RI Serukan Pelarangan Uji Coba Senjata Nuklir | Koran Jakarta
Koran Jakarta | April 4 2020
No Comments
Senjata Nuklir

RI Serukan Pelarangan Uji Coba Senjata Nuklir

RI Serukan Pelarangan Uji Coba Senjata Nuklir

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Wina - Indonesia memandang Traktat Pelarangan Uji Coba Senjata Nuklir (Comprehensive Nuclear-Test-Ban Treaty/ CTBT) sebagai elemen penting dalam rezim internasional perlucutan senjata nuklir dan non-proliferasi.

Pandangan tersebut disampaikan Wakil Tetap RI di Wina Dubes Dr. Darmansjah Djumala saat pelaksanaan 53rd Session of the Preparatory Commission (PrepCom 53) of the Comprehensive NuclearTest-Ban Treaty Organization (CTBTO), Wina, Austria, Senin waktu setempat (25/11). Dalam konteks ini, Indonesia menginginkan agar CTBT menjadi sebuah instrumen internasional yang efisien dalam melarang segala bentuk uji coba senjata nuklir, bahkan dapat menjadi building block penjaga perdamaian dan stabilitas dunia.

Sedangkan CTBTO sebagai organisasi diharapkan dapat menjalankan mandatnya sebagai institusi yang mampu melakukan verifikasi atas uji coba senjata nuklir. Terkait kemampuan verifikasi tersebut, Dubes Djumala kemudian menggarisbawahi pentingnya CTBTO membantu negara-negara penandatangan Traktat untuk memiliki dan meningkatkan kemampuan deteksi dan verifikasi uji coba senjata nuklir melalui program-program capacity building.

Tidak hanya untuk deteksi uji coba senjata nuklir, Indonesia juga berharap agar teknologi yang dimiliki CTBTO dapat diaplikasikan untuk sejumlah kepentingan sains dan sipil seperti memonitor aktivitas gunung berapi dan early warning tsunami melalui sejumlah stasiun International Monitoring System (IMS), termasuk enam stasiun yang berlokasi di Indonesia. CTBT merupakan Traktat Internasional untuk melarang segala bentuk uji coba senjata nuklir di dunia.

Saat ini CTBT telah diratifikasi oleh 168 negara, termasuk Indonesia. Traktat hingga saat ini masih belum berlaku karena masih terdapat 8 negara kunci yang belum melakukan ratifikasi. Sedangkan CTBTO merupakan organisasi internasional untuk menjalankan mandat CTBT yang berkedudukan di Kantor PBB Wina, Austria. PrepCom ke-53 akan berlangsung 25 - 27 November 2019. sur/AR-3

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment