Koran Jakarta | September 23 2019
No Comments

RI Ajak Asean Masyarakatkan Nilai-Nilai Bersama

RI Ajak Asean Masyarakatkan Nilai-Nilai Bersama

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

YOGYAKARTA - Indonesia mengajak sesama negara ang­gota Association of Southeast Asian Nations (Asean) untuk memasyarakatkan nilai-nilai bersama, yang akan terang­kum dalam narasi identitas Asean. Narasi tentang identitas Asean diusulkan Indonesia yang menjadi ketua 15th ASEAN Senior Officials Meeting for Culture and Arts/SOMCA and Related Meetings di Yogyakarta pada 9-12 September 2019.

Menurut Direktur Kerja Sama Sosial Budaya Asean Ke­menterian Luar Negeri, Riaz Saehu, narasi ini perlu diang­kat untuk meningkatkan kesadaran bahwa Asean bukan ha­nya organisasi yang terkonstruksi secara politis, tetapi ada nilai-nilai budaya Asia Tenggara yang harus menyatu dalam identitas Asean.

“Masyarakat Asean perlu memahami bahwa sebetul­nya kita ini sama-sama memiliki nilai-nilai toleransi, saling menghormati, dan meskipun sangat beragam tetapi kita sa­ngat bisa beradaptasi dan mengadopsi nilai-nilai yang da­tang dari manapun ke kawasan Asia Tenggara,” kata Riaz Saehu, Selasa (10/9).

Berdasarkan kesamaan nilai-nilai itu, Indonesia kemudi­an mengusulkan narasi identitas Asean yang diharapkan bisa digunakan oleh seluruh negara anggota untuk membumikan Asean. Setelah dibahas dalam SOMCA ke-15, narasi tentang identitas Asean ditargetkan untuk diadopsi para pemimpin negara anggota dalam KTT Asean 2020.  Ant/I-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment