dan modifikasi internal agar bisa melewati guncangan berat ini.

G-1 / S-2

Tampilkan Semua

Nicke Widyawati Pertamina Harus Jadi “Driver” Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Sabtu 20/6/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Di tengah pandemi korona, PT Pertamina menghadapi tugas berat. PT Pertamina tetap harus menjadi “driver” pertumbuhan ekonomi nasional sehingga tidak boleh hanya berhitung untung-rugi sebagai perusahaan semata, tetapi juga dituntut...
Selengkapnya

Seto Mulyadi Orang Tua Harus Kreatif dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah

Sabtu 13/6/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pandemi virus korona baru (Covid-19) berdampak pada hampir seluruh sektor kehidupan. Di Indonesia sendiri, pemerintah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan bertambahnya jumlah kasus positif pasien Covid-19....
Selengkapnya

Owen Jenkins : Upayakan Perbaikan Ekonomi Dunia Pascakrisis Korona

Sabtu 6/6/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Inggris telah memutuskan untuk keluar dari keanggotan Uni Eropa (UE) sejak 31 Januari lalu. Di tengah berbagai upaya mempersiapkan diri keluar dari UE, Inggris seperti halnya dengan negara-negara Eropa lainnya harus menghadapi wabah...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta