RI dan Hongaria Peringati 65 Tahun Hubungan Diplomatik dengan Perkuat Hubungan Bilateral | Koran Jakarta
Koran Jakarta | February 26 2020
No Comments

RI dan Hongaria Peringati 65 Tahun Hubungan Diplomatik dengan Perkuat Hubungan Bilateral

RI dan Hongaria Peringati 65 Tahun Hubungan Diplomatik dengan Perkuat Hubungan Bilateral

Foto : Dok Kemlu RI
Menlu RI, Retno Marsudi (ke-3 dari kanan) berbincang dengan Menlu Hongaria, Péter Szijjártó (ke-3 dari kiri), di kantor Kementerian Luar Negeri Indonesia di Jakarta, Kamis (23/1)
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi, menerima kunjungan resmi Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Hongaria, Péter Szijjártó, di sela-sela kunjungan Perdana Menteri Hongaria, Viktor Orbán, ke Indonesia pada Kamis (23/1). Pada pertemuan ini, kedua menteri mempersiapkan kunjungan Presiden Hongaria pada 2020 yang diharapkan dapat menghasilkan hasil-hasil yang konkret.

“Kunjungan Presiden Hongaria menjadi acara puncak bagi peringatan hubungan Indonesia-Hongaria ke-65 tahun. Marilah kita bekerja sama agar kunjungan tersebut membuahkan hasil nyata," kata Menlu Retno seperti dikutip dari laman kemlu.go.id.

Di bidang ekonomi dan perdagangan, Menlu Retno juga meminta dukungan mitra Hongaria dalam memberikan pandangan yang seimbang terkait minyak sawit Indonesia kepada mitra Uni Eropa. “Sebagai mitra sejati Indonesia, saya harapkan Hongaria dapat menyebarkan pandangan yang komprehensif dan seimbang mengenai minyak sawit Indonesia kepada negara-negara Uni Eropa," ungkap Menlu RI.

Selain itu, kedua menteri mendiskusikan implementasi kerja sama di bidang investasi dan perdagangan, pembangunan infrastruktur perhubungan e-toll, fasilitas kesehatan rumah sakit, teknologi informasi, dan ekonomi digital. Kedua menteri juga membahas rencana pembentukan Indonesia Hungary Investment Fund untuk mendukung pembangunan infrastruktur di Indonesia. “Nilai pendanaan ditambah dengan investasi swasta bisa mencapai 1.5 miliar Dolar AS," tambah Menlu Szijjártó.

Dalam pertemuan itu, Hongaria pun membahas upaya meningkatkan pemberian beasiswa bagi 100 orang mahasiswa Indonesia dari sebelumnya 50 orang, untuk melanjutkan studi di Hongaria pada berbagai disiplin ilmu yang dimulai 2020. Di sisi lain, Indonesia akan meningkatkan alokasi bagi peserta Hongaria untuk program Darmasiswa. Menlu Szijjarto juga menegaskan dukungan Hongaria untuk proses pembebasan viske Eropa bagi WNI.

Hongaria merupakan negara mitra penting Indonesia di kawasan Eropa tengah. Negara dengan pertumbuhan ekonomi terlaju di Eropa itu kini merupakan mitra perdagangan dan investasi terbesar ke-3 di kawasan, dengan arus kedatangan wisatawan ke Indonesia terbesar ke-2 di kawasan. ils

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment